10 Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer : Rekening / Akun Lain

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo

Mahirtransaksi.com – Kamu mungkin pernah mengalami Dana gagal transfer karena alasan keamanan. Selain itu, apa saja penyebab Dana tidak bisa transfer saldo ke akun lain? Berikut ulasan lengkapnya !

Siapa yang tidak kenal dengan Dana? Salah satu dompet digital (e-wallet) yang yang paling popular di Indonesia dan sudah digunakan oleh 90 juta pengguna aktif.

Banyaknya pengguna Dana ini tentu karena terbukti memberikan kemudahan dalam transaksi online seperti transfer saldo.

Dengan Dana, kamu bahkan tidak perlu repot lagi menuju bank untuk melakukan transfer uang ke teman atau ke Rekening Bank.

Kenapa Dana Tidak Bisa Transfer Uang?

Saat ini, Dana menyediakan layanan gratis transfer saldo ke sesama pengguna Dana tanpa limit transfer.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan gratis transfer ke Rekening Bank sebanyak 10 kali jika sudah mengupgrade akun Dana menjadi premium account.

Namun, Sebagian pengguna mengalami transfer Dana gagal baik ke akun Dana lain maupun ke rekening bank.

Dana tidak bisa transfer uang disebabkan karena masalah teknis seperti limit pada akun Dana atau akun Dana dibekukan serta masalah nonteknis seperti kendala pada server atau aplikasi Dana yang error.

Berikut beberapa penyebab kenapa Dana tidak bisa transfer uang :

1. Transfer Dana Limit

Pihak pengirim dan penerima saldo Dana harus memahami bahwa ada limit mengirim serta menerima transfer dari akun lain.

Limit transfer Dana basic adalah Rp2.000.000 rupiah sedangkan untuk limit transfer Dana premium adalah Rp10.000.000 rupiah / bulan.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Akun Dana Limit

Ketentuan mengenai limit akun Dana lengkap dapat kamu lihat Disini.

Limit transfer atau terima saldo di akun Dana yang sudah tercapai akan menyebabkan Dana tidak bisa transfer sehingga transfer saldo akan berstatus pending selama 1 jam.

Setelah 1 jam, saldo Dana yang di transfer akan di kembalikan ke akun Dana (refund) sehingga kamu dapat mengirim saldo Dana ke akun Dana lain yang belum mencapai limit saldo.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Koneksi internet yang bermasalah seperti koneksi hilang tiba – tiba, data habis atau sumber internet mati merupakan penyebab kenapa Dana tidak bisa transfer ke ShopeePay.

Dana tidak bisa transfer karena koneksi bermasalah biasanya ditandai dengan notifikasi “jaringan bermasalah, silahkan coba beberapa saat lagi”.

3. Aplikasi Dana Error

Salah satu penyebab kenapa Dana tidak bisa transfer ke Bank BRI yaitu karena aplikasi Dana sedang error atau mengalami gangguan.

Dana error biasanya disebabkan karena adanya maintenance dan update server oleh developer Dana.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Aplikasi Dana Error

Jika kamu melakukan transfer saldo saat server maintenance, maka otomatis status transfer akan pending atau gagal.

Informasi mengenai jadwal pembaharuan server serta Dana gangguan hari ini akan diberitahukan oleh pihak Dana melalui sosial media seperti instagram, facebook dan twitter.

4. Transfer Saat Jam Sibuk

Dana memiliki banyak sekali pengguna yang rutin melakukan transaksi. Tidak dapat dipungkiri jika ada banyak transaksi berjalan secara bersamaan.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Sistem Dana Sibuk

Transfer saldo pada jam – jam sibuk dapat mengakibatkan Dana tidak bisa melakukan transfer saldo ke akun lain dengan notifikasi “sistem sedang sibuk”. Perlu diketahui untuk jam sibuk di aplikasi Dana biasanya terjadi antara pukul 11.00 – 13.00 tepatnya saat makan siang.

5. Akun Dana Penerima Dibekukan

Mencoba melakukan transfer tetapi masih terus tidak bisa, permasalahan ini bisa disebabkan karena akun Dana penerima sedang dibekukan.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Dana Dibekukan

Akun Dana dibekukan akan menyebabkan seluruh transaksi di akun tersebut tidak dapat dilakukan untuk sementara waktu termasuk menerima transfer saldo.

Oleh sebab itu, transfer saldo ke akun Dana bermasalah akan menyebabkan status transfer saldo Dana ditolak.

6. Transaksi Tidak Valid

Transaksi tidak valid seperti mengirim saldo dengan jumlah besar, kirim saldo ke banyak akun secara bersamaan, atau transfer ke rekening yang salah dapat menyebabkan Dana tidak bisa transfer karena alasan keamanan.

Baca Juga : 10 Cara Top Up Dana Pakai Pulsa Tanpa Aplikasi [100% Work]

Tidak disarankan untuk melakukan transaksi hingga lebih dari Rp3 Juta rupiah dalam satu transfer. Jika kamu ingin transfer Rp5 Juta maka sebaiknya bagi transaksi menjadi 2 kali.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer

Jika penyebab Dana gagal transfer saldo sudah kamu temukan, selanjutnya ikuti langkah – langkah mengatasi Dana tidak bisa transfer berikut ini :

1. Upgrade Akun Dana

Jika Dana tidak bisa transfer karena sudah limit, kamu dapat mengatasinya dengan melakukan upgrade akun Dana menjadi Dana premium / Dana bisnis.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Upgrade Akun Dana Premium

Dengan meningkatkan status keanggotaan Dana, semakin banyak pula benefit yang akan kamu dapatkan khususnya dalam limit transfer saldo ke akun lain maupun ke Rekening Bank.

2. Re-Open Aplikasi Dana

Jika kamu tidak bisa melakukan transfer saldo ke pengguna yang lain bisa disebabkan karena Dana error, sebaiknya re-open aplikasi Dana dengan cara :

  • Jika aplikasi Dana sedang terbuka, segera tutup aplikasi tersebut.
  • Hapus aplikasi dari daftar Recent Apps.
  • Selanjutnya buka kembali aplikasi Dana.
  • Coba transfer saldo untuk memastikan aplikasi Dana sudah dapat digunakan kembali.

Selain itu, kamu juga dapat me-refresh akun Dana untuk mengatasi bug yang dapat menyebabkan akun Dana tidak bisa transfer dengan cara :

  • Buka aplikasi Dana.
  • Refresh tampilan dengan menarik layar dari atas ke bawah sampai muncul tampilan refresh.
  • Lakukan terus menerus sampai Dana pulih kembali.
  • Terakhir, coba lakukan transfer saldo ke akun lain.

3. Cek Koneksi Internet

Jika Dana tidak bisa transfer karena delay kemudian gagal, segera cek kecepatan koneksi internet yang kamu gunakan. Kamu bisa cek koneksi internet menggunakan :

Tools Speed Internet

Ada banyak pilihan test speed internet yang kamugunakan seperti fast.com atau website speedtest connection lainnya.

Cek Sinyal Bar

Lihat bar sinyal di bagian atas ponsel. Meskipun 4G tetapi bar sinyal sedikit, hal tersebut juga menyebabkan koneksi internet lambat.

Jika ternyata koneksi internet kamu lambat, segera tingkatkan kualitas internet kamu dengan cara :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Ganti Koneksi Internet
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

4. Pastikan Nomor Akun Dana / Rekening Benar

Transfer Dana gagal karena nomor Dana penerima atau rekening yang di input tidak valid dapat diatasi dengan memastikan kembali nomor Dana / Rekening benar.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Transfer Gagal Karena Bank Bermasalah

Caranya dengan melakukan cross check nomor penerima serta Rekening Bank agar tidak terjadi kesalahan transfer saldo Dana.

5. Transfer Pada Jam Layanan Umum

Sangat disarankan agar kamu menggunakan layanan pada jam umum meskipun Dana bekerja 24 jam. Kamu bisa bertransaksi pada jam 04.00 – 10.00 serta 13.00 – 22.00 agar transfer saldo Dana lancar.

Baca Juga : Akun Dana Tidak Aktif Terlalu Lama? Ini 8 Penyebab Dan Solusinya !

Tidak menutup kemungkinan pada jam tersebut juga terjadi maintenance. Namun sampai saat ini jarang terjadi maintenance server pada jam tersebut.

Kesimpulan

Cara mengatasi Dana tidak bisa transfer antara lain memastikan nomor Dana penerima atau Rekening Bank valid, cek koneksi internet serta mengupgrade akun Dana agar tidak limit transfer.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Nomor Akun Dana Tidak Ditemukan : Transfer & Top Up

Beberapa cara mengatasi Dana tidak bisa transfer saldo ke akun lain di atas sudah terbukti berhasil. Jika transfer Dana tetap gagal, maka kamu bisa menghubungi langsung Customer Service Dana melalui :

  • Email : Help@Dana.id
  • Telp : 1500 445
  • Whatsapp : 08191 1500 445
  • Sosial Media : DANA Indonesia

Selamat mencoba !

4.9/5 - (17 votes)
x