Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

8 Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet Hingga 80% !

4 min read

Cara Jualan Shopee Live Streaming

Mahirtransaksi.com – Tahukah kamu jualan Live Streaming di Shopee sangat menguntungkan? Jika belum, saya yakin kamu harus mencoba cara live streaming di Shopee untuk meningkatkan omzet penjulan Toko-mu hingga 80%.

Jika kamu biasanya berjualan dengan metode Live Streaming di media sosial seperti Instagram atau Facebook, maka kamu perlu mencoba Shopee Live Streaming.

Cara Live Streaming Di Shopee

Shopee Live Streaming sebenarnya sama saja seperti jualan dengan metode Live (Siarang langsung) lainnya. Bedanya, di Shopee kamu dapat menjangkau lebih banyak pembeli untuk mengunjungi Toko-mu.

Jadi, apa sebenarnya Shopee Live Streaming itu? Bagaimana cara Live di Shopee? Pertanyaan – pertanyaan ini akan saya ulas secara lengkap. Pastikan kamu membaca ulasan ini sampai selesai ya.

Mengenal Shopee Live Streaming

Live Streaming merupakan fitur terbaru Shopee yang diluncurkan pada tanggal 07 Januari 2019. Sejak peluncuran fitur ini banyak testimoni pembeli dan penjual yang merasa diuntungkan karena penggunaan Shopee Live ini.

Live Streaming adalah kegiatan mendemonstrasikan produk secara langsung ke pembeli sehingga pembeli dapat melihat secara langsung produk yang di jual secara visual.

Uniknya, di Shopee kamu bisa berinteraksi langsung dengan pembeli tanpa harus keluar dari halaman Streaming. Selain itu, pembeli juga dapat menanyakan spesifikasi detail produk melalui kolom komentar yang tersedia.

Keuntungan Live Streaming Di Shopee

Sama seperti layanan Streaming di platform atau aplikasi sejenis lainnya, terdapat beragam keuntungan menggunakan layanan Live Streaming ini.

Khususnya di Shopee, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan sebagai berikut !

1. Gratis

Fitur Live Streaming Shopee bisa kamu aktifikan secara gratis. Artinya tidak ada biaya tambahan untuk berjualan secara Live di Shopee.

Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk biaya layanan Shopee yang satu ini. Tetapi untuk Live di aplikasi Shopee kamu memerlukan cukup Data sambungan internet untuk mendukung proses Live Streaming-mu.

2. Praktis

Pengguna Shopee yang ingin membeli produk pastinya ingin melihat produk secara visual. Tidak cukup hanya sekedar foto, video produk juga dapat meningkatkan tinggkat keinginan pengguna untuk membeli produk.

Dengan fitur Live Streaming ini, pembeli dapat melihat langsung bentuk dan spesifikasi produk. Selain itu pengguna juga dapat menanyakan spesifikasi produk lebih detail secara langsung kepada seller.

3. Meningkatkan Interaksi & Penjualan Shopee

Karena kemudahannya, Shopee Live dipilih sebagai alternatif belanja Shopee yang praktis dan aman. Tentunya berjualan secara Live di Shopee dapat meningkatkan branding Toko Shopee.

Lihat Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater [Terlengkap]

Selain itu, semakin banyak interaksi saat Live juga dapat meningkatkan jumlah followers Shopee. Peningkatan followers ini tentu akan sejalan dengan peningkatan penjualan serta kenaikan omset yanh signifikan untuk Toko-mu.

Membuat Metode Pemesanan Produk

Sebelum kamu memulai sesi Live, sebaiknya kamu membuat metode pemesanan yang tidak membingungkan pembeli. Biasanya ada tiga cara yang digunakan seller sebagai metode pemesanan yaitu List produk, Komentar Fix atau Memberikan Link tautan produk / Toko.

1. List Produk

Cara pertama ini adalah cara paling konvensional dalam menjual produk Shopee. Nantinya pembeli dapat memilih produk yang ingin di beli berdasarkan List produk yang kamu buat.

Caranya klik icon tas berwarna orange di sudut kanan bawah lalu tambahkan produk yang kamu inginkan. Cara ini yang paling mudah dan tidak membingungkan pembeli dalam memilih produk.

2. Komentar Fix

Metode pemesanan produk yang kedua yaitu dengan mencatat pengguna Shopee yang berkomentar Fix saat Live berlangsung. Kamu membutuhkan setidaknya satu orang untuk membantu menghubungi pembeli yang telah berkomentar fix untuk checkout produk.

Kapan sebaiknya memilih metode ini? Pilihlah cara ini jika produk yang kamu jelaskan saat Live tidak berurutan (acak) serta memiliki banyak varian. Misalnya pakaian atau peralatan rumah tangga.

3. Membuat Link Produk/Toko Shopee

Link tautan Toko Shopee akan memudahkan pembeli melihat produk yang tersedia tanpa harus meninggalkan sesi Live. Berikut langkah – langkah membuat Link Shopee :

Cara Live Streaming Di Shopee
Membuat Link Toko Shopee
  • Buka Aplikasi Shopee. Tap halaman Saya > Toko Saya.
  • Scroll ke menu paling bawah Lihat Toko Saya.
  • Kamu akan melihat Link Toko Shopee milikmu. Untuk membagikannya, klik Titik Tiga di sudut kanan atas. Pilih Share. Lalu klik Salin Link Tautan.
  • Selanjutnya tempelkan Link tersebut di bagian Deskripsi Live Streaming.

Kamu bisa memilih mekanisme pemesanan produk sesuai dengan keinginan-mu. Tapi ingat, jangan pernah mengarahkan transaksi di luar aplikasi Shopee. Kamu juga tidak dibenarkan memberikan Link selain link Shopee, Nomor telepon/Whatsapp, atau akses ke media sosial lainnya.

Tips : Selalu jelaskan mekanisme pemesanan produk di Deskripsi Live Streaming agar pembeli tidak kebingungan saat ingin membeli produk yang kamu tawarkan.

Cara Live Streaming Di Shopee

Sudah siap untuk jualan Live di Shopee? Tunggu dulu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki fitur Live Streaming karena fitur ini hanya tersedia untuk penjual terpilih saja.

Fitur ini terdapat di halam Saya Shopee. Untuk mendapatkan fitur Live Streaming Shopee ini, kamu wajib meningkatkan performa Toko-mu. Berikut cara jualan Live Streaming di Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya. Pilih Live Streaming.
8 Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet Hingga 80% !
Pilih Live Streaming
  • Tambahkan Judul dan Deskripsi yang menggambarkan Konten Live Streaming. Lalu Tambahkan foto cover Live Steaming kamu.
8 Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet Hingga 80% !
Tambah Judul dan Deskripsi
  • Tambahkan satu atau beberapa produk yang akan kamu bahas di Live Streaming.
Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet
Tambah Produk
  • Klik Mulai Live Streaming.  Klik Beritahu Pengikut untuk memberikan notifikasi Streaming ke followers Shopee-mu.
Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet
Klik Mulai Live Streaming
  • Klik Icon Shopee (Tas Orange) di sudut kanan bawah untuk menambah atau menghapus produk saat sesi Live sedang berlangsung. 
Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet
Klik Icon Tas
  • Untuk mengakhir Live Streaming, tekan tanda silang (X) di sudut kanan atas layar.
Cara Live Streaming Di Shopee Untuk Naikan Omzet
Klik Tanda Silang (X)

Tips : Jika ingin menambah atau mengurangi produk yang ingin di tampilkan dalam ses Live, klik Icon Tas Orange Shopee di bagian kiri bawah layar.

Memproses Orderan Saat Live Streaming Shopee

Langkah terakhir adalah memproses orderan Shopee. Jika kamu mempunya tim, maka kamu dapat memulai proses packing produk saat Live berlangsung. Tetapi jika tidak, kamu harus menunggu sampai sesi Live kamu rasa sudah cukup.

Untuk memproses orderan Shopee Live yang pertama adalah Packing Produk. Kemudian kirimkan Produk ke Jasa Pengiriman terakhir input Resi pengiriman. Agar lebih detail, kamu dapat membaca 7 cara jualan Shopee ini.

Fun Fact Live Streaming Shopee

Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mencoba fitur Live Streaming Shopee ini? Masih belum yakin? Nih saya kasih tau beberapa fakta menarik mengenai keuntungan Shopee Live Streaming ini !

  1. Fitur Live Streaming Shopee ditonton hingga 200 ribu pengguna Shopee perharinya. Semua pengguna Shopee (Pembeli dan penjual) dapat menonton Live Streaming.
  2. Jualan Live Streaming Shopee dapat meningkatkan penjualan hingga 3 kali lipat bahkan lebih dari penjualan semula.
  3. Dengan Live Streaming di Shopee, terdapat peningkatan jumlaj followers (Pengikut) sebanyak 15% per Live Streaming.

Bagaimana? Menarik bukan. Sekarang kamu dapat mencoba fitur Shopee ini untuk mendapatkan kentungan dan manfaat diatas. Semuanya gratis.

Kesimpulan

Tapi ingat ! Jika kamu merasa sesi Live Streaming Shopee kamu sudah cukup, jangan pernah mengakhiri sesi Live dengan menutup aplikasi/website.

Pastikan kamu menutup sesi dengan cara klik tombol close (X) di bagian sudut kanan atas layar.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Shopee PayLater [Ulasan Lengkap]

Konsekuensinya, penonton masih dapat melihat Live Streaming kamu dengan layar kosong. Ini tentu sangat merugikan untuk Toko-mu. Meskipun kamu kembali masuk ke aplikasi, kamu tidak dapat menutup sesi Streaming ini lagi.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Rp.0

Itulah ulasan 5 Cara Live Streaming di Shopee Omzet Penjualan Naik Hingga 80%. Tertarik untuk menggunakan Shopee Live Streaming? Saya sudah mencoba, dan hasilnya memuaskan. Coba sekarang dan rasakan beragam manfaat dan keuntungannya !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *