Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Penyebab Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP

3 min read

Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP

Mahirtransaksi.com – Notifikasi aplikasi Shopee sangat membantu pembeli maupun penjual untuk mendapatkan informasi terbaru baik status pesanan, voucher, diskon, Flash Sale maupun promo – promo terbaru di Marketplace Shopee. Lalu bagaimana jika notifikasi Shopee tidak muncul di HP? Berikut ulasan penyebab dan cara mengatasinya !

Notifikasi Shopee Tidak Bunyi

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna aplikasi Shopee adalah hilangnya pesan notifikasi di ponsel sehingga tidak muncul pemberitahuan saat ada chat masuk. Disamping itu notifikasi lainnya seperti promo, komentar, penilaian yang biasanya normal kini tak lagi terdengar.

Saat ini notifikasi Shopee hanya tersedia untuk ponsel dan belum tersedia untuk PC/Laptop. Namun untuk sekedar mengetahui info penting di Shopee tentu keberadaan notifikasi akan sangat menguntungkan.

Penyebab Notifikasi Shopee Tidak Muncul

Biasanya, masalah notifikasi Shopee yang tidak berbunyi ini bisa diakibatkan dari aplikasi Shopee yang bermasalah atau sistem ponselnya yang bermasalah. Oleh karena itu, kamu dapat memeriksa ponsel maupun aplikasi Shopee kamu dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

#1. Masalah Pada Ponsel

Berikut beberapa point yang dapat kamu periksa untuk memastikan penyebab notifikasi shopee bermasalah di ponsel kamu :

  • Pengaturan notifikasi di posisi mati atau “off” – Untuk mengecek pengaturan notifikasi aplikasi, Kamu  dapat membuka menu Settings, lalu pilih notifikasi. Setelah memilih Notifikasi, Kamu dapat mengetahui apakah aplikasi Shopee sedang mati tombol notifikasinya. Jika memang ada aplikasi di smartphone Anda yang memiliki tombol notifikasi tidak aktif, maka Anda hanya perlu mengaturnya menjadi Enabled, agar notifikasinya dapat Anda terima.
Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP
Notifikasi “Off” Di Pengaturan Ponsel
  • Bisa Disebabkan mode “battery saving” atau “hemat batere” sedang dalam posisi hidup – Otomatis kamu tidak bisa menerima notifikasi apa-apa. Silahkan buka menu menu Settings pada ponsel, lalu pilih Battery dan nonaktifkan Battery Optimization atau Battery saver.
Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP
Penghemat Baterai Sedang Aktif
  • Fitur hemat data sedang aktif – Silahkan matikan fitur ini lewat settings kemudian pilih aplikasi yang ingin di cek dan buka Data Usage, lalu aktifkan tombol Background Data. Langkah yang perlu dilakukan mungkin akan berbeda di masing-masing merek ponsel. Meski demikian, garis besarnya tetaplah sama. kamu hanya tinggal membuka menu Settings, pilih Network, lalu buka Data Usage. Setelah itu, kamu tinggal mematikan tombol Data Saver.
Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP
Fitur Hemat Data Sedang Aktif
  • Mode hening atau “silent” sedang aktif – Silahkan nonaktifkan dengan cara tekan tombol volume (+) atau tekan icon bergambar ponsel yang sedang bergetar lalu ubah ke posisi lonceng.
Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP
Mode Hening Sedang Aktif
  • Bug pada sistem ponsel – Silahkan restart ponsel kamu, dan amati apakah notifikasinya kembali normal. Jika belum normal silahkan update ponsel ke pembaruan terkini.

#2. Masalah Pada Aplikasi Shopee

Berikut beberapa point yang dapat kamu cek untuk memastikan penyebab notifikasi shopee tidak berbunyi di aplikasi :

  • Mengatur ulang aplikasi Shopee yang kesulitan menerima notifikasi – Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu Settings, lalu pilih Apps dan buka aplikasi tersebut. Setelah itu, kamu pilih Clear Cache.
  • Ada file aplikasi Shopee yang hilang atau rusak – Usahakan ponsel jangan terlalu penuh penyimpanannya, karena bisa berpotensi kerusakan data (data corrupt). Kemudian hindari aplikasi pembersih (cleaner). Karena aplikasi cleaner bisa menghapus data seperti cache dan file-file audio seperti .wav atau .mp3
  • Ada pembaruan aplikasi di Play Store – Biasanya aplikasi Shopee sering melakukan pembaruan. Silahkan cek aplikasi Shopee lewat Play Store, mungkin saja sedang ada pembaruan terbaru.
  • Pengaturan notifikasi di aplikasi sedang mati atau “off”-  Sehingga tidak muncul notifikasi apapun.

#3. Faktor lainnya

Selain pada ponsel dan aplikasi shopee, notifikasi gagal juga dapat disebabkan oleh faktor – faktor pendukung berikut ini :

  • Gangguan jaringan dari provider atau dari server Shopee sedang lambat atau bermasalah, sehingga notifikasi tidak sampai ke ponsel.
  • Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sedang kehabisan paket internet, ini hanya masalah sepele namun sering sekali terjadi. Silahkan check kuota internet kamu.

Cara Mengatasi notifikasi Shopee Tidak Bunyi Di HP

Untuk pengaturannya sendiri, sama sekali tidak sulit. Kamu dapat memeriksa pengaturan notifikasi ini dari aplikasi Shopee untuk memastikan apakah normal atau tidak. Berikut langkah – langkah memperbaiki notifikasi Shopee yang tidak bunyi di Ponsel :

Notifikasi Shopee Tidak Muncul Di HP
Mengaktifkan Notifikasi Shopee
  • Buka aplikasi Shopee, lalu tap Profil Saya.
  • Klik Pengaturan “Roda Gigi” di kanan atas aplikasi.
  • Pilih Pengaturan Notifikasi.
  • Kemudian klik Notifikasi di Aplikasi
  • Terakhir geser ke kanan / Aktifkan.

Kesimpulan

Sebenarnya banyak faktor lain yang menyebabkan notifikasi Shopee ini tidak bordering di Ponsel. Cara lain yang dapat kamu coba jika notifikasi Shopee tidak bunyi di Xiaomi atau ponsel merk lainnya adalah dengan Log In aplikasi Shopee di ponsel lain selain yang kamu gunakan. Kemudian tes notifikasi dengan mengirimkan pesan atau ShopeePay ke akun Shopee tersebut.

Baca Juga : 3 Cara Menggunakan 2 Akun Shopee Dalam 1 HP [99% Berhasil]

Kurangi aplikasi yang tidak perlu di ponsel kamu agar ada space untuk ruang gerak aplikasi agar bisa bekerja dengan semestinya. Pada umumnya pabrikan ponsel selalu mengirimkan pembaruan terbaru untuk memperbaiki permasalahan perangkat lunak sistem android karena sistem android pada ponsel terkadang memiliki bug. Jangan lupa update pembaruan di ponsel kamu

Baca Juga : Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?

Sekian dulu ulasan penyebab dan cara mengatasi notifikasi Shopee tidak muncul di HP ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *