12 Penyebab Akun Tokopedia Diblokir !

6 min read

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir Dan Cara Mengatasinya

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami masalah akun terblokir saat hendak belanja di Tokopedia? Kejadian seperti ini tentu sangat merugikan, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Lalu, sebenarnya apa penyebab akun Tokopedia diblokir dan bagaimana cara memulihkannya kembali?

Coba ingat – ingat lagi, saat membuat akun di Tokopedia, kamu pasti diminta untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan. Dokumen S&K memang panjang dan rinci. Kebanyakan orang tidak membaca isi dari dokumen ini dan langsung mencentang kolom persetujuan.

Padahal, di dalamnya termuat hak dan kewajiban penjual, pembeli, dan Tokopedia selaku penyedia layanan. Dengan menyetujui S&K yang diberikan, berarti kamu sepakat untuk mematuhi semua hal yang tercantum di dalamnya.

Nah, kemungkinan terbesar akunmu terblokir adalah karena kamu melanggar S&K tersebut. Lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Akun Tokopedia Dimoderasi

Ada beberapa penyebab akun Tokopedia diblokir / dimoderasi. Berikut beberapa penyebab yang paling sering terjadi pada akun pembeli dan penjual serta wajib kamu hindari !

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir Bagi Penjual

Penjual terkadang direpotkan dengan sistem moderasi yang terkadang membingungkan. Penjual terkadang tidak mendapatkan ‘kejelasan’ mengenai penyebab akun dibatasi.

Oleh karena itu, penjual harus menganalisa sendiri penyebab akun diblokir untuk mengajukan banding akun ke pihak Tokopedia agar akun dipulihkan kembali.

Untuk membantu kamu menemukan penyebabnya, berikut beberapa alasan kenapa akun Tokopedia diblokir :

1. Mengajak Pembeli untuk Transaksi Di Luar Tokopedia

Tokopedia adalah penyedia layanan yang mempertemukan penjual dengan pembeli. Mereka mendapat keuntungan dari komisi penjualan yang berhasil dilakukan di dalam platform.

Kalau penjual dan pembeli memutuskan untuk bertransaksi di luar, tentu saja hal ini merugikan pihak Tokopedia. Komisi yang seharusnya diterima justru melayang karena transaksi dilakukan tanpa diperantarai Tokopedia.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Transaksi Diluar Aplikasi Tokopedia

Wajar saja jika tindakan ini berujung pada pemblokiran akun penjual. Di dalam S&K pun sudah tertulis bahwa transaksi harus diselesaikan di dalam platform Tokopedia.

Melakukan transaksi di luar berarti melanggar S&K tersebut sehingga penjual harus rela mendapat hukuman berupa pemblokiran.

2. Indikasi Manipulasi

Alasan lain Tokopedia memblokir akun adalah karena ditemukannya indikasi manipulasi. Yang dimaksud dengan manipulasi adalah tindakan mencurangi sistem guna meraup keuntungan pribadi.

Misalnya, sebuah toko baru saja dibuka di Tokopedia. Dalam selang waktu yang tidak terlalu lama, toko tersebut sudah memajang puluhan produk dan menyelesaikan banyak transaksi.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Manipulasi Toko

Tokopedia memiliki data yang lengkap mengenai aktivitas jual-beli di platformnya. Mereka memiliki patokan aktivitas wajar sehingga mampu mengindikasi adanya manipulasi bila aktivitas toko melebihi patokan wajar tersebut.

Tak sedikit penjual bertindak curang seperti ini. Misalnya, membuka toko di Tokopedia kemudian bekerja sama dengan teman untuk membeli produk di tokonya. Tujuan tindakan ini adalah meningkatkan rating dan reputasi toko agar lebih diminati pembeli umum.

Produk mereka sebenarnya tidak benar-benar terjual. Dengan kata lain, mereka memajang produk dan membelinya sendiri demi meningkatkan rating. Mereka rela membayar ongkos kirim dan komisi agar toko mereka lebih cepat bersaing dengan kompetitor.

Baca Juga : 10 Cara Menghapus Akun Tokopedia Penjual & Pembeli [Lengkap]

Tindakan semacam ini jelas termasuk kecurangan. Wajar saja jika Tokopedia melakukan pemblokiran.

Di luar tindakan tersebut, bila Tokopedia mengindikasi adanya manipulasi yang merugikan dalam bentuk apa pun, mereka akan segera melakukan pemblokiran.

3. Penipuan Oleh Toko Pada Pembeli

Di Tokopedia, kepuasan dan kepercayaan pembeli adalah prioritas utama. Kalau ada penjual yang terindikasi melakukan penipuan kepada pembeli, Tokopedia tidak akan segan-segan untuk memoderasi bahkan memblokir permanen toko tersebut.

Penipuan yang dimaksud bisa beraneka ragam. Misalnya, pihak toko meminta kode verifikasi kepada pembeli. Padahal kode verifikasi bersifat sangat rahasia dan hanya diketahui oleh Tokopedia dan pemilik akun.

Penjual sama sekali tidak punya hak untuk menanyakan kode verifikasi yang diterima pembeli. Kode tersebut digunakan untuk masuk ke akun. Kalau sampai kode verifikasi diberitahukan pada orang lain, maka orang tersebut bisa mengambil alih akun dan menguras saldo yang ada di dalamnya.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Penipuan Kode OTP ke Pembeli

Tidak ada alasan yang dibenarkan untuk pihak lain meminta kode verifikasi. Jadi, kalau sampai Tokopedia mendeteksi tindakan semacam ini, mereka akan langsung melakukan pemblokiran dan penyelidikan karena ini termasuk indikasi penipuan.

Penting juga bagi pengguna untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi akunnya, terutama kata sandi dan kode verifikasi.

Selain meminta kode, tindakan penipuan apa pun akan berujung pada penalti yaitu akun diblokir oleh pihak Tokopedia.

4. Menjual Produk Terlarang & Konten Tidak Sesuai

Tokopedia sudah menetapkan jenis produk yang diijinkan dan tidak diijinkan untuk diperdagangkan di layanan mereka. Kalau penjual terdeteksi memperdagangkan barang – barang yang dilarang, maka pemblokiran akun adalah resikonya.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Menjual Produk Terlarang

Produk terlarang misalnya minuman keras, senjata api, obat-obatan terlarang, dan sebagainya.

Selain dari jenis produk, konten yang diunggah pun diatur dalam S&K. Gambar yang diunggah penjual tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, melecehkan pihak lain, atau melanggar hak cipta.

Kalau penjual terindikasi menggunakan konten-konten yang melanggar ketentuan, Tokopedia akan memberikan hukuman berupa pemblokiran akun.

5. Duplikasi Toko

Wajarnya, satu toko fisik hanya boleh membuka satu toko online di Tokopedia. Belakangan ini, banyak praktik curang yang dilakukan penjual dengan menduplikasi toko.

Caranya, penjual membuat dua akun dan mendaftarkan dua toko dengan nama yang berbeda. Padahal dua toko tersebut adalah toko yang sama dan millk orang yang sama. Terkadang nama toko pertama dan kedua hanya dibedakan dari angkanya, misalnya Toko Baju 1 dan Toko Baju 2.

Ini adalah tindakan curang yang bertujuan untuk mendominasi pasar. Tokopedia akan langsung mengambil tindakan berupa pemblokiran akun.

6. Performa Toko Buruk

Performa toko yang sangat buruk juga dapat menyebabkan akun Tokopedia kamu diblokir loh. Pada dasarnya performa toko yang buruk disebabkan oleh penjual yang tidak serius dalam mengelola toko.

Contohnya :

  • Menolak pesanan terus menerus.
  • Tidak membalas pesan pembeli.
  • Pembatalan pesanan secara sepihak.
  • Tidak membuka toko dalam waktu yang cukup lama.
  • Mengisi deskripsi yang tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya.
Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Menolak Pesanan Pembeli

Buruknya performa toko akan berdampak pada performa aplikasi Tokopedia. Oleh karena itu, Tokopedia melakukan pemblokiran akun untuk menjaga kualitas layanan Tokopedia.

7. Aktivitas Akun Mencurigakan

Aktivitas akun yang mencurigakan seperti mencantumkan username toko lain di deskripsi juga dapat menyebabkan akun Tokopedia diblokir. Tentunya tindakan ini melanggar kebijakan Tokopedia.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Konten Tidak Sesuai

Oleh karena itu pastikan kamu tidak mencantumkan username, email atau Nomor telepon di judul, deskripsi hingga gambar produk yang kamu jual.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir Bagi Pembeli

Selain penjual, pembeli juga kerap mendapati akun Tokopedia diblokir / dimoderasi. Berikut beberapa penyebab mengapa akun pembeli Tokopedia diblokir :

1.Konten Melanggar Ketentuan

Tidak hanya penjual, aktivitas pembeli pun diatur dalam S&K. Pembeli tidak diperkenankan untuk mengunggah konten yang melanggar ketentuan. Baik konten dalam bentuk teks, gambar, maupun jenis media lainnya.

Misalnya, ada  pembeli yang menulis komentar SARA di salah satu toko. Atau pembeli yang berkata kurang sopan pada penjual saat tanya – jawab soal barang.

Semua ini termasuk dalam konten yang melanggar ketentuan. Bila Tokopedia menemukan atau mendapatkan laporan tentang hal semacam ini, mereka akan langsung memblokir akun yang bersangkutan.

2. Menggunakan BOT

Belakangan ini, muncul tren baru di kalangan pengguna platform belanja online. Mereka banyak menggunakan bot untuk memanipulasi sistem. Misalnya memakai BOT dengan fitur auto order untuk memenangkan flash sale.

Tokopedia memiliki sistem yang mampu mendeteksi aktivitas tidak wajar. Misalnya, pembeli membuat pesanan hanya dalam waktu beberapa detik. Durasi order yang terlalu cepat mustahil dilakukan secara manual dengan tangan manusia.

Ini adalah salah satu indikasi penggunaan BOT yang mencurangi sistem dan merugikan pengguna lain. Selain untuk memenangkan flash sale, masih banyak jenis bot lain dengan fitur spesifik yang menimbulkan kerugian pada pihak lain.

3. Pemalsuan Pembelian (Fake Order)

Istilah Fake Order atau pemalsuan pembelian mungkin sudah tidak asing lagi bagi penjual dan pembeli di Tokopedia. Pemalsuan pembelian ini biasanya dilakukan oleh ‘oknum’ pembeli maupun penjual untuk meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko.

Namun, tindakan pemalsuan pembelian ini sangat dilarang oleh Tokopedia, karena tergolong tindakan penipuan yang akan merugikan pihak pembeli atau penjual lain.

Akun pembeli dan penjual akan diblokir / dimoderasi jika terdapat indikasi penipuan fake order dan diperlukan banding akun untuk memulihkannya.

4. Penyalahgunaan Voucher

Alasan lain mengapa akun Tokopedia dinonaktifkan adalah penyalahgunaan voucher baik voucher belanja maupun voucher gratis ongkir.

Pada dasarnya voucher belanja di Tokopedia memiliki limit penggunaan yang akan direset perbulan sesuai dengan status royalty akun Tokopedia.

Baca Juga : Cara Jitu Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian !

Penyalahgunaan voucher belanja ini terkadang dilakukan pembeli untuk mendapatkan voucher cashback / gratis ongkir berkali – kali tanpa harus mendaftar akun baru.

5. Login Akun Tokopedia Berulang Kali

Mencoba login ke akun Tokopedia yang dilakukan berulang kali dapat membuat akun Tokopedia di banned. Kesalahan email / password saat login adalah penyebab utamanya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Google Authenticator Di Tokopedia [Panduan Lengkap]

Jika kamu lupa email, nomor telepon atau password akun Tokopedia, kamu bisa mencoba fitur ‘lupa password’ untuk mengatasinya. Cara lengkapnya dapat kamu baca Disini.

Jika lupa email Tokopedia, segera ganti dengan email baru dengan membaca caranya Disini.

Cara Mengatasi Akun Tokopedia Yang Diblokir

Kalau akun Tokopedia kamu terblokir, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah bersikap tenang. Jangan panik dan terburu-buru karena itu hanya akan membuat masalah bertambah rumit.

Kamu dapat mencoba cara membuka moderasi Tokopedia dengan membuka halaman tokomu, cari notifikasi moderasi, lalu klik Mohon Buka.

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Klik Mohon Buka

Kalau kamu terindikasi melakukan kesalahan, ada 2 kemungkinan :

  • Akun Tokopedia bisa diaktifkan kembali setelah jangka waktu tertentu.
  • Akun Tokopedia diblokir permanen.

Tergantung dari jenis kesalahan yang kamu lakukan dan besarnya kerugian yang kamu timbulkan.

Tapi kalau kamu tidak merasa melakukan kesalahan, sampaikan keberatanmu pada CS. Kemungkinan lainnya adalah akunmu dibajak dan disalahgunakan oleh orang lain. 

Panduan memulihkan akun Tokopedia yang diblokir dapat kamu lihat di gambar berikut ini :

Penyebab Akun Tokopedia Diblokir
Panduan Pemulihan Akun

Ikuti arahan dari CS Tokopedia dan tetap bersikap tenang. Lakukan tindakan yang direkomendasikan. Setelah mengetahi penyebab akun Tokopedia terblokir, sekarang kamu bisa menghindari hal – hal di atas agar akunmu tetap aman.

Penutup

Cara mengembalikan akun Tokopedia yang diblokir atau dimoderasi dapat dilakukan dengan mengajukan banding akun dengan melampirkan bukti – bukti valid terkait kesalahan penetapan pelanggaran S&K.

Jika akun kamu tidak terbukti melakukan pelanggaran, maka akun Tokopedia kamu akan dipulihkan dan dapat kamu gunakan kembali seperti biasa.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Tokopedia [Worth It 2021]

Sekian dulu ulasan penyebab akun Tokopedia diblokir via aplikasi dan website ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar akun Tokopedia, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba.

Sumber Gambar : seller.tokopedia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *