11 Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini 2022 : Lemot / Error Saat Dibuka

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini

Mahirtransaksi.com – Aplikasi Shopee gangguan hari ini sehingga tidak bisa dibuka biasanya disebabkan karena server Shopee sedang dalam proses perbaikan (maintenance) atau pembaharuan (updating). Apa penyebab Shopee error lainnya? Berikut ulasannya !

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Di Shopee, kamu dapat dengan mudah berbelanja baik itu kebutuhan pokok, fashion, elektronik dan lainnya bisa belanja melalui aplikasi Shopee.

Hanya saja, saat melakukan transaksi di Shopee tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang, aplikasi Shopee juga dapat mengalami gangguan sehingga sulit dibuka atau bahkan error saat transaksi.

Indikasi Shopee Gangguan

Shopee yang sedang mengalami gangguan pada sistem aplikasi atau server biasanya akan ditandai dengan munculnya notifikasi error, aplikasi sulit dibuka atau menutup secara tiba – tiba (force close).

Berikut beberapa indikasi yang terjadi jika aplikasi Shopee mengalami gangguan :

1. Shopee Tidak Bisa Dibuka

Indikasi yang paling umum terjadi Ketika aplikasi Shopee error yaitu sulitnya aplikasi dibuka baik di ponsel maupun di laptop / PC.

Hal ini biasanya terjadi karena memang sistem atau server Shopee sedang bermasalah sehingga perlu tindakan khusus untuk memperbaikinya.

2. Aplikasi Force Close

Force close adalah istilah jika aplikasi Shopee yang kamu buka tertutup tiba – tiba tanpa alasan yang jelas. Hal ini terjadi walaupun kamu tidak menutup aplikasi Shopee.

Biasanya aplikasi menutup tiba – tiba seperti kerap terjadi ketika server Shopee down karena terlalu banyak diakses secara bersamaan.

3. Shopee Lemot

Indikasi Shopee mengalami gangguan lainnya terjadi ketika aplikasi Shopee lemot atau terus loading saat kamu buka.

Proses loading yang sangat lama ini terjadi pada saat pertama kali membuka aplikasi Shopee atau pada saat kamu ingin melakukan pembayaran (checkout).

4. Muncul Notifikasi Error

Aplikasi Shopee error juga ditandai dengan munculnya notifikasi pesan error di aplikasi karena masalah internet atau masalah akun.

Selain itu, notifikasi pemberitahuan aplikasi Shopee error juga kerap disampaikan lewat akun media social resmi Shopee Indonesia.

5. Shopee Logout Sendiri

Indikasi Shopee gangguan terakhir terjadi ketika akun Shopee yang kamu gunakan tiba – tiba keluar sendiri (logout) padahal kamu tidak mengeluarkannya sama sekali.

Selain karena error, akun yang logout otomatis juga terjadi ketika akun terindikasi melakukan pelanggaran terhadapa Syarat dan Ketentuan penggunaan aplikasi Shopee.

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini 2022

Ada beberapa penyebab kenapa aplikasi Shopee gangguan hari ini 2022 seperti adanya pembaharuan pada server (maintenance), Shopee crash karena tidak di-update, chache menumpuk atau karena masalah pada koneksi internet.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Shopee gangguan :

1. Server Shopee Maintenance

Sebagai aplikasi belanja yang banyak digunakan oleh masyarakat, maka Shopee harus melakukan perbaikan bug pada aplikasi (maintenance) secara berkala.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar fitur di aplikasi Shopee semakin optimal dan lancar saat digunakan.

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Server Shopee Maintenance

Nah, saat proses maintenance sedang berjalan biasanya akses aplikasi Shopee akan terganggu sementara. Bahkan sebagian fitur aplikasi akan ditutup untuk mencegah terjadinya error saat digunakan.

Sebelum melakukan perbaikan server, Shopee akan memberikan informasi melalui sosial media atau lewat notifikasi di aplikasi Shopee.

2. Shopee Tidak Update

Setelah tombol update muncul, kamu wajib melakukan pembaharuan aplikasi untuk mencegah Shopee ganguan karena bug pada sistem.

Jadi kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah masih menggunakan versi lama atau sudah yang terbaru, penting untuk melakukan update secara berkala.

3. Shopee Sedang Di Upgrade

Selain pada pada server, pembaharuan sistem juga dilakukan pada aplikasi untuk mengatasi bug yang muncul saat digunakan.

2. Aplikasi Sedang Di Upgrade Selain pada pada server, pembaharuan sistem juga dilakukan pada aplikasi untuk mengatasi bug yang muncul saat digunakan. Proses pembaharuan aplikasi (updating apps) ini biasanya akan selesai dalam beberapa jam sehingga kamu harus melakukan update aplikasi lewat Playstore atau Appstore.
Shopee Sedang Di-Update

Proses pembaharuan aplikasi (updating apps) ini biasanya akan selesai dalam beberapa jam sehingga kamu harus melakukan update aplikasi lewat Playstore atau Appstore.

4. Koneksi Internet Terganggu

Aplikasi Shopee gangguan hari ini dengan notifikasi “jaringan bermasalah, silahkan coba lagi nanti” terjadi karena koneksi internet yang kamu gunakan terganggu sehingga akses aplikasi Shopee terputus.

Error di Shopee karena masalah koneksi internet ini sering terjadi dengan indikasi aplikasi Shopee tidak terbuka dengan sempurna atau bahkan muncul informasi gangguan koneksi.

5. Akun Shopee Bermasalah

Shopee gangguan hari ini karena akun bermasalah biasanya ditandai dengan notifikasi pembatasan akun sehingga akun keluar secara otomatis dan akan sulit untuk login kembali.

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Akun Shopee Dibatasi

Akun dibatasi sehingga Shopee tidak bisa dibuka terjadi karena akun melanggar Term Of Service (TOS) aplikasi Shopee karena melakukan tindakan pemalsuan transaksi atau pesanan fiktif (fake order).

Cara Mengatasi Shopee Error Hari Ini 2022

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi Shopee error hari ini 2022 yaitu dengan menunggu server Shopee normal lalu login kembali, update aplikasi atau mencoba alternatif login Shopee via web.

Berikut solusi terbaik jika aplikasi Shopee error tiba – tiba :

1. Cek Status Server

Jika penyebab dari aplikasi Shopee error hari ini karena server yang sedang maintenance, maka kamu bisa menunggu sampai layanan Shopee kembali normal kemudian coba login kembali.

Kamu bisa melakukan pengecekan status perbaikan server Shopee lewat :

Lewat Situs Cek Gangguan

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Cek Server Shopee

Gunakan situs cekgangguan.id untuk melihat status server Shopee secara real – time serta laporan – laporan dari pengguna lain mengenai kendala pada aplikasi Shopee.

Lewat Media Sosial Shopee

Perkembangan terkait pembaharuan atau perbaikan pada sistema Shopee akan di-update secara berkala lewat media sosial Shopee seperti Facebook, Instagram atau Twitter Shopee Indonesia.

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Update Status Server Shopee Di Twitter

Jika ternyata server Shopee sedang gangguan, silahkan tunggu sampai proses maintenance selesai dan server kembali optimal dan layanan normal kembali.

2. Re-Login Akun Shopee

Shopee error hari ini karena menutup  tiba – tiba (force close) dapat diatasi dengan re-login akun Shopee yaitu logout akun terlebih dahulu kemudian login ulang dengan measukkan username dan password.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan ShopeePay Gratis : Mudah & Cepat

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bug pada aplikasi setelah proses perbaikan atau pembaharuan sehingga aplikasi normal kembali. Tidak repot, kamu bisa melakukan logout dan login ulang cukup 1 minggu sekali.

3. Cek Koneksi Internet

Shopee gangguan karena masalah koneksi internet yang terputus dapat diatasi dengan meningkatkan atau mengganti opsi internet, restart data atau mulai ulang router wifi.

Kamu juga bisa menggunakan jaringan wifi atau Hotspot Portable untuk mengakses Shopee. Jika kamu menggunakan paket data, silahkan pilih data tanpa Fair Usage Policy (FUP) agar kecepatan akses internet maksimal.

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Ganti Opsi Data Internet

Untuk memastikan kecepatan koneksi internet yang sedang kamu gunakan dapat kamu cek lewat 2 cara berikut :

  • Gunakan Tools Silahkan kunjungi website cek koneksi internet seperti speedtest atau fast.com.
  • Lihat bar sinyal – Cek ketersediaan bar sinyal di bagian atas ponsel dan data telah diaktifkan untuk akses internet.

4. Restart Ponsel

Mengatasi aplikasi Shopee yang mengalami gangguan juga dapat dilakukan dengan merestart ponsel yang sedang kamu gunakan agar bug pada ponsel terhapus.

Oleh sebab itu, restart ponsel jika aplikasi Shopee error dengan cara :

  • Klik tombol Power pada ponsel.
  • Tunggu beberapa saat sampai perintah restart muncul.
  • Klik Restart lalu tunggu proses booting pada ponsel.
  • Setelah ponsel normal buka kembali aplikasi Shopee.

5. Login Shopee Via Web

Jika Shopee gangguan pada ponsel yang sedang kamu gunakan, kamu bisa memilih opsi login Shopee lewat web karena pada dasarnya fitur di ponsel dan web hampir sama.

Adapun langkah – langkah login Shopee lewat web yaitu :

  • Buka website Shopee Indonesia atau klik Disini.
  • Klik Login.
  • Masukkan username dan password akun Shopee lalu klik Login.

6. Update Aplikasi Dan Hapus Chache

Shopee gangguan kembali ke halaman utama dapat diatasi dengan melakukan updating pada aplikasi Shopee kemudian hapus chache agar aplikasi berfungsi normal kembali.

Berikut langkah – langkah melakukan update aplikasi Shopee :

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Update Aplikasi Shopee
  • Buka Playstore atau Appstore.
  • Klik Profil dibagian kanan atas.
  • Pilih Kelola Aplikasi Dan Perangkat.
  • Pilh aplikasi dengan kategori Update Tersedia.
  • Cari aplikasi Shopee.
  • Klik Update lalu tunggu sampai proses updating selesai.

Setelah itu, hapus chache Shopee dengan cara :

Penyebab Shopee Gangguan Hari Ini
Hapus Chache Shopee
  • Buka Pengaturan pada ponsel.
  • Selanjutnya buka Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Pilih aplikasi Shopee.
  • Klik Hapus Chache lalu klik Konfirmasi.

Sampai Kapan Shopee Gangguan?

Aplikasi Shopee gangguan dapat terjadi kapan saja. Kendala ini merupakan hal yang umum terjadi bagi para developer aplikasi termasuk Shopee.

Sampai saat ini belum diketahui sampai kapan Shopee gangguan secara pasti tergantung dari respon developer atau pengguna dalam mengatasinya.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke ShopeePay Rate Tinggi Tanpa Aplikasi

Lamanya Shopee gangguan karena masalah server biasanya akan fix dalam beberapa jam atau beberapa hari kerja tergantung jenis kendala server yang diperbaiki.

Penutup

Shopee gangguan hari ini adalah kendala umum yang terjadi karena adanya indikasi error, lemot, loading lama atau aplikasi Shopee tidak bisa dibuka akibat faktor sistem, aplikasi dan perangkat yang digunakan.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan / Dibatasi [99% Berhasil]

Jika setelah mencoba beberapa cara diatas, aplikasi Shopee kamu tetap error dan sulit dibuka, kamu bisa menghubungi CS Shopee melalui :

  • Email : Support@Shopee.co.id
  • Telp : 08001500702
  • Sosial Media : Shopee ID
  • Melalui Chat Aplikasi : masuk ke tab Akun > Chat dengan Shopee > Chat dengan agen Shopee

Selamat mencoba !

4.9/5 - (27 votes)
x