Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja

6 min read

Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Mahirtransaksi.com – Menggunakan voucher gratis ongkir di Shopee akan memberikan keuntungan pemotongan biaya pengiriman hingga Rp.50.000 rupiah. Tapi bagaimana jika voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan?

Saat berbelanja di Shopee, tentu Voucher Gratis Ongkir sangat penting untuk menghemat biaya belanja. Bahkan dengan voucher bebas ongkir ini, kamu bahkan menghemat biaya pengiriman hingga 100%.

Itu artinya kamu tidak perlu membayar biaya pengiriman pesanan kamu loh. Kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan di aplikasi terkadang disebabkan oleh beberapa faktor seperti voucher yang telah kadaluarsa, atau pemilihan metode pembayaran dengan voucher yang tidak sesuai. 

Semua penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan untuk belanja akan saya ulas secara lengkap di postingan kali ini. Yuk, simak terus !

Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Voucher Shopee tidak bisa digunakan tentu menjadi kekesalan tersediri bagi Mitra Shopee yang ingin berbelanja. Voucher gratis ongkir Shopee selalu tersedia di aplikasi Shopee. Namun, tidak semua voucher gratis ongkir ini tidak bisa digunakan untuk berbelanja.

Namun ada beberapa voucher gratis ongkir yang bisanya terdapat di aplikasi Shopee. Contohnya :

  • Voucher Gratis Ongkir Shopee Rp.0
  • Voucher Gratis Ongkir Khusus Pengiriman Pulu Jawa & Luar Jawa
  • Voucher Gratis Ongkir Untuk Pengguna ShopeePay
  • Voucher Gratis Ongkir Xtra Shopee

Tentunya semua jenis voucher gratis ongkir Shopee mempunyai syarat dan ketentuan penggunaannya masing – masing. Syarat dan ketentuan voucher gratis ongkir dapat kamu baca lebih lengkap Disini.

Manfaat Voucher Gratis Ongkir Shopee

Voucher gratis ongkir Shopee hanya bisa digunakan oleh pembeli di aplikasi Shopee. Manfaat utamanya adalah memotong biaya pengiriman produk Shopee. Selain itu, terdapat beberapa manfaat voucher gratis ongkir Shopee :

  • Menghemat biaya pengiriman untuk produk dengan biaya pengiriman lebih dari Rp.50.000 rupiah. Apalagi jika penggunaan voucher gratis digabung dengan voucher cashback Shopee.
  • Mengatur pengelolaan keuangan khususnya untuk reseller atau supplier di aplikasi Shopee.
  • Menjamin barang aman dikirim dengan baik dengan memilih jasa pengiriman terbaik.

Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan?

Yap, pertanyaan yang kerap muncul di Forum seperti Facebook dan Quora ini sering dialami oleh pembeli di Aplikasi shopee.

Bahkan gratis ongkir Shopee ini tidak bisa digunakan walaupun sudah diklaim dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa Voucher Gratis Ongkir Shopee tidak bisa digunakan untuk belanja. Misalnya masa berlaku voucher yang telah habis, voucher tidak sah bahkan akun shopee yang terkena penalti juga terkadang membuat sebagaian voucher di shopee tidak bisa dipakai.

Munculnya notifikasi seperti “Kode Voucher Tidak Dapat Digunakan Untuk Pembayaran Yang Dipilih” atau “F06 : Voucher Tidak Sah” menandakan bahwa akun kamu tidak bisa menggunakan voucher gratis ongkir Shopee.

Tentunya, kamu harus menilik beberapa penyebab mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa dipakai lalu menentukan solusi yang paling tepat agar voucher dapat digunakan untuk belanja.

10 Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan? Atau kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak sah? Adalah beberapa pertanyaan ketika voucher ini tidak dapat kamu gunakan saat checkout belanjaan di aplikasi Shopee.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi. Berikut 10 penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya :

1. Kode Voucher Gratis Ongkir Tidak Sah

Penyebab pertama mengapa kode voucher tidak bisa digunakan saat checkout yaitu karena kode voucher yang dimasukan tidak sah. Jika kode voucher gratis ongkir tidak sah biasanya akan bertuliskan :

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Voucher Gratis Ongkir Tidak Sah

“Maaf kode promo tidak sah, mohon coba lagi”

Atau :

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Sah

“Checkout Gagal (F06) : Kode Voucher dari Shopee tidak sah. Mohon coba kode voucher lain”

Hal ini dikeranekan voucher gratis ongkir yang kamu input salah dan sudah tidak berlaku lagi.

Solusi :

  • Pastikan kamu menginput kode voucher dengan benar. Cek kembali kode voucher gratis ongkir yang kamu input sebelum checkout.
  • Pastikan kamu cek dulu keaslian kode voucher yang kamu gunakan lalu cek tanggal kadaluarsa kode voucher tersebut.
  • Jangan menggunakan kode voucher dari pihak penyedia ketiga seperti website atau aplikasi penyedia voucher gratisan.

2. Voucher Tidak Berlaku Untuk Produk Yang Di Beli

Ketika kamu membeli produk di Shopee pasti kamu pernah melihat voucher apa saja yang bisa digunakan di bagian foto produk seperti ini !

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Voucher Gratis Ongkir Tidak Sesuai Produk

Artinya kamu tidak dapat menggunakan satu jenis voucher Shopee untuk membeli berbagai jenis produk yang berbeda.

Misalnya kamu memiliki voucher gratis ongkir Xtra Shopee, otomatis voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli produk berlogo gratis ongkir Xtra.

3. Voucher Gratis Ongkir Tidak Sesuai Metode Pembayaran

Penyebab gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan yaitu karena metode pembayaran yang kamu pilih saat checkout tidak sesuai dengan voucher gratis ongkir yang kamu gunakan. Contohnya seperti Voucher gratis ongkir ini !

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Voucher Gratis Ongkir Khusus ShopeePay

Sesuai dengan syarat dan ketentuan voucher maka voucher gratis ongkir ini hanya dapat digunakan untuk metode pembayaran menggunakan ShopeePay serta tidak dapat digunakan untuk metode pembayaran transfer Virtual account Bank atau Indomaret/Alfamart.

ShopeePay sendiri dompet digital Shopee untuk mempermudah pengguna melakukan pembayaran produk di Shopee. Untuk menggunakan voucher gratis ongkir ShopeePay, kamu wajib mengaktifkan fitur pembayaran ShopeePay terlebih dahulu. Caranya baca Disini.

4. Voucher Gratis Ongkir Tidak Sesuai Dengan Jasa Pengiriman

Selain tidak sesuai dengan metode pembayaran, voucher gratis ongkir Shopee juga terkadang tidak sesuai dengan jasa pengiriman yang dipilih. Sesuai dengan ketentuan Shopee, bahwa voucher gratis ongkir hanya dapat digunakan oleh jasa pengiriman yang didukung oleh Shopee.

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Potongan Biaya Pengiriman Gratis Ongkir

Berikut beberap hasil update Shopee terhadaa kesesuaian penggunaan voucher gratis ongkir dengan pilihan jasa pengiriman :

  • Per 1 Juli 2020, Gratis Ongkir tidak dapat digunakan untuk checkout melalui Website Shopee. Kamu tetap dapat melakukan checkout untuk pembelian tanpa Gratis Ongkir.
  • Setelah batasan pada periode tersebut habis, Pembeli tetap dapat melakukan checkout untuk pembelian tanpa Gratis Ongkir.
  • Per tgl 20 Agustus 2018, program Gratis Ongkir tidak berlaku untuk jasa kirim JNE OKE.
  • Per tgl 10 September 2018, min. pembelian untuk menikmati Gratis Ongkir di toko Star Seller dengan jasa kirim JNE REG & JNE YES Instant adalah Rp120.000/ toko.
  • Per tgl 1 Juli 2019, program Gratis Ongkir tidak berlaku untuk jasa kirim Pos Kilat Khusus.

Jika kamu pilihan pengguna voucher gratis ongkir tidak tersedia, sebaiknya kamu mengganti jasa pengiriman produk agar voucher gratis ongkir Shopee-mu dapat digunakan.

5. Syarat Minimum Pembelian Tidak Tercapai

Penyebab gratis ongkir Shopee tidak dapat dipakai berikutnya yaitu karena syarat minimum pembelian produk-mu belum tercapai. Misalnya untuk voucher gratis ongkir berikut :

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Syarat Minimum Belanja Gratis Ongkir

Voucher gratis ongkir khusus pengiriman luar Jawa ini hanya dapat digunakan untuk produk dengan minimum belanja Rp.50.000 rupiah dengan potongan ongkir maksimal Rp.10.000 rupiah.

Artinya kamu wajib melakukan pembelian produk minimal Rp.50.000 rupiah untuk dapat menggunakan voucher gratis ongkir Shopee ini.

Ketentuan minimum pembelian ini tidak sama untuk semua voucher gratis ongkir mulai dari 50 ribu hingga 250 ribu. Jadi pastikan kamu memenuhi syarat minimum pembelanjaan sesuai dengan voucher gratis ongkir yang kamu gunakan ya.

6. Voucher Gratis Ongkir Tidak Berlaku Bagi Pengguna Tertentu

Khusus pengguna yang baru pertama kali mendaftar aplikasi Shopee berhak mendapatkan voucher gratis ongkir Shopee Rp.0. Cara mendapatkan Voucher gratis ongkir Shopee dengan minimum belanja Rp.0 rupiah dapat kamu baca Disini.

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Voucher Gratis Ongkir Shopee Rp.0

Voucher ini hanya bisa digunakan untuk akun Shopee yang baru didaftarkan dan tidak dapat digunakan untuk akun Shopee yang sudah lama terdaftar.

Begitu juga Voucher gratis ongkir ShopeePay hanya dapat digunakan oleh pengguna Shopee yang telah mengaktifkan fitur pembayaran ShopeePay.

7. Masa Berlaku Voucher Gratis Ongkir Telah Habis

Setiap voucher gratis ongkir maupun voucher cashback di aplikasi Shopee memiliki masa berlaku untuk setiap vouchernya. Masa berlaku voucher ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin agar voucher Shopee yang kamu miliki tidak hangus dan tidak dapat digunakan lagi.

Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan
Masa Berlaku Voucher Gratis Ongkir

Salah satu contoh voucher yang memiliki masa berlaku hanya 2 hari setelah di klaim adalah voucher gratis ongkir Shopee Rp.0 khusus pengguna baru ini. Voucher ini akan otomatis hangus jika tidak dipakai sesuai dengan ketentuan masa aktif voucher.

8. Kuota Pemakaian Voucher Telah Habis

Penyebab voucher Shopee tidak dapat digunakan yaitu karena kuota voucher telah penuh atau telah dibatasi. Untuk memastikan bahwa penyebab voucher kamu tidak bisa digunakan karena kuota voucher telah habis maka kamu akan menerima notifikasi :

“Kuota pemakaian kode promo telah habis. Silahkan coba kode promo lain”

Solusinya kamu bisa mencoba menggunakan voucher gratis ongkir lain yang sesuai dengan ketentuan pembelian produk-mu. Jika kamu tidak memiliki voucher gratis ongkir lagi, kamu bisa menggantinya dengan voucher Cashback Shopee.

9. Voucher Telah Digunakan Pada Transaksi Yang Dibatalkan

Berdasarkan ketentuan pengguna kode promo untuk pembelian produk Shopee, voucher yang telah digunakan untuk transaksi yang tidak terselesaikan atau dibatalkan dapat digunakan kembali dalam 15 menit setelah transaksi dibatalkan.

Baca Juga : 7 Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Artinya voucher tidak dapat digunakan untuk pembelian produk yang sama atau berbeda sebelum waktu 15 menit tersebut tercapai. Pastikan kamu menunggu beberapa waktu untuk menggunakan voucher gratis ongkir yang sama untuk pembelian produk-mu ya.

10. Voucher Tidak Bisa Digunakan Karena Akun Shopee Dibatasi

Penyebab voucher Shopee gagal digunakan yang terakhir yaitu karena akun Shopee kamu sedang dalam pembatasan.

https://mahirtransaksi.com/cara-jualan-di-shopee-untuk-pemula/
Akun Shopee Dibatasi

Penyebab pembatasan akun Shopee ini adalah adanya perilaku yang tidak wajar dan melanggar kebijakan komunitas Shopee. Jika akun Shopee dibatasi maka kamu tidak dapat melakukan transaksi di Shopee termasuk menggunakan voucher gratis ongkir Shopee.

Solusinya :

  • Jangan pernah melakukan Fake Order (FO) di aplikasi Shopee karena akan terdeteksi oleh sistem keamanan Shopee.
  • Jangan melanggar peraturan komunitas Shopee termasuk melanjutkan transaksi diluar aplikasi Shopee.
  • Baca panduan mengatasi akun Shopee yang dibatasi untuk memulihkan akum Shopee kamu.

Jika akun Shopee berhasil di pulihkan, maka kamu dapat menggunakan kembali voucher gratis ongkir untuk pembelian produk.

Kesimpulan

Terdapat beberapa kemungkinan lain mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan di aplikasi Shopee, yaitu :

  • Voucher telah digunakan untuk pesanan yang telah sukses.
  • Fitur ShopeePay belum diaktifkan.
  • Akun Shopee baru terdaftar di aplikasi.
  • Masalah koneksi/jaringan perangkat.
  • Server Shopee Error atau Down.

Baca Juga : 11+ Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee [Worth It 2021]

Pada akhirnya jika kamu mengalami masalah kode promo Shopee ini, yang harus kamu lakukan adalah membaca Syarat dan Ketentuan (S&K) Voucher gratis ongkir Shopee untuk mengetahui alasan voucher Shopee-mu tidak bisa digunakan.

Baca Juga : 9 Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp.99 [99% Berhasil]

Sekian dulu ulasan penyebab voucher Gratis Ongkir Shopee tidakbisa digunakan untuk belanja di aplikasi Shopee. Jika kamu mempunyai kendala seputar kode promo Shopee lainnya, jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar.

Selamat mencoba.

Note : Artikel ini terakhir diperbaharui tanggal 08 / 06 / 2021 untuk meninjau apakah penyebab – penyebab diatas masih relevan dengan kasus voucher shopee tidak bisa digunakan saat ini. 

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *