Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

11 Cara Melihat Bukti Transfer Aplikasi DANA Asli Dan Palsu

Bukti Transfer Aplikasi Dana

Mahirtransaksi.com – Untuk melakukan verifikasi pembayaran menggunakan aplikasi Dana tentunya membutuhkan bukti transfer yang valid. Oleh sebab itu, simak cara melihat bukti transfer aplikasi Dana asli dan palsu untuk keperluan verifikasi pembayaran.

Pada umumnya, hampir semua Dompet Digital memiliki bukti transfer / struk pembayaran yang muncul saat proses transfer selesai dilakukan baik ke sesama dompet digital maupun ke Rekening Bank.

Namun karena beberapa faktor bukti transfer bisa saja hilang atau tidak sempat di simpan sehingga akan menyulitkan kamu dalam melakukan verifikasi pembayaran karena kurangnya bukti.

Sekilas Tentang Aplikasi Dana

Dana merupakan aplikasi Dompet Digital resmi yang digunakan untuk transaksi keuangan serta berbagai pembayaran Top Up dan Tagihan.

Bukti Transfer Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

Aplikasi ini terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga aplikasi aman untuk digunakan.

Dengan Dana kamu tidak perlu repot lagi menyediakan uang cash untuk membeli beberapa kebutuhan kamu, cukup scan barcode dengan menggunakan Dana saja pembayaran kamu bisa dilakukan.

Fitur Unggulan Aplikasi Dana

Kegunaan aplikasi Dana cukup beragam, dengan berbagai fitur menarik yang diberikan menjadikan Dana sebagai dompet digital yang banyak disukai.

Berikut beberapa fitur unggulan di aplikasi Dana :

Transfer Dan Terima Saldo

Bagi pengguna Dana kini bisa transfer dan terima saldo Dana dengan mudah. Mengirim saldo dari Dana juga bukan hanya sekedar kirim antar Dana tetapi juga bisa ke Nomor Rekening.

Selain itu transfer saldo Dana ke akun Dana lain hyga tidak dikenakan biaya alias gratis. Kamu bisa transfer saldo tanpa limit transaksi kapan dengan mudah dan praktis.

Top Up Dan Tagihan

Selain itu, Dana juga memiliki fitur Top Up dan Tagihan yang menyediakan hampir semua merchant pembayaran seperti Listrik, Air, BPJS hingga TV berlangganan.

Misalnya fitur pembelian token listrik maupun pembayaran tagihan listrik bulanan, pembelian pulsa dan paket handphone, pembayaran tagihan asuransi dan yang lainnya.

Fitur Investasi

Dana menyediakan fitur investasi. Investasi yang ditawarkan yaitu investasi emas. Bahkan investasi bisa dimulai dari 0,0001 gram. Tidak perlu khawatir akan keamannya, karena investasi di Dana pasti aman dan terpercaya.

Apa Itu Bukti Transfer Aplikasi Dana?

Untuk menghindari adanya penipuan tersebut tentunya kamu harus teliti dalam melihat bukti transfer aplikasi Dana.

Bukti transfer aplikasi Dana adalah dokumentasi berupa struk atau faktur pembayaran yang menyatakan transaksi di aplikasi Dana telah berhasil dan valid digunakan sebagai bukti dukung semua transaksi jika mengalami kendala.

Adapun fungsi bukti transfer aplikasi Dana antara lain :

  • Agar pihak yang bersangkutan dapat mengetahui adanya transaksi.
  • Pencatatan keuangan yang terdokumentasi.
  • Menghindari duplikasi pada pengumpulan data keuangan.
  • Menghindari adanya penipuan.

Bukti transfer tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi dalam kegiatan bisnis pun bukti transfer sangat dibutuhkan untuk meyakinkan transaksi penjualan atau pembelian produk telah dilakukan.

Cara Melihat Bukti Transfer Aplikasi Dana

Banyak faktor yang menjadi kendala ketika kamu ingin mengambil bukti transfer di aplikasi Dana. Bisa saja aplikasi tiba-tiba tertutup, atau kamu tidak sengaja menekan pilihan kembali ke halaman utama.

Tapi tidak perlu khawatir karena bukti pengiriman saldo di aplikasi Dana masih bisa kamu lihat dibagian riwayat transaksi. Riwayat transaksi Dana merupakan rekapan tanggal, nominal dan detail pada status transaksi selesai.

Berikut panduan melihat bukti transfer aplikasi Dana :

  • Silahkan buka aplikasi Dana di HP kamu.
  • Pada menu halaman utama dibagian bawah, silahkan pilih menu riwayat.
  • Lalu akan muncul riwayat transaksi yang telah kamu lakukan.
Bukti Transfer Aplikasi Dana
Riwayat Transaksi Dana
  • Pilih salah satu transaksi yang akan kamu bagikan bukti transaksinya.
  • Kemudian akan muncul detail bukti transfer Dana, kamu bisa memilih menangkap layar, memfoto ataupun dibagikan secara langsung.

Cara Membuat Bukti Transfer Dana

Pada saat hendak mengirimkan uang tentu saja kamu harus menyertakan bukti transfer agar pengiriman saldo dinyatakan valid. Biasanya untuk transaksi online bukti transfernya berupa file yang bisa unduh.

Namun di aplikasi Dana, bukti transfer tidak berupa struk dan juga tidak bisa diunduh tetapi di screenshot ataupun di bagikan.

Berikut cara membuat bukti transfer aplikasi Dana yang benar :

  • Buka aplikasi Dana di HP kamu.
  • Pada halaman depan pilih menu kirim.
  • Setelah itu masukkan nomor Dana lain pada kolom nomor tujuan kemudian masukkan nominal transfer saldo.
  • Pilih lanjut kemudian konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Jika inisial penerima serta nominal sudah sesuai pilih lanjut.
  • Lalu masukkan PIN Dana kamu.
  • Jika berhasil maka bukti transfer akan muncul pada layar HP kamu, silahkan Screenshoot bukti transfer tersebut untuk menyimpannya ke Galeri atau klik Bagikan untuk mengirim bukti tf Dana ke penerima saldo.

Contoh Bukti Transfer Aplikasi Dana

Jika kamu yang tidak ingin tertipu dengan pengguna yang sering melakukan penipuan dengan mengirimkan bukti transfer palsu, kamu harus memperhatikan bukti transfer berikut.

Ini adalah contoh bukti transfer dari Dana yang asli.

Bukti Transfer Aplikasi Dana
Bukti Transfer Dana Asli

Jika tidak teliti, sekilas bukti transfer Dana yang asli dan palsu hampir tidak ada bedanya. Membedakan antara bukti pembayaran palsu dan asli memerlukan ketelitian terhadap detail yang mencurigakan sehingga diperlukan verifikasi sumbernya untuk memastikan keabsahannya.

Perbedaan Bukti Pembayaran Dana Palsu Dan Asli

Bukti pembayaran Dana palsu adalah dokumen atau informasi yang telah dimanipulasi atau dipalsukan untuk menipu orang lain tentang sejumlah uang atau transaksi yang tidak sebenarnya terjadi.

Biasanya penipu akan memanipulasi tampilan bukti pembayaran untuk mengubah nominal, nomor transaksi atau detail lainnya sehingga terlihat seolah-olah ada pembayaran yang telah dilakukan.

Sebaliknya, bukti pembayaran Dana asli adalah dokumen yang sah dan akurat yang merupakan bukti transaksi keuangan yang sebenarnya telah terjadi dan dapat diandalkan sebagai bukti pembayaran yang sah.

Berikut perbedaan bukti transfer Dana asli dan palsu yang perlu kamu tahu :

Bukti Transfer Dana Asli

Bukti transfer Dana yang asli biasanya akan tertera tanggal dan waktu pengiriman. Nomor tujuan pun pasti tidak akan salah. Serta font tulisan dari bukti transfer pasti tidak akan berubah ubah.

Berikut ciri – ciri bukti transfer Dana asli yang perlu kamu ketahui :

  • Logo Dan Desain – Bukti transfer asli dari aplikasi Dana harus memiliki logo dan desain yang konsisten dengan merek dan antarmuka aplikasi Dana.
  • Nomor Referensi – Bukti transfer asli harus memiliki nomor referensi yang sesuai dan dapat dilacak.
  • Tanggal Dan Waktu – Pastikan tanggal dan waktu transfer pada bukti tersebut sesuai dengan waktu transaksi yang sebenarnya.
  • Nomor Rekening – Pastikan nomor rekening pengirim dan penerima pada bukti transfer sesuai dengan informasi yang kamu miliki.
  • Jumlah Transfer – Periksa apakah jumlah yang tertera pada bukti transfer sesuai dengan jumlah yang sebenarnya kamu transfer.
  • Pesan Transfer – Pastikan pesan tersebut sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan.
  • Histori Transaksi Aplikasi – Sebelum memverifikasi keaslian bukti transfer, periksa apakah informasi pada bukti transfer sesuai dengan histori transaksi yang ada di aplikasi Dana.
  • Cek Kode QR (Jika Ada) – Pindari kode QR Code menggunakan aplikasi QR code scanner yang terpercaya.
  • Verifikasi Bukti Transfer – Hubungi pihak layanan pelanggan resmi aplikasi Dana untuk memverifikasi bukti transfer.

Bukti Transfer Dana Palsu

Dan untuk bukti transfer Dana yang palsu seperti tidak ada bedanya namun pasti akan ditemukan beberapa kejanggalan seperti tanggal dan jam pengiriman yang tidak sesuai, spasi serta font yang berubah ubah dari bukti transfer yang asli.

Bukti Transfer Aplikasi Dana
Bukti Transfer Dana Palsu

Selain itu, kamu bisa memperhatikan nomor telepon atau nomor rekening yang tertera pada bukti tf yang biasanya terlihat seperti font tempelan sehingga akan terlihat berbeda dengan font diatasnya.

Berikut ciri – ciri bukti transfer Dana palsu yang perlu kamu ketahui :

  • Desain Yang Buruk – Bukti transfer palsu seringkali memiliki desain yang buruk atau tidak konsisten dengan antarmuka asli aplikasi Dana.
  • Nomor Referensi Tidak Jelas – Jika nomor referensi pada bukti transfer tidak terlihat jelas atau terlalu umum, itu bisa menjadi tanda adanya pemalsuan.
  • Tanggal Dan Waktu Salah – Jika ada perbedaan yang mencolok itu bisa menjadi indikasi bahwa bukti transfer tersebut palsu.
  • Nomor Rekening Mencurigakan – Nomor rekening yang terlihat aneh atau mencurigakan bisa menjadi tanda adanya upaya penipuan.
  • Jumlah Transfer Tidak Masuk Akal – Jika jumlah transfer pada bukti terlihat terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan transaksi yang kamu ingat merupakan tanda pemalsuan.
  • Kesalahan Ejaan – Bukti transfer palsu seringkali memiliki kesalahan dalam penggunaan bahasa atau ejaan.
  • Kode QR Tidak Terbaca – Jika bukti transfer memiliki kode QR, pastikan kode tersebut mengarahkan kamu ke informasi transaksi yang sesuai.
  • Sumber Tidak Dikenal – Jika kamu menerima bukti transfer dari sumber yang tidak dikenal atau melalui pesan teks, email atau media sosial yang tidak sah itu bisa menjadi tanda penipuan.

Tips Mengantasipasi Bukti Pembayaran Dana Palsu

Namun untuk lebih memastikan apakah bukti transfer itu benar atau tidaknya kamu juga bisa mengecek kembali diriwayat transaksi aplikasi Dana dengan panduan di atas.

Baca Juga : 13 Cara Top Up Dana Pakai Pulsa Gratis Tanpa Verifikasi Aplikasi 

Jika kamu tidak menemukan riwayat transaksi seperti yang ada pada bukti transaksi, silahkan hubungi CS Dana agar bukti transfer ditinjau kembali.

Berikut beberapa tips menghindari bukti pembayaran Dana palsu :

  • Selalu periksa sumber pesan atau email yang berisi bukti pembayaran Dana palsu.
  • Pastikan itu berasal dari sumber yang sah, seperti aplikasi resmi Dana atau situs web resmi.
  • Jangan mengklik tautan yang dicurigai dalam pesan atau email.
  • Pastikan semua detail pada bukti pembayaran, seperti nominal dan nomor transaksi sesuai dengan yang kamu harapkan.
  • Jangan pernah memberikan informasi pribadi, seperti nomor PIN atau kata sandi kepada siapa pun yang meminta itu dalam pesan atau email.
  • Hindari tawaran yang memberikan informasi pribadi atau mentransfer dana palsu.

Namun jika pihak Dana memang mengatakan bahwa transaksi yang dilakukan tidak ada ataupun tidak berhasil, sudah dipastikan bahwa itu adalah bukti transfer palsu.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Aplikasi Dana Error Hari Ini Tidak Bisa Dibuka

Selain memudahkan kamu dalam hal bertransaksi tentunya kamu juga harus berhati-hati disaat menggunakannya, jangan sampai kamu menggunakan bukti transfer tersebut untuk hal yang berbuat curang.

Semoga bermanfaat !

Nilai Artikel
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.