Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur

3 min read

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu memiliki kegiatan yang mengharuskan kamu tidak dapat meng-handle toko kamu di Shopee? Tentu fitur toko libur Shopee menjadi solusinya. Oleh karena itu, simak cara meliburkan toko di Shopee dengan mengaktifkan fitur toko libur berikut ini !

Fitur Toko Libur Shopee

Fitur toko libur adalah adalah salah satu fitur yang tersedia di Marketplace Shopee yang memungkinkan penjual menutup atau menonaktifkan toko sementara.

Dengan meliburkan toko Shopee, maka :

  • Seluruh produk akan ditampilkan secara normal. Namun, produk di toko kamu tidak dapat dicari oleh pengguna lain.
  • Pembeli tidak dapat membuat pesanan.
  • Kamu tetap harus menyelesaikan pesanan yang dibuat sebelum fitur Toko Libur diaktifkan.
  • Kamu tidak dapat mengubah informasi, menambahkan, mengarsipkan/menampilkan produk.

Mengapa Saya Perlu Meliburkan Toko?

Adakalanya toko yang kita kelola diliburkan untuk sementara waktu, mungkin karena aktivitas di dunia nyata yang menumpuk, sekolah atau kuliah, atau sedang bepergian ke luar negeri, umroh, sedang sakit dan sebagainya.

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur
Tampilan Toko Libur

Bagi kamu yang tidak punya asisten untuk menjalankan toko online tentu ini cukup menyulitkan. Cara untuk menutup toko sementara (tidak permanen) adalah dengan meliburkan toko sementara sampai kamu dapat meng-handle toko kamu lagi.

Keuntungan Meliburkan Toko Shopee

Dengan meliburkan toko tentunya toko dan produk yang dijual tidak akan akan bisa dipesan dan tidak dapat dapat ditemukan pada halaman pencarian Shopee. Termasuk semua fitur lainnya seperti Shopee Feed, Shopee Streaming. Jadi kamu bisa menikmati libur tanpa terganggu notifikasi Shopee.

Selain itu, dengan meliburkan toko sementara, maka toko akan terhindar dari penalti toko atau menurunnya performa toko akibat keterlambatan pengemasan dan pengiriman atau waktu membalas chat yang lama.

Ini akan sangat menguntungkan bagi seller khususnya penjual yang sudah tergabung dalam Program Star seperti Star Seller dan Star+ Shopee. Begitu pula dengan penjual yang sudah berstatus Shopee Mall tetap dapat mengaktifkan fitur toko libur di Shopee ini.

Kerugian Meliburkan Toko

Sepintas terlihat tidak ada masalah yang berarti namun perlu kamu ingat ketika toko diliburkan maka :

  • Omset toko jelas hilang.
  • Pelanggan yang biasa membeli produk ditoko kamu berpotensi berpindah ke penjual yang lain.
  • Beberapa produk yang sempat ter-index di halaman pencarian Google mungkin masih ditemukan, namun ketika dialihkan ke toko kamu maka produk tidak dapat dibeli sehingga menimbulkan kekecewaan.
  • Tidak bisa mengedit atau menampilkan produk.
  • Kehilangan potensi pelanggan baru. Misalnya kamu meliburkan toko pada hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, Imlek padahal momen tersebut sedang banyak pembeli.

Ketentuan Meliburkan Toko

Ketika fitur “Toko Libur” dinonaktifkan, tokomu bisa akan dapat kembali menerima pesanan dan produk akan muncul di halaman hasil pencarian. Kamu dapat mengaktifkan kembali fitur Toko Libur dalam 24 jam.

Jadi harap berhati-hati karena jika kamu tidak sengaja untuk mengaktifkan kembali toko perlu beberapa jam sebelum fitur ini bisa digunakan lagi.

Setelah toko diliburkan maka calon pembeli yang berkunjung akan melihat notifikasi di bawah profil yang menyatakan bahwa toko sedang libur seperti gambar dibawah ini :

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur
Tampilan Toko Libur Bagi Pembeli

Cara Mengaktifkan Fitur Toko Libur Di Shopee

Kamu dapat mengaktifkan fitur Toko libur melalui aplikasi maupun website Shopee. Pastikan kamu memahami keuntungan dan kelemahan meliburkan toko Shopee sebelum mengaktifkan fitur ini pada toko-mu. Berikut langkah – langkah mengaktifkan fitur toko libur via Website dan Apalikasi Shopee :

1. Via Browser Di Desktop

Berikut langkah mengaktifkan fitur toko shopee libur melalui website :

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur
Meliburkan Toko Shopee Via Website
  • Silahkan masuk ke halaman Seller Centre lalu klik Pengaturan Dasar.
  • Kemudian aktifkan Toko Libur di sebelah kanan Browser kamu.
  • Pada halaman konfirmasi, klik Lanjutkan.
  • Terakhir klik OK.

2. Via Aplikasi Shopee Di Ponsel

Berikut langkah – langkah meliburkan toko sementara di Shopee melalui aplikasi :

Cara Meliburkan Toko Di Shopee Dengan Fitur Toko Libur
Meliburkan Toko Shopee Via Aplikasi
  • Pertama pilih Menu Asisten Penjual.
  • Lalu klik Pengaturan Toko.
  • Aktifkan Fitur Toko Libur.
  • Pilih Aktifkan.

Saat fitur “Toko Libur” diaktifkan, pemberitahuan akan tampil di halaman toko. Produk kamu tetap ditampilkan secara normal namun pembeli tidak dapat melakukan order pesanan. Jangan lupa, pastikan semua pesanan sudah terselesaikan dan kamu tidak bisa mengubah informasi, menambahkan, mengarsipkan/menampilkan produk selama fitur tersebut diaktifkan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Termasuk Ongkos Kirim [100% Berhasil]

Lalu apa yang terjadi pada toko ketika fitur toko libur di non-aktifkan? Berikut beberapa hal yang terjadi ketika kamu menonaktifkan fitur Toko Libur di Shopee :

  • Calon pembeli dapat memesan produk kembali.
  • Produk yang dijual akan tampil kembali di halaman rekomendasi (jika ada).
  • Kamu kembali dapat mengedit, menambah, dan mengarsipkan produk.
  • Fitur Toko Libur akan dapat digunakan lagi setelah 24 jam kemudian.

Kesimpulan 

Berikut beberapa tips dalam meliburkan toko Shopee yang perlu kamu ketahui :

  • Sebelum mengaktifkan Toko Libur jangan lupa pastikan semua pesanan sudah terselesaikan karena selama fitur tersebut aktif, kamu tidak bisa mengubah informasi, menambahkan, mengarsipkan/menampilkan produk. Disarankan untuk mengaktifkan fitur ini 3 hari sebelum toko kamu libur sebagai persiapan memproses pesanan yang tertunda.
  • Untuk membantu kamu mengirimkan semua pesanan tepat waktu sebelum libur, urutkan pesanan dari yang paling lama ke yang paling baru. Ini akan membantu kamu dalam menetapkan prioritas pesanan dan berapa banyak pesanan yang harus dikirim setiap harinya.
  • Akan lebih baik jika kamu memberikan informasi kapan toko akan buka kembali sebelum diliburkan sehingga pembeli setia kamu tidak mencari penjual lain.
  • Fitur ini diperuntukkan untuk penggunaan sementara saja. Jangan digunakan terlalu sering karena akan berimbas kepada reputasi toko kamu.

Baca Juga : 10 Cara Mengaktifkan Fitur COD (Cash On Delivery) Untuk Penjual !

Sekian dulu ulasan lengkap cara meliburkan toko di Shopee yang dapat menjadi solusi dalam menjalani kegiatan liburan kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar fitur toko libur di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *