Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?

Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?

Mahirtransaksi.com – Dalam proses pembuatan akun Shopee membutuhkan verifikasi KTP/KITAS. Namun bagaimana jika kamu ingin menggunakan 1 KTP untuk 2 Akun Shopee? Simak penjelasan berikut ini.

Menggunakan Shopee sebagai alternatif Marketplace pilihan untuk berjualan maupun berbelanja memang merupakan pilihan yang tepat. Namun, kendala kerap dialami oleh pengguna yang ingin berbelanja menggunakan beberapa akun Shopee.

Tentu tindakan tersebut dapat dilakukan. Kecuali jika kamu ingin mengaktifkan fitur pembayaran Shopee seperti ShopeePay atau Shopee PayLater. 

Pada dasarnya, Shopee hanya mengizinkan satu pengguna untuk menggunakan satu akun Shopee saja karena untuk menggunakan fitur – fitur di aplikasi Shopee, maka pengguna tersebut harus melakukan verifikasi diri.

Mengapa Harus Verifikasi KTP Di Shopee?

Sebenarnya jika kamu hanya ingin berbelanja atau sekedar melihat produk atau toko di aplikasi Shopee, maka kamu tidak perlu melakukan verifikasi diri. Namun, jika kamu merupakan penjual di Shopee maka wajib melakukan verifikasi akun Shopee.

Begitu pula akun pembeli yang ingin menggunakan beberapa fitur di Shopee juga wajib melakukan verifikasi data diri dengan menggunakan kartu identitas seperti KTP/KITAS.

Adapun fungsi Verifikasi KTP/KITAS yaitu :

  • Melakukan Penarikan Dana ke Rekening Bank Mitra Shopee.
  • Melakukan pembayaran dan pembelian semua produk digital.
Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?
Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?

Berikut ulasan masing – masing alasan diatas :

1. Verifikasi Penarikan Dana

Untuk melakukan penarikan dana dari Shopee ke rekening Bank dibutuhkan verifiksi Identitas yaitu KTP/KITAS. Selain identitas, kamu juga membutuhkan Nomor rekening dengan identitas yang sesuai dengan KTP milikimu.

Hal ini diperlukan untuk menjamin keamanan akun pengguna dan rekening Bank yang digunakan untuk menarik saldo ShopeePay. Penyalahgunaan rekening Bank di akun Shopee dapat menyebabkan akun Shopee diblokir.

2. Aktivasi Fitur ShopeePay

Untuk mengaktifkan fitur Dompet Shopee yaitu ShopeePay dan Shopee PayLater. Verifikasi identitas berupa KTP/KITAS dibutuhkan agar fitur ini dapat digunakan di akun Shopeee.

Layaknya fitur penambahan rekening Bank, fitur SPay maupun SPaylater juga membutuhkan verifikasi identitas untuk mengantisipasi penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Akses Fitur Shopee

Pembelian produk digital di Shopee seperti pembelian voucher, tagihan dan jasa membutuhkan akses full fitur pada akun Shopee. Proses verifikasi dapat dilakukan di profil pengguna Shopee.

Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?
Verifikasi KTP Shopee

Selain itu, verifikasi identitas Shopee dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur Gratis Ongkir Xtra Shopee mengajukan star seller Shopee bagi penjual.

Tujuan Verifikasi Di Shopee

Layakan aplikasi berbasis keuangan pada umumnya, keamanan data adalah alasan utama kenapa kamu harus melakukan verifikasi terhadap akun Shopee.

Adapun tujuan verifikasi identitas di Shopee adalah :

  • Memastikan bahwa yang dapat mengakses akun Shopee adalah pengguna yang telah terdaftar sesuai dengan identitas yang didaftarkan.
  • Meminimalisir tindakan penipuan melalui penjualan dan pembelian di akun Shopee.
  • Mengaktifkan fitur – fitur terbaru Shopee termasuk untuk berjualan dan menarik saldo penjual.
  • Mendapatkan berbagai promo dan diskon dari Shopee.

Apakah Bisa Pakai 1 KTP Untuk dua 2 Akun Shopee?

Sesuai dengan ketentuan peraturan komunitas Shopee yang menyatakan bahwa “1 KTP/KITAS hanya dapat digunakan untuk 1 Akun Shopee” maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan 1 KTP 2 akun Shopee tidak bisa dilakukan karena menyalahi TOS Aplikasi Shopee.

Jadi jika mitra Shopee lain bertanya kepadamu 1 KTP bisa berapa akun Shopee, maka jawabannya 1 KTP hanya untuk 1 Akun Shopee karena sudah merupakan ketentuan dari Shopee Indonesia. Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca Disini.

Lalu apa yang terjadi jika memaksakan dua akun Shopee menggunakan 1 KTP? Tentu saja proses verifikasi gagal dilakukan. Lihat hasil capture berikut :

“Verifikasi Gagal Dilakukan, KTP Telah Digunakan Di Akun Lain”

Identitas mitra yang telah terdaftar di akun Shopee tidak dapat di duplikat atau digunakan di akun lain meskipun sudah kamu sudah mencoba menghapus data maupun aplikasi Shopee.

Lalu apakah bisa menggunakan 1 Nomor HP untuk 2 Akun Shopee? Jawabannya juga tidak bisa. Karena nomor telepon berfungsi sebagai penerima Kode OTP keamanan akun Shopee.

Maka dapat disimpulkan bahwa identitas yang hanya dapat digunakan untuk 1 akun Shopee terdiri atas :

  • Nomor Telepon.
  • Identitas (KTP/KITAS dan Nama ibu kandung).
  • Nomor Rekening.

Begitu pula dengan fitur saldo di aplikasi Shopee, 1 KTP hanya bisa digunakan untuk 1 akun ShopeePay alias tidak bisa digunakan untuk melakukan verifikasi 2 akun ShopeePay atau lebih.

Cara Pakai 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee

Agar tetap bisa menggunakan 1 KTP untuk 2 akun Shopee, maka kamu harus menghapus akun Shopee yang lama terlebih dahulu, kemudian daftarkan kembali akun Shopee baru menggunakan KTP yang sama.

Selain itu, kamu dapat menggunakan KTP/KITAS orang lain untuk verifikasi identitas akun Shopee-mu. Kamu bisa menggunakan KTP orang tua, kerabat atau teman dekat-mu agar proses verifikasi dapat dilakukan.

Tetapi ingat, nama pengguna usahakan sama dengan dengan identitas yang kamu daftarkan agar proses verifikasi berhasil.

Jika kamu ingin menambahkan nomor rekening kamu juga harus menggunakan nomor rekening sesuai dengan identitas yang kamu daftarkan di akun Shopee.

Lalu berapa lama proses verifikasi KTP di Shopee? Proses verifikasi KTP membutuhkan waktu 5 hari kerja sesuai dengan ketentuan Shopee di gambar berikut :

Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?
Apakah Bisa Menggunakan 1 KTP Untuk 2 Akun Shopee?

Informasi lengkap cara verifikasi KTP di Shopee dapat kamu baca Disini.

Frequently Asked Question (FaQ)

Untuk melengkapi ulasan cara menggunakan 1 KTP untuk 2 akun Shopee ini, saya menyertakan beberapa pertanyaan dan jawaban yang dapat kamu lihat dibawah ini :

Apakah memakai KTP Orang lain untuk verifikasi Shopee aman?

Tentu aman, asalkan tidak ada penyalahgunaan yang dilakukan oleh mitra Shopee terkait. Namun dalam beberapa kasus, proses validasi Shopee atau ShopeePay akan lebih sulit jika menggunakan identitas orang lain.

Apakah boleh alamat toko/pengiriman berbeda dengan alamat KTP?

Boleh. Penggunaan alamat tidak terpatok pada alamat sesuai KTP. Kamu bahkan bisa menambahkan beberapa alamat sekaligus dalam 1 akun Shopee. Hal ini dapat kamu lakukan untuk mempermudah dalam memilih alamat yang tersimpan tanpa harus menambah alamat baru.

Bagaimana jika KTP gagal diverifikasi?

Jika saat verifikasi gagal karena sudah digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan kamu, coba hubungi Costumer Service Shopee untuk membantu menyelesaikan masalah-mu. 

Kamu juga bisa mengulangi proses verifikasi dengan mengetahui cara agar cepat terverifikasi Shopee yang dapat kamu baca Disini.

Bagimana jika verifikasi KTP Shopee ditolak?

Biasanya Shopee akan memberitahu apa yang salah saat proses verifikasi melalui Email seperti kualitas foto KTP yang buruk atau data yang tidak lengkap. Nah tugasmu adalah memperbaiki kesalahan tersebut lalu mengajukan Verifikasi KTP ulang.

Nah itulah alasan mengapa tidak bisa menggunakan 1 KTP untuk 2 akun Shopee. Selalu patuhi Peraturan Komunitas Shopee agar akun Shopee milikmu tidak dibatasi oleh Shopee.

Baca Juga : 10 Modus Penipuan Shopee Dan Cara Menghindarinya !

Jaga selalu kerahasiaan data akun Shopee dengan cara memperbaharui password dan PIN secara berkala untuk menghindari tindakan penipuan Shopee.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.