10 Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan / Dibatasi [99% Berhasil]

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan

Mahirtransaksi.com – Akun Shopee kamu tidak dapat digunakan karena mengalami pembatasan? Ketahui penyebab akun Shopee dibekukan dan cara mengatasinya lewat ulasan berikut ini !

Akhir – akhir ini tidak sedikit mitra Shopee baik penjual maupun pembeli yang menerima notifikasi dan juga email tentang pembatasan akun Shopee.

Akun Shopee dibekukan artinya segala aktivitas pada akun dinonaktifkan sementara oleh tim Shopee sampai pemilik melakukan penjelasan terkait indikasi pelanggaran akun.

Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?

Pembatasan akun Shopee disebabkan karena ada syarat dan ketentuan yang mungkin telah kamu langgar secara sadar maupun tidak sadar yang menyebabkan sistem aplikasi melakukan pembatasan secara otomatis.

Mungkin saja hal ini terjadi karena kamu kurang cermat saat membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di Shopee sebelum mendaftarkan akun.

Ciri – Ciri Akun Shopee Dibekukan

Ciri – ciri akun Shopee telah dibekukan biasanya pengguna akan menerima notifikasi dari aplikasi Shopee berupa pemberitahuan pembatasan akun. Setelah menerima notifikasi tersebut, biasanya kamu tidak bisa melakukan transaksi lagi.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Akun Shopee Dibekukan

Biasanya akun Shopee juga akan mengirim email yang akan memberi tahu alasan mengapa akun kamu mengalami pembatasan / pembekuan.

Tentu saja hal ini akan membuat kamu merasa “cemas” karena akun Shopee tidak bisa digunakan atau bahkan login kembali seperti biasa.

Jika akun Shopee dibekukan, jangan khawatir karena kamu masih bisa memulihkan akun Shopee dengan melakukan pengajuan naik banding.

Penyebab Akun Shopee Dibekukan

Pada dasarnya penyebab akun Shopee dibekukan yaitu karena akun yang melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan (TOS) aplikasi Shopee.

Jika akun kamu terindikasi melakukan pelanggaran tersebut maka Shopee akan mengambil tindakan pembatasan atau penangguhan sementara sebagai bentuk keamanan akun.

Banyak sekali penyebab akun Shopee terkena pembatasan, antara lain :

  • Membuat pesanan palsu.
  • Mengunggah produk duplikat.
  • Memalsukan informasi penjualan.
  • Melakukan penipuan dalam bentuk apa pun.
  • Adanya tagihan SPayLater yang belum terlunasi.
  • Adanya penyalahgunaan akun Shopee seperti spam.
  • Memiliki lebih dari 5 akun toko dengan data pribadi yang sama.
  • Melakukan penyalahgunaan voucher, promosi, dan juga gratis ongkir.
  • Produk yang terunggah telah terhapus lebih dari 20 kali oleh pihak Shopee.
  • Adanya percobaan peretasan akun yang membuat akun terbatasi dengan alasan keamanan.
  • Adanya informasi yang mengarahkan pembeli untuk melakukan transaksi di luar akun Shopee.

Selain 11 penyebab diatas, peninjauan akun Shopee juga sering terjadi pada akun yang memiliki tunggakan tagihan PayLater sehingga menyebabkan akun Shopee dibatasi karena telat bayar Shopee PayLater.

Untuk mengetahui jenis pelanggaran lebih detail, kamu bisa melihat isi email yang telah dikirim oleh pihak Shopee terkait pelanggaran akun.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan

Kasus Shopee dibatasi yang paling sering terjadi disebabkan adalah akun Shopee dibekukan karena penipuan sehingga akun Shopee ditinjau sementara sampai pemilik melakukan verifikasi kepemilikan akun.

Lalu apa yang terjadi jika akun Shopee dibekukan?

Jika akun Shopee dibekukan, kamu tidak akan dapat melakukan transaksi apapun di aplikasi Shopee termasuk pembelian, penjualan, transfer / tarik saldo bahkan chat akun lain.

Selain itu, akun Shopee yang dibatasi dapat menyebabkan dana tidak cair dari akun Shopee seperti ShopeePay, Shopee PayLater atau saldo penjual Shopee karena seluruh akses ke akun telah dimatikan.

Ketika notifikasi pembatasan akun kamu terima, secara otomatis akun Shopee akan logout dan tidak bisa login kembali sampai akun di pulihkan.

Satu – satunya cara mengembalikan akun Shopee yang dibekukan adalah dengan mengajukan Banding Pemulihan Akun ke Tim Shopee untuk meninjau pelanggaran terhadap akun Shopee.

 

Banding pemulihan akun Shopee wajib kamu lakukan maksimal 30 hari setelah mendapatkan notifikasi akun Shopee dibekukan / dibatasi.

Namun jika pengajuan Banding tidak di ajukan lebih dari 30 hari, maka akan menyebabkan akun Shopee dibekukan permanen.

Syarat Banding Akun Shopee

Syarat pengajuan banding akun Shopee untuk pembeli dan penjual memiliki sedikit perbedaan pada metode verifikasi akun. Berikut syarat banding akun Shopee pada masing  – masing akun :

Syarat Banding Shopee Untuk Pembeli

Jika kamu seorang pembeli, maka berkas pengajuan banding akun Shopee yang harus kamu siapkan yaitu :

  • Siapkan identitas diri seperti KTP, Kartu Pelajar, atau Paspor.
  • Bukti pembelian produk sebelum akun mengalami pembatasan, dapat berupa nomor resi dari penjual maupun foto produk.
  • Melakukan pengajuan naik banding paling lama 30 hari setelah mendapat notifikasi dari pihak Shopee.
  • Formulir naik banding akun.

Syarat Banding Shopee Untuk Penjual

Jika kamu seorang penjual, maka berkas pengajuan naik banding yang harus kamu siapkan yaitu :

  • Foto identitas diri seperti KTP, Kartu Pegawai, atau Kartu Pelajar.
  • Foto copy surat izin usaha (jika memiliki).
  • Bukti pengiriman produk bisa berupa nomor resi.
  • Bukti bahwa kamu memiliki produk tersebut misalnya saja faktur supplier, nomor resi, atau bukti kepemilikan lainnya.
  • Informasi lengkap mengenai bisnis kamu seperti ukuran tim bisnis kamu dan bagaimana kamu menjalanakan bisnis tersebut.

Cara Mengajukan Banding Shopee Yang Dibatasi

Jika semua berkas tersebut sudah terpenuhi, maka kamu bisa melakukan pengajuan naik banding. Berikut cara mengajukan banding akun Shopee yang dibatasi :

1. Buka Link Formulir Banding Akun

Pertama buka formulir banding akun Shopee Disini.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Formulir Banding Shopee

Pastikan kamu membuka formulir melalui browser resmi seperti Google atau Mozilla Firefox untuk menjamin data akun tetap aman.

2. Isi Data Diri

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Isi Nama & Username Shopee

Jika link formulir naik banding sudah terbuka, lanjutkan dengan mengisi data diri kamu mulai dari Nama Lengkap serta Username akun Shopee yang mengalami pembatasan.

3. Isi Alamat Email Dan Nomor HP

Lanjutkan dengan mengisi alamat email yang sudah terdaftar di aplikasi Shopee pada saat registrasi akun.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Isi Email & No. HP

Jangan lupa untuk memasukkan nomor HP terdaftar yang biasanya digunakan untuk login kemudian pastikan nomor HP tersebut masih aktif dan dapat menerima pesan (SMS).

4. Isi Kendala Akun Dibatasi

Pada kolom “Kendala yang dihadapi” tuliskan pesan teks mengenai kendala akun Shopee dibekukan serta kronologinya dengan menuliskan judul Akun Shopee Dibatasi.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Sebutkan Kendala Dan Bukti

Pastikan kamu menuliskan kronologi pembatasan akun serta aktivitas apa saja yang kamu lakukan yang mungkin menyebabkan akun Shopee dibekukan.

5. Upload Foto / Bukti Akun Shopee Dibatasi

Setelah itu, kirimkan bukti berupa foto atau screenshot tampilan utama aplikasi Shopee atau notifikasi pembatasan akun sebagai bukti bahwa akun kamu mengalami pembatasan.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke ShopeePay Rate Tinggi Tanpa Aplikasi

Upload juga bukti yang mendukung pernyataan bahwa kamu tidak melakukan pelanggaran terkait TOS aplikasi Shopee untuk membantu tim Shopee melakukan verifikasi masalah.

6. Tuliskan Alasan Ingin Mengaktifkan Akun

Selanjutnya silahkan mengisi alasan kamu ingin memulihkan akun Shopee yang dibekukan. Pada tahapan ini pastikan bahwa kamu membuat kalimat yang mampu meyakinkan pihak Shopee untuk membuka pembatasan akun.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Isi Permohonan Pemulihan Akun

Jika kamu merasa tidak melakukan pelanggaran apapun, sampaikan pula bahwa tidak ada aktivitas yang melanggar yang kamu lakukan di akun Shopee pada akhir permohonan banding.

7. Unggah Foto KTP Dan KK

Jika sudah menuliskan alasan, silahkan unggah foto pengenal seperti KTP / Kartu Pelajar / Paspor dengan kualitas foto yang jernih dan jelas.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Upload Foto KTP & KK

Unggah juga foto Kartu Keluarga (KK) yang bertujuan sebagai dokumen pendukung.

8. Masukkan Username Shopee Lain

Pada kolom “Username Shopee lain yang terhubung dengan akun kamu” silahkan mengisi akun Shopee lain yang terhubung dengan akun kamu. Jika tidak ada, maka bagian ini tidak perlu kamu isi.

9. Kirim Pengajuan Banding Shopee

Jika semua langkah – langkah tersebut sudah kamu lakukan dan semua berkas – berkas sudah lengkap silahkan kirim pengajuan banding akun Shopee dengan klik tombl Kirim.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan
Akun Shopee Dipulihkan

Setelah kamu melakukan pengajuan naik banding selanjutnya tunggu balasan terkait pemulihan akun lewat email atau SMS.

FaQ Seputar Akun Shopee Dibatasi

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar kendala akun Shopee dibatasi yang perlu kamu ketahui :

Apakah akun Shopee yang dibekukan bisa aktif lagi?

Akun Shopee dibekukan bisa aktif lagi jika ternyata pengguna tidak melakukan pelanggaran apapun terkait TOS aplikasi setelah masa peninjauan lewat banding akun.

Baca Juga : 10 Ciri – Ciri Penipuan Shopee : Telepon, SMS, WhatsApp Dan ShopeePay

Biasanya akun Shopee dibekukan tanpa alasan yang jelas atau karena dilaporkan oleh pengguna lain.

Kenapa akun Shopee tiba – tiba dibekukan?

Akun Shopee tiba – tiba dibekukan tanpa alasan yang jelas sering terjadi karena sistem Shopee melakukan pembatasan otomatis karena indikasi pelanggaran akun seperti salah memasukkan password atau adanya transaksi di akun Shopee dalam jumlah besar.

Berapa lama akun Shopee dibekukan?

Akun Shopee dibekukan karena pelanggaran akun tidak akan dipulihkan sampai pengguna melakukan banding pemulihan akun.

Baca Juga : Cara Menggunakan 2 Akun Shopee Dalam 1 HP [99% Berhasil]

Itu artinya, akun akan dibekukan permanen dalam waktu 1 bulan setelah akun terkena pembatasan.

Bagaimana jika akun Shopee dinonaktifkan?

Jika tidak ada banding pemulihan akun sehingga akun Shopee dinonaktifkan maka akun tidak akan dapat dipulihkan lagi karena akan terhapus secara otomatis.

Kenapa Shopee Affiliate dibekukan?

Shopee affiliate dibekukan disebabkan karena pengguna melakukan promosi produk yang berlebihan sehingga menjadi spam karena tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan promosi.

Kesimpulan

Cara mengembalikan akun Shopee yang dibekukan adalah dengan melakukan Banding Pemulihan Akun dengan melampirkan bukti pendukung serta keterangan valid terkait pelanggaran akun.

Baca Juga : 10 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Ingat, jika akun dibatasi pastikan ajukan Banding paling lama 30 hari setelah mendapat email atau notifikasi dari Shopee untuk menghindari akun Shopee dinonaktifkan permanen.

Selamat mencoba !

4.9/5 - (50 votes)
x