Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Daftar ShopeePay Gagal Terus? Ini 12 Solusinya [99% Berhasil]

4 min read

Daftar ShopeePay Gagal Terus

Mahirtransaksi.com – Daftar ShopeePay gagal terus karena masalah verifikasi dapat diatasi dengan menggunakan Identitas yang valid. Berikut cara mengatasi verifikasi ShopeePay gagal terus yang wajib kamu coba !

Bagi akun Shopee baru, tentunya kamu perlu melakukan verifikasi agar dapat menggunakan ShopeePay.

Tapi dari sekian banyak pengguna baru, ada saja yang gagal dalam mendaftarkan ShopeePay. Tentunya kamu harus tahu penyebab dan solusi kenapa daftar ShopeePay selalu gagal.

Apa Itu ShopeePay?

ShopeePay merupakan dompet digital atau e-wallet resmi yang dimiliki oleh Marketplace Shopee sebagai metode pembayaran yang bisa digunakan untuk berbelanja di aplikasi Shopee.

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengaktifkan ShopeePay sebagai metode pembayaran di Shopee.

Hampir kebanyakan voucher promo Shopee ada ketika kamu menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran saat belanja di Shopee.

Penyebab Daftar ShopeePay Gagal Terus

Berbeda dengan Shopee Paylater yang hanya diperuntukan bagi pengguna yang beruntung saja, ShopeePay dapat digunakan oleh semua akun Shopee.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu mendaftar fitur ShopeePaya agar dapat digunakan.

Namun, tidak sedikit pula akun Shopee yang gagal dalam verifikasi saat mengaktifkan fitur ShopeePay.

Berikut beberapa penyebab kenapa daftar ShopeePay gagal terus :

1. Foto KTP Tidak Valid

Ketika kamu ingin mendaftar ShopeePay, kamu perlu mengunggah foto KTP / KITAS dan foto diri sendiri bersamaan dengan kartu identitas sesuai dengan panduan yang telah diberikan oleh Shopee.

Daftar ShopeePay Gagal Terus
Foto KTP Tidak Valid

Apabila foto tersebut dianggap kurang sesuai dengan panduan, maka akan menyebabkan verifikasi wajah Shopee gagal dan kamu harus mengunggah kembali foto yang sesuai dengan ketentuan.

2. Data Diri Tidak Sesuai

Salah satu tahap mendaftar ShopeePay adalah dengan melengkapi data diri di kolom yang sudah ditentukan dan isi sesuai dengan KTP.

Data diri tersebut meliputi nama lengkap, NIK, Kewarganegaraan, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat lengkap.

Ketidaksesuaian data diri yang di isi di form dengan data diri yang terdapat di kartu identitas dapat menyebabkan daftar ShopeePay gagal terus.

3. Email ShopeePay Tidak Valid

Proses aktivasi ShopeePay juga memerlukan alamat email yang valid karena digunakan untuk verifikasi akun.

Alamat email yang telah diverifikasi nantinya digunakan untuk transaksi belanja melalui ShopeePay.

Apabila kamu memasukkan alamat email yang tidak valid, maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi email verifikasi ShopeePay sehingga menyebabkan verifikasi ShopeePay plus gagal.

4. Nomor HP Shopee Tidak Aktif

Selain alamat email yang harus valid, Nomor Telepon juga harus valid dan aktif karena diperlukan untuk verifikasi One Time Password (OTP).

Nomor HP yang tidak aktif atau tidak valid dapat menyebabkan pendaftaran ShopeePay gagal karena kode verifikasi OTP Shopee tidak masuk ke SMS.

5. KTP Sudah Digunakan

Perlu diketahui bahwa hanya satu KTP saja yang bisa digunakan untuk mendaftar ShopeePay. Jadi kamu tidak bisa menggunakan KTP yang sama untuk mendaftar akun ShopeePay yang lain.

Daftar ShopeePay Gagal Terus
KTP Shopee Sudah Digunakan

Oleh sebab itu, KTP tidak valid karena sudah digunakan oleh ShopeePay orang lain dapat menyebabkan verifikasi KTP ShopeePay gagal terus.

6. Server Shopee Down

Sebagai peningkatan layanan, ShopeePay biasanya melakukan pembaharuan sistem atau perbaikan sistem yang mengalami bug atau error.

Hal ini dilakukan secara berkala sebagai upaya agar layanan ShopeePay dapat digunakan dengan baik dan mudah tanpa ada bug ketika melakukan transaksi.

Daftar ShopeePay Gagal Terus
Server Shopee Down

Pendaftaran ShopeePay gagal sementara pada dasarnya disebabkan karena server Shopee sedang mengalami kendala pembaharuan / perbaikan sistem.

7. Koneksi Internet Terganggu

Koneksi internet terganggu juga dapat menyebabkan gagal saat daftar ShopeePay. Kendala pada koneksi internet ini biasanya terjadi karena :

  • Paket Data internet habis.
  • Wifi / Hotspot Portable tidak memiliki akses internet.
  • Koneksi internet lemot.
  • Bar sinyal pada ponsel hilang tiba – tiba.
  • Masalah pada Provider data internet yang sedang kamu gunakan.

Cara Daftar ShopeePay Plus Agar Berhasil

Beberapa cara dibawah ini terbukti dapat mengatasi kendala daftar ShopeePay gagal terus di akun Shopee kamu. Berikut langkah – langkah daftar ShopeePay Plus agar berhasil di ACC :

1. Unggah Foto Identitas Yang Valid

Pastikan foto yang diunggah jelas, lurus, tidak blur dan tidak miring. Pastikan pula foto KTP / KITAS dan foto wajah serta beserta kartu identitas terlihat jelas secara menyeluruh agar dapat diverifikasi dengan mudah.

Daftar ShopeePay Gagal Terus
Panduan Unggah Foto Identitas

Dilansir dari website help.Shopee.co.id, berikut panduan mengunggah foto untuk verifikasi ShopeePay :

  • Pastikan pas foto dan data diri di KTP/KITAS kamu terlihat jelas (tidak buram/gelap, rusak, tertutup jari/pantulan cahaya, dan tidak menggunakan frame foto).
  • Pastikan KTP/KITAS kamu masih dalam masa berlaku.
  • Pastikan KTP/KITAS kamu tidak diubah secara fisik, seperti pas foto yang ditempel atau tulisan tangan.
  • Pastikan KTP/KITAS yang kamu gunakan merupakan milik sendiri dan difoto secara langsung dari kamera handphone (bukan fotokopi, scan, atau diambil dari layar handphone lain).

Sedangkan untuk foto diri beserta KTP, berikut ketentuannya :

  • Pastikan foto wajah & KTP/KITAS kamu terlihat secara menyeluruh dan jelas (tidak buram/gelap, rusak, tertutup jari/pantulan cahaya, dan tidak menggunakan frame foto).
  • Pastikan KTP/KITAS yang digunakan sama dengan yang kamu upload.
  • Pastikan foto diri beserta KTP/KITAS kamu difoto secara langsung dari kamera handphone (bukan dari layar handphone lain.

2. Gunakan Email Aktif

Alamat email diperlukan untuk verifikasi data diri ketika mendaftar ShopeePay, maka pastikan bahwa alamat email yang dimasukkan adalah valid dan dapat diakses agar daftar ShopeePay berhasil.

Baca Juga : 9 Solusi ShopeePay Tidak Bisa Digunakan [99% Berhasil]

Alamat email yang dimasukkan tersebut nantinya akan menerima notifikasi yang digunakan untuk memverifikasi akun ShopeePay yang kamu daftar.

3. Pastikan Nomor HP Aktif

Selain alamat email, Nomor HP yang dimasukkan untuk mengaktifkan ShopeePay juga harus aktif dan valid. Hal ini bertujuan agar kode verifikasi (OTP) Shopee masuk untuk aktivasi ShopeePay.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke ShopeePay Rate Tinggi Tanpa Aplikasi

Selain digunakan untuk verifikasi, Nomor HP yang kamu input juga akan digunakan sebagai nomor untuk top up saldo ShopeePay.

4. Gunakan 1 KTP Untuk 1 ShopeePay

Menggunakan 1 identitas untuk 2 akun Shopee tentunya melanggar TOS Shopee. Oleh sebab itu, menggunakan 1 data untuk beberapa akun Shopee dapat menyebabkan pendaftaran ShopeePay gagal.

Kamu dapat membaca alasannya Disini.

Apabila kamu ingin mendaftar dua akun ShopeePay, maka gunakanlah kartu identitas lain selain KTP agar proses pendaftaran dapat berhasil dilakukan.

5. Cek Koneksi Internet

Untuk menghindari pendaftaran ShopeePay ditolak, pastikan koneksi internet yang sedang kamu gunakan stabil agar verifikasi data diri dan mengunggah foto identitas ShopeePay lancar.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk cek koneksi internet :

  • Cek Lewat Tools – Gunakan tools website speedtest atau fast.com untuk melihat kecepatan koneksi internet secara real-time.
Daftar ShopeePay Gagal Terus
Cek Kecepatan Internet
  • Cek Bar Sinyal – Lihat bar sinyal provider dibagian atas ponsel.

Jika ternyata koneksi internet kamu buruk, segera tingkatkan agar pendaftaran ShopeePay berhasil diverifikasi dengan cara :

  • Ganti Data Internet – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
Daftar ShopeePay Gagal Terus
Ganti Opsi Data Internet
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

Kesimpulan

Cara mengatasi daftar ShopeePay gagal terus di Shopee yaitu dengan memastikan data diri, kontak serta foto identitas yang kamu unggah telah sesuai dengan ketentuan agar verifikasi ShopeePay berhasil.

Baca Juga : 10 Cara Transfer ShopeePay Tanpa Verifikasi KTP

Jika permasalahan tersebut masih belum teratasi, kamu bisa menghubungi Customer Service Shopee melalui :

  • Telepon : 08001500702
  • Live Chat Shopee melalui Menu tab Saya > pilih Chat dengan Shopee > pilih Chat with Live Agent.
  • Sosial Media : ShopeeID

Selamat mencoba !

4.9/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.