Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

11 Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan Sementara Dan Permanen

Mahirtransaksi.com – Akun Dana dibekukan sepihak padahal tidak melakukan pelanggaran? Apa solusinya? Berikut cara membuka akun Dana yang dibekukan sementara atau permanen dijamin berhasil !

Dana merupakan salah satu e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Penggunaan Dana semakin memudahkan dalam bertransaksi yang lebih cepat, aman dan nyaman.

Sebagai salah satu aplikasi yang sudah banyak memiliki pengguna, Dana selalu berusaha untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna Dana baik untuk Dana basic maupun Dana premium.

Salah satu bentuk keamanan aplikasi Dana yaitu adanya sanksi akun Dana dibekukan bagi pengguna yang melanggar Syarat dan Ketentuan (TOS) aplikasi Dana.

Sekilas Tentang Aplikasi Dana

DANA adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang menyediakan berbagai layanan keuangan seperti pembayaran tagihan, transfer uang, pembelian pulsa, pembelian tiket, dan berbagai transaksi non-tunai lainnya.

Sebagai aplikasi dompet digital, DANA memungkinkan kamu untuk menyimpan uang dalam akun mereka dan menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi secara mudah dan aman.

Kamu dapat menghubungkan akun DANA mereka dengan rekening bank atau kartu kredit untuk mengisi saldo DANA atau melakukan top-up.

Selain itu, DANA juga mendukung berbagai fitur seperti pembayaran dengan kode QR, transfer uang antar pengguna DANA, dan integrasi dengan berbagai mitra bisnis dan e-commerce di Indonesia.

Akun Dana Dibekukan Karena Apa?

Pada umumnya, penyebab akun Dana dibekukan yaitu karena adanya transaksi tidak wajar, salah PIN, transaksi terindikasi penipuan, peretasan atau pencurian akun serta penyalahgunaan voucher maupun promo di aplikasi Dana.

Secara umum, berikut penyebab Dana dibekukan sementara atau permanen :

  • Transaksi yang dinilai tidak wajar
  • Data akun Dana yang tidak valid
  • Memanfaatkan bug pada sistem Dana
  • Salah memasukkan PIN Dana
  • Adanya indikasi penipuan
  • Double login akun Dana

Oleh sebab itu, jika kamu bertanya akun Dana dibekukan apa, ini alasannya :

Transaksi Tidak Wajar

Penyebab pertama dari akun Dana dibatasi yaitu karena terdeteksi melakukan transaksi tidak wajar seperti transfer saldo Dana secara terus menerus dalam hitungan detik atau klaim Dana kaget menggunakan auto click.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Dana Dibekukan Karena Transaksi Tidak Wajar

Hal tersebut jelas melanggar ketentuan dari Dana karena penggunaan yang tidak wajar. Karena kegiatan ini termasuk dalam spam yang dapat merugikan akun Dana lain.

Data Akun Tidak Valid

Dana memerlukan verifikasi agar akun dapat menggunakan banyak fitur didalamnya. Penginputan data yang tidak benar menjadi alasan akun Dana tidak bisa login.

Hal ini karena melanggar ketentuan karena adanya penyalahgunaan data milik orang lain tidak seharusnya digunakan untuk keperluan pribadi.

Hal ini sama saja kamu melakukan pemalsuan data diri untuk kepentingan sendiri yang merugikan orang lain serta sudah termasuk dalam tindak pidana.

Memanfaatkan Bug System Dana

Tidak jarang ada beberapa permasalahan yang tidak diketahui oleh pihak Dana dan justru dimanfaatkan oleh beberapa pengguna.

Salah satunya adalah bug yang seharusnya tidak dimanfaatkan tetapi beberapa pengguna banyak yang memanfaatkan bug tersebut untuk memperoleh keuntungan.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Dana Dibekukan Karena Pelanggaran Akun

Karena sudah melanggar peraturan mengenai fraud system, maka pihak Dana melakukan pembekuan akun secara langsung untuk melakukan investigasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam pemanfaatan bug system Dana.

Salah Memasukkan PIN Dana

Untuk login ke akun Dana pengguna wajib melakukan verifikasi menggunakan face id maupun kode PIN.

Akun Dana dibekukan salah memasukan PIN Dana hingga tiga kali terjadi karena sistem Dana dirancang untuk membatasi tindakan memaksa login akun akibat aktivitas mencurigakan karena salah memasukkan PIN berulang sebagai pencegahan peretasan akun Dana.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Dana Dibekukan Karena Salah PIN

Berapa lama akun Dana dibekukan karena salah PIN adalah 1 jam sejak notifikasi pembekuan akun muncul. Kamu dapat mencoba login kembali jika notifikasi akun dibatasi sementara telah hilang.

Indikasi Penipuan

Aduan penipuan dari pengguna lainnya kepada pihak Dana memungkinkan untuk akun dibekukan sementara atau dengan kata lain akun Dana tidak bisa dibuka.

Pada dasarnya Dana berusaha untuk menciptakan layanan yang aman untuk memberikan kenyamanan dalam melakukan transaksi.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Dana Dibekukan Karena Penipuan

Setiap laporan yang berkaitan dengan penipuan akan ditindaklanjuti dengan serius yaitu pembekuan akun Dana sementara.

Dengan begitu pengguna tidak bisa melakukan transaksi sampai pemilik melakukan verifikasi akun. Jika akun terbukti melakukan penipuan maka akan dibekukan secara permanen dan tidak dapat digunakan kembali.  

Multi Login Akun Dana

Pada dasarnya, akun Dana tidak bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus (kecuali pengguna re-login akun).

Aktivitas satu akun Dana masuk ke beberapa perangkat yang berbeda atau biasa disebut Multi Login account akan menyebabkan Dana dibekukan karena terindikasi melakukan aktivitas tidak wajar.

Akun Dana Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Belakangan ini banyak kasus dimana akun Dana dibekukan sementara karena dilaporkan oleh pengguna lain telah melakukan penipuan transaksi. Meskipun begitu, pihak Dana tetap akan meninjau laporan sebelum memblokir akun Dana.

Kebanyakan laporan ini terjadi karena ada pihak yang secara sengaja membuat transaksi palsu menggunakan nomor HP acak yang kebetulan terkait ke aplikasi Dana sehingga laporan ini ditanggapi sebagai indikasi penyalahgunaan akun.

Ciri – Ciri Akun Dana Dibekukan

Akun Dana dibekukan karena penipuan biasanya ditandai dengan notifikasi peringatan di aplikasi Dana / email yang digunakan saat registrasi akun.

Ciri – ciri akun Dana yang dibekukan yaitu adanya pembatasan transaksi di aplikasi Dana baik untuk transfer, top up maupun menarik saldo yang ditandai dengan notifikasi pembekuan akun yang muncul setelah akun terkena pembatasan.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Notifikasi Dana Dibekukan

Berikut ulasan lengkap ciri – ciri akun Dana yang dibekukan :

Muncul Notifikasi Pembatasan Akun

Setelah sistem membekukan akun Dana, maka akan muncul pemberitahuan mengenai alasan pembekuan akun di aplikasi Dana.

Notifikasi ini berbentuk pesan pop up yang bisa di close. Namun meskipun kamu telah menghilangkan notifikasi ini, akun Dana tetap tidak akan bisa digunakan karena sudah dibatasi.

Tidak Bisa Transaksi

Adakalanya setelah pembatasan pada akun, tidak muncul notifikasi mengenai alasan kenapa akun Dana dibekukan. Namun, jika kamu mencoba untuk melakukan transaksi, maka akan muncul pemberitahuan akun dalam pembatasan.

Ini adalah salah satu ciri – ciri akun Dana dibekukan yaitu tidak bisa melakukan transaksi apapun di aplikasi Dana baik transfer, Top Up maupun menarik atau mengirim saldo ke Bank atau ke Dana lain.

Akun Dana Force Close

Selain itu, Dana yang dibekukan otomatis akan logout secara otomatis (force close) sehingga akun tidak dapat digunakan sementara sampai pengguna melakukan verifikasi / banding pemulihan akun.

Tetapi tidak selamanya indikasi akun keluar secara otomatis menandakan akun telah dibekukan, adakalanya akun keluar otomatis terjadi karena masalah koneksi internet yang buruk.

Dana Tidak Bisa Dibuka

Namun setelah akun keluar otomatis lalu tidak bisa login kembali, maka hal tersebut merupakan ciri – ciri akun Dana dibatasi karena pelanggaran akun.

Setelah login Dana gagal, maka biasanya akan muncul notifikasi pembatasan akun yang masuk ke email atau nomor HP yang terdaftar di aplikasi Dana milik-mu.

Cara Mengembalikan Akun Dana Yang Dibekukan

Akun Dana yang dibekukan bisa dikembalikan dengan melakukan beberapa langkah pemulihan yang sesuai dengan penyebab kenapa akun Dana kamu dibekukan. Alasan tersebut sangat beragam seperti alasan keamanan atau pelaporan dari pengguna lain.

Berikut cara mengembalikan akun Dana yang dibekukan yang bisa kamu coba :

Hubungi Pelapor  

Langkah pertama adalah menghubungi lembaga keuangan atau pelapor yang memblokir atau membekukan akun Dana milikmu.

Kamu dapat menghubungi layanan pelanggan atau Nomor HP yang melaporkan akun yang nantinya akan memberikan informasi lebih lanjut tentang alasan pembekuan dan prosedur untuk mengembalikan akun.

Verifikasi Identitas

Salah satu alasan umum untuk pembekuan akun Dana adalah karena kamu tidak verifikasi identitas atau mematuhi prosedur verifikasi yang ditetapkan.

Oleh sebab itu, kamu harus menyertakan dokumen tambahan atau informasi untuk mengkonfirmasi identitas sebelum pihak Dana membuka kembali akun yang dibekukan.

Hubungi Bantuan Dana

Menghubungi customer service (CS) DANA menjadi cara paling efektif untuk mengembalikan akun DANA yang dibekukan permanen. Caranya yaitu dengan membuat pengajuan Banding Pemulihan Akun.

Fyi, layanan pemulihan akun Dana yang dibekukan dapat kamu kirimkan selama 24 jam dengan menghubungi CS DANA melalui Telepon 1500 445, via WhatsApp di 081911500445 atau email help@dana.id.

Nantinya pihak Dana akan memberitahu penyebab kenapa Dana kamu dibekukan serta syarat yang harus kamu penuhi agar akun Dana kamu bisa diaktifkan kembali.

Syarat Mengembalikan Akun Dana Yang Dibekukan

Mengatasi akun yang telah dibekukan oleh pihak Dana memang tidak mudah, kamu harus memenuhi beberapa syarat berikut ini :

  • Nama asli terdaftar di Dana.
  • Kartu Identitas asli (KTP/SIM/PASPOR).
  • Nomor aktif sesuai di Dana.
  • Email yang terdaftar di Dana.
  • Perkiraan Saldo yang dimiliki.
  • Informasi Transaksi Terakhir.

Selain, kamu perlu melampirkan bukti – bukti pendukung agar akun Dana dapat dikembalikan / dipulihkan dari pembekuan akun.

Cara Membuka Dana Yang Dibekukan

Secara umum ada dua cara untuk membuka akun Dana yang dibekukan yaitu dengan login kembali setelah beberapa saat untuk akun Dana yang dibekukan sementara atau mengajukan banding pemulihan akun untuk akun Dana yang dibekukan permanen.

Penyebab Dana Dibekukan Solusi
✅ Salah PIN 3 kali berturut – turut ⭐ Reset PIN Dana
✅ Dana dibekukan sementara ⚡ Login kembali setelah 1 jam
✅ Akun dibatasi karena aktivitas mencurigakan ⭐ Hubungi CS Dana
✅ Akun Dana dibekukan permanen ⚡ Ajukan banding pemulihan akun

Berikut langkah – langkah membuka akun Dana yang dibekukan :

Login Kembali Setelah 1 Jam

Cara membuka Dana yang dibekukan sementara dengan notifikasi “akun Dana Anda diblokir sementara, coba lagi untuk login satu jam kemudian” yaitu dengan login kembali 1 jam kemudian setelah pembatasan dicabut

Peringatan akun Dana dibekukan dibekukan 1 jam muncul karena kamu salah memasukkan PIN dana sebanyak 3 kali berturut-turut. Selain cara tersebut kamu juga bisa mengatasinya dengan menghubungi customer service Dana agar pembekuan akun dicabut.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Login Dana

Setelah 1 jam menunggu maka bisa mencoba untuk melakukan login kembali dengan memasukan PIN Dana yang benar.

Jika kamu lupa dengan PIN Dana, lebih baik gunakan opsi lupa password, karena jika mencoba lagi dan gagal maka harus menunggu kembali. Kamu bisa mengingat ingat kembali PIN Dana sebelum mencoba login kembali.

Hubungi Customer Service Dana

Satu – satunya cara mengembalikan akun Dana yang dibekukan permanen yaitu dengan pengajuan Banding Pemulihan Akun melalui email, telepon atau sosial media Dana dengan melampirkan bukti – bukti akun tidak melakukan pelanggaran atau aktivitas mencurigakan.

Kamu dapat meminta pengajuan pengaktifan akun yang dibekukan dengan menghubungi CS Dana lewat :

  • Email : Help@DANA.id
  • Telepon : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Sosial Media : DANA Indonesia

Setelah terhubung dengan CS Dana, sampaikan rincian kronologi mengenai pembekuan akun Dana dengan melampirkan bukti – bukti pendukung yang valid.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Hubungi CS Dana Lewat WA

Nantinya tim Dana akan melakukan peninjauan akun Dana yang dibekukan berdasarkan keterangan dan bukti – bukti pendukung yang telah kamu lampirkan sebelumnya.

Cara Membuka Akun Dana Yang Dibekukan
Konfirmasi Data Pendukung Pemulihan Dana

Biasanya feedback mengenai pemulihan akun akan dikirimkan lewat email yang kamu gunakan saat registrasi akun Dana.

Cara Mengatasi Akun Dana Dibekukan Orang Lain

Jika akun Dana dibekukan orang lain tanpa izin maka kamu harus menghubungi layanan pelanggan Dana (CS Dana) secepat mungkin. Selanjutnya laporkan masalah akun Dana dibekukan oleh pihak lain lalu jelaskan situasinya dengan rinci.

Jika kamu masih memiliki akses ke akun Dana (meskipun terbatas), segera ganti kata sandi akun untuk mengamankan akses akun sehingga bisa mencegah pihak yang tidak sah untuk tetap mengakses akun kamu.

Jika kamu memiliki bukti bahwa akun Dana kamu disusupi atau dicuri oleh orang lain dengan tujuan penipuan atau aktivitas ilegal lainnya maka kamu dapat melaporkan kejadian ini kepada pihak berwenang setempat atau polisi.

Mereka dapat membantu menyelidiki masalah ini dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap pelaku. Selama proses pemulihan, pantau aktivitas di akun kamu lalu tidak ada transaksi yang mencurigakan.

Cara Mengatasi Akun Dana Dibekukan Di Lazada

Jika akun Dana dibekukan di Lazada, kamu dapat mengambil langkah – langkah berikut ini untuk mengatasinya :

  • Hubungi Layanan Pelanggan Lazada – Langkah pertama adalah menghubungi tim Layanan Pelanggan Lazada. Sampaikan masalah pembekuan akun Dana secara rinci dan minta bantuan dalam memecahkan masalah tersebut.
  • Verifikasi Identitas – Ikuti petunjuk yang diberikan oleh tim Layanan Pelanggan dan berikan informasi dan dokumen yang diminta dengan benar.
  • Ikuti Prosedur Yang Ditentukan – Pastikan kamu memahami dan mengikuti prosedur yang melibatkan pengisian formulir, pengiriman dokumen atau memberikan penjelasan tambahan terkait akun Dana kamu.

Berapa Lama Akun Dana Dibekukan?

Karena pembekuan akun Dana terdiri atas pembatasan sementara dan permanen maka lamanya Dana dibekukan juga tergantung jenis notifikasi pembatasan yang muncul pada akun.

Berapa lama Dana dibekukan dibedakan atas :

  • Akun Dana dibekukan sementara – Biasanya lama pembatasan hanya 1 jam mulai dari munculnya notifikasi pembekuan akun.
  • Akun Dana dibekukan permanen – Biasanya bervariasi antara 15 – 30 hari. Tidak sedikit pula akun Dana yang dibekukan selamanya karena pengguna tidak melakukan verifikasi ke CS Dana.

Cara Menghindari Akun Dana Dibekukan

Sangat penting bagi kamu untuk bisa menghindari pembatasan akun Dana dengan beberapa tips berikut ini :

Jangan Memalsukan Data Akun Dana

Untuk menghindari Dana dibatasi, sebaiknya hindari penyalahgunaan akun baik peretasan, penggunaan informasi / data orang lain atau pemalsuan data diri saat registrasi akun.

Selalu pastikan keaslian data yang kamu isi karena akan digunakan untuk verifikasi identitas. Ingat, selalu jaga kerahasiaan data akun baik data login maupun data transaksi di aplikasi Dana.

Hindari Transaksi Mencurigakan

Saat menggunakan aplikasi Dana, penting untuk menghindari segala tindakan berupa transaksi mencurigakan seperti mengirim saldo dalam jumlah besar secara terus menerus.

Tindakan transaksi yang melanggar aturan bukan hanya memberikan kerugian bagi pengguna Dana yang lain. Sebaiknya taati setiap peraturan yang diberikan untuk menghindari akun dibekukan.

Patuhi TOS Aplikasi Dana

Term Of Service (TOS) aplikasi Dana adalah dokumen yang berisi aturan penggunaan baik untuk tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada akun Dana.

Dengan membaca TOS Dana ini, kamu dapat menghindari pelanggaran pada akun yang dapat menyebabkan akun Dana diblokir atau dibekukan.

FaQ Seputar Pembatasan Akun Dana

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut pertanyaan dan jawaban seputar pemulihan akun Dana yang dibekukan yang wajib kamu tahu :

Apakah Akun Dana Yang Dibekukan Bisa Aktif Lagi?

Akun Dana yang dibekukan bisa aktif lagi dengan catatan akun terbukti tidak melakukan pelanggaran Panduan Komunitas (TOS) aplikasi Dana yang dibuktikan dengan data berupa informasi dan screenshot akun tidak melakukan pelanggaran yang valid.

Bagaimana Jika Nomor HP Atau Email Dana Hilang?

Jika nomor HP atau email sudah tidak aktif atau hilang maka proses pemulihan akun Dana akan semakin sulit. Hal ini dikarenakan CS Dana akan melakukan verifikasi kepemilikan akun lewat Nomor HP atau email.

Untuk verifikasi akun, kamu wajib memasukkan kode OTP Dana yang dikirimkan ke Nomor HP atau email yang didaftarkan pada saat registrasi akun Dana.

Bagaimana Jika KTP Belum Ada?

Cara membuka akun Dana yang dibekukan tanpa KTP dapat dilakukan dengan menggunakan identitas diri lain seperti :

  • Kartu pelajar / mahasiswa.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • Paspor.
  • Atau identitas lain yang mendukung.

Berapa Lama Menunggu Balasan CS Dana?

Setelah menghubungi CS Dana, maka kamu harus menunggu balasan terkait laporan akun Dana dibekukan yang telah kamu kirimkan dalam 2 – 3 hari kerja (tidak termasuk hari libur).

Apa Solusi Akun Dana Dibekukan Karena Penipuan?

Jika akun Dana dibekukan karena penipuan segera ambil tindakan dengan melaporkan tindakan penipuan dan menjaga semua bukti dan catatan transaksi yang terkait dengan dugaan penipuan tersebut.

Jika kamu yakin bahwa pembekuan akun akibat penipuan atau aktivitas yang tidak sah, segera laporkan kejadian tersebut kepada lembaga keuangan dan berikan bukti atau informasi yang relevan.

Selain itu, kamu juga dapat melaporkan penipuan tersebut kepada otoritas penegak hukum, seperti kepolisian atau badan regulasi yang berwenang.

Tips Mengaktifkan Akun Dana Yang Dibekukan

Cara mengaktifkan akun Dana dibekukan yaitu dengan menghubungi CS Dana lalu sampaikan permohonan pemulihan akun dengan melampirkan kronologi dan bukti / screenshot valid yang menjelaskan bahwa akun Dana tidak melanggar TOS.

Baca Juga : Akun Dana Tidak Aktif Terlalu Lama? Ini 11 Penyebab Dan Solusinya 

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua akun Dana yang dibekukan dapat kembali. Hal ini karena :

  • Akun Dana memang terbukti melanggar Panduan Komunitas.
  • Data akun tidak sesuai.
  • Pemalsuan informasi / bukti.
  • Akun Dana yang dibekukan tidak di laporkan dalam 30 hari.

Oleh karena itu jika akun Dana kamu dibekukan,  segera hubungi CS Dana agar akun kamu dapat kembali digunakan.

Selamat mencoba !

4.6/5 - (20 votes)
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.