Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 13 Cara Mengganti Nomor HP Shopee : Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif

4 min read

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 

Mahirtransaksi.com – Mengganti nomor HP Shopee memang dapat dilakukan dengan mudah. Tapi ada beberapa tahapan dan syarat yang kamu harus lakukan. Penasaran? Berikut saya akan mengulas cara mengganti Nomor HP Shopee lewat aplikasi dalam keadaan Login dan Logout Aplikasi.

Apakah kamu masih ingat apa saja syarat mendaftar akun baru di aplikasi Shopee? Yap, salah satunya nomor HP. Nomor HP di aplikasi Shopee sebenarnya bisa kamu ubah. Tapi bagaimana jika nomor HP tersebut sudah hilang, tidak aktif lagi atau bahkan kamu lupa nomor HP Shopee tersebut?

Pasti pusing kan? Tapi tenang. Kali ini kita akan membahas masalah tersebut sampai tuntas. Sebelum mengetahui cara mengganti nomor HP di akun Shopee yang lupa atau sudah tidak aktif, kamu perlu mengetahui fungsi nomor HP di akun Shopee.

Fungsi Nomor HP Di Akun Shopee

Jadi buat kamu yang sering berpikir untuk apa sih sebenarnya kamu mengaitkan nomor HP-mu ke aplikasi Shopee. Berikut 3 fungsi utama nomor HP di aplikasi Shopee :

1. Mengamankan Akun Shopee

Fungsi utama kamu wajib mengaitkan nomor HP kamu di aplikasi Shopee yaitu untuk keamanan akun kamu. Jadi, setiap kamu atau orang lain yang mencoba masuk ke akun Shopee-mu ingin mengganti password atau PIN Shopee/ShopeePay akan di minta memasukan kode OTP. Nah kode OTP ini akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di aplikasi Shopee kamu.

Kode OTP Shopee ini adalah 4 digit angka yang dapat kamu cek di bagian SMS HP kamu. Jika OTP yang kamu masukan salah maka tindakan penggantian Password/PIN akan ditolak oleh Shopee.

2. Komunikasi Seller & Buyer

Fungsi nomor HP Shopee yang kedua yaitu untuk memudahkan komunikasi antara seller dan buyer. Misalnya, kamu sebagai buyer yang ingin membeli barang di aplikasi Shopee.

Baca Juga : 5 Cara Isi Saldo ShopeePay Pakai OVO, Dana, GoPay, Jenius & LinkAja

Sebelum perintah checkout belanjaan kamu, kamu wajib memasukan alamat dan nomor HP kamu. Sebenarnya nomor HP ini bisa kamu ubah, tetapi jika kamu lupa mengubahnya maka otomatis nomor HP otomatis menyesuaikan dengan nomor HP kamu yang terdaftar di aplikasi Shopee.

Cara Melihat Nomor HP Di Shopee

Setelah kamu tahu fungsi utama nomor HP di Shopee, pasti kamu sudah menyadari bahwa nomor HP di akun Shopee itu sangatlah penting. Nah sekarang, coba kamu cek nomor HP yang terdaftar di akun Shopee-mu. Berikut cara melihat nomor HP Telepon di Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya di pojok kanan bawah.
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Tap Halaman Saya
  • Klik Icon “Gerigi” atau Pengaturan di sudut kanan atas.
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Pengaturan
  • Pilih Profil Saya. Di bagian ini kamu akan melihat data akun Shopee-mu termasuk nomor HP yang terdaftar di akun Shopee-mu. 
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Pilih Profil Saya

Sayangnya, kamu hanya dapat melihat 2 digit angka terakhir nomor HP-mu.

Sayangnya, kamu hanya dapat melihat 2 digit angka terakhir nomor HP-mu.
Nomor HP di Akun Shopee

Jika Nomor HP akun Shopee hilang atau lupa. Coba kamu ingat nomor HP yang pernah kamu gunakan sebelumnya berdasarkan dua digit angka terakhir di profil Shopee tersebut.

Kamu bisa mencarinya di daftar kontak/catatan atau kamu mungkin pernah menyimpannya di email kamu.

Nah saya ingat ! Jangan senang dulu, jika kamu sudah yakin mengingatnya, kamu juga harus memastikan nomor Handphone tersebut masih dapat digunakan (Masih aktif). Jika jawabannya masih, maka skip langkah dibawah ini.

Sayang sekali, Nomor HP Shopee saya telah hilang atau sudah tidak aktif ! Jangan bersedih. Kamu masih tetap bisa mengganti nomor HP di akun Shopee kamu.

Cara Mengganti Nomor HP Shopee Dalam Keadaan Login

Untuk mengganti nomor Telepon di akun Shopee, kamu membutuhkan password akun Shopee. Selain itu, jika kamu sudah memasukan Rekening Bank di aplikasi Shopee kamu, maka kamu diwajibkan menginput Nomor Rekening ketika kamu mengganti nomor HP di aplikasi Shopee.

Berikut cara mengganti nomor HP di akun Shopee dalam keadaan login aplikasi Shopee :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Cara Mangganti Nomor HP Shopee
  • Buka Aplikasi Shopee > Tap Halaman Saya > Pilih Pengaturan Akun > Profil Saya (Cara Melihat nomor HP di Shopee).
  • Selanjutnya tap pada bagian Nomor Handphone > Pilih Ubah.
  • Masukan Password Shopee kamu lalu Klik Lanjut.
  • Masukan nomor HP Shopee yang baru. Pastikan nomor HP dalam keadaan aktif. Lalu klik Lanjut.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Masukan Kode OTP yang dikirim ke nomor HP kamu yang baru. Lalu klik Verifikasi.
  • Selesai.

Setelah nomor Telepon Shopee kamu berhasil di ubah, kamu akan otomatis Logout dari aplikasi Shopee. Selanjutnya kamu tinggal Login kembali ke akun Shopee-mu menggunakan nomor HP yang baru kamu daftarkan.

Selain itu, kamu dapat melihat SMS pemberitahuan dari Shopee ke nomor HP yang baru saja kamu daftarkan terkain penggantian nomor HP Shopee kamu seperti ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Penggantian Nomor HP Shopee Berhasil

Tips : Kamu hanya bisa menggunakan nomor HP baru yang tidak terkait dengan aplikasi Shopee karena 1 nomor HP hanya bisa digunakan untuk 1 akun Shopee.

Cara Mengganti Nomor HP Shopee Dalam Keadaan Logout

Lalu bagaimana jika nomor HP Shopee kamu sudah hilang atau nonaktif dan akun kamu dalam keadaan Logout dari aplikasi Shopee? Nah makin bingung kan, tapi jangan panik dulu.

Kamu masih tetap bisa mengganti nomor HP Shopee kamu. Tetapi kamu membutuhkan dokumen pendukung yaitu KTP/SIM/Kartu Keluarga untuk memulihkan nomor HP Shopee kamu. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya, lalu pilih Login.
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Login
  • Tap “Lupa?” di kanan password.
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Tap “Lupa” Password
  • Di bagian ganti password ini, klik “Ganti Nomor Handphone?”
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Ganti Nomor Handphone
  • Kamu akan di arahkan ke halaman pengisian data Shopee seperti Nama, Username Shopee, Nomor Handphone Lama dan Nomor Handphone Baru. Isi semua data dengan benar lalu Tap Lanjut (Panah Orange). Unggah Foto Identitas seperti KTP/SIM/Kartu Keluarga beserta foto Selfie dengan KTP/SIM/Kartu Keluarga. Lalu klik Kirim.
Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Isi Data & Unggah Foto
  • Selesai. Tunggu data kamu diproses oleh pihak Shopee kurang lebih 1 x 24 jam kerja.

Cek email yang kamu daftarkan di Shopee secara berkala. Jika berhasil di verifikasi, kamu akan menerima email dari Shopee yang menganjurkan kamu untuk menunggu nomor HP kamu di ubah kurang lebih 3 x 24 jam kerja (kecuali hari sabtu & minggu). Email yang akan kamu terima kurang lebih seperti ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Email Balasan Shopee

Jika nomor HP kamu telah berhasil diubah, kamu akan menerima email Shopee seperti ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Email Penggantian Nomor Shopee Berhasil

Dan selamat, kamu telah berhasil mengganti nomor HP Shopee kamu.

Tips : Selama masa peninjauan/verifikasi data dilakukan oleh Shopee. Jangan pernah membuka akun Shopee kamu, jika kamu tidak ingin aku kamu di nonaktifkan/diblokir.

Cara Mengganti Nomor HP Shopee Yang Sudah Tidak Aktif

Setelah melakukan dua cara utama diatas nomor Shopee kamu belum terganti, maka kamu harus mencoba cara  mengganti nomor Telepon Shopee yang sudah tidak aktif melalui Pusat Bantuan Shopee.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Koin Shopee Hingga 50.000 Koin

Kamu bisa memanfaatkan fitur Pusat Bantuan Shopee. Caranya masuk ke aplikasi Shopee > Tap halaman Saya > Pilih Pusat Bantuan.

Dibagian Pusat Bantuan kamu dapat memilih 3 alternatif yaitu dengan Chat Costumer Service Shopee, Kirim Keluhan Via Email dan Menggunakan Panggilan Telepon.

Kesimpulan

Jika nomor telepon Shopee kamu sudah berhasil di ubah, selanjutnya apa? Yang terpenting kamu harus memastikan nomor telepon kamu tetap update. Jika sewaktu – waktu kamu ingin mengganti nomor HP, kamu harus update juga nomor HP akun Shopee kamu.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay : Lupa PIN, Diblokir & Dinonaktifkan [99% Berhasil]

Lalu bagaimana jika tidak bisa ganti nomor HP Shopee?

Jika masalah ini muncul, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

  • Pastikan nomor HP yang kamu gunakan benar. Jika tidak maka kode OTP tidak akan masuk ke nomor HP yang kamu daftarkan.
  • Pastikan kamu menggunakan nomor HP yang sama sekali belum pernah di daftarkan ke akun Shopee lain karena nomor telepon Shopee tersebut sudah digunakan.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot [99% Berhasil]

Nah sekian dulu ulasan cara mengganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang atau Tidak Aktif. Semoga cara ini dapat membantu kamu mengganti nomor telepon Shopee-mu. Jika kamu punya kendala lain, jangan lupa untuk bertanya dikolom komentar.

Selamat mencoba.

Note : Artikel ini telah diperbaharui tanggal 07 / 06 / 2021 untuk memastikan apakah cara mengubah nomor HP di Shopee diatas masih Worth It digunakan tahun 2021.

5/5 - (15 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

14 Replies to “√ 13 Cara Mengganti Nomor HP Shopee : Lupa,…”

  1. mohon bantuan min.akun saya dibatasi .saya tidak bisa login.sedangkan no hpterdftar sya lupa.saldo penjul saya lumayan didalamnya.apa solusinya min?

      1. Mohon bantuannya minta saya tidak bsa melanjutkn data pergantian no HP Shopee… Kendala pada no baru.. Pdhal itu no baru belum terdaftar pada shopee

  2. Mohon bantuan mint
    Sudah isi data dan klik tombol panah orange kanan tp kok lama ya untuk ke bagian unggah identitas

  3. Min gimana ya HP saya ilang sama no HP nya mau login lagi gimna cara nya ya di akun saya ada spaylater blm di bayar gimana mau login ya no HP ya ilang sama HP nya solusi min

    1. Kamu bisa mengunjungi Layanan Pemulihan Kartu SIM sesuai provider kamu ya kak. Jika No. HP sudah aktif kembali, coba fitur Lupa Password dengan mengirimkan kode OTP ke Nomor HP yang terdaftar di akun Shopee.

  4. Saya sudah melakukan cara di atas min, tapi tidak diterima oleh cs shoope karena data tidak sama dengan ektp, padahal ada pinjaman shoppe pay Blatter utk di bayar beberapa bulan ke depan karena mengkritik kulkas di Shopee, hp ke restart sedangkan no hp tdk aktif gimana min

  5. Kenapa saya ga bisa log in ya kak? Pdhl sudah jelas username dan password nya.akun profil jg terlihat d bagian pojok kiri aplksk.jawabannya hanya maaf kami tidak bisa memverifikasi akun kamu begitu trus

  6. min…tolong saya,pengembaian dana saya atas pembatalan pemesanan saya yang dilakukan shopee akibat kegagalan penjual mengatur pengiriman pada waktunya atau penjual tidak aktif selama satu minggu. bisakah jika
    saya mau pengembaliannya ke rekening bank saat saya transfer,?. tanpa
    harus mendaftarkan no.rekeningku?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *