Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee [Ulasan Lengkap]

4 min read

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee

Mahirtransaksi.com – Di Shopee, terdapat biaya tambahan yang dibebankan kepada seller yang disebut biaya layanan dan biaya administransi. Kamu pasti merasa bingung apasih perbedaan kedua jenis biaya ini. Oleh karena itu, kamu wajib membaca ulasan lengkap perbedaan biaya admin dan biaya layanan Shopee berikut ini.

Dalam perjalanan bisnisnya Marketplace Shopee selalu memberikan kemudahan bagi kita dalam hal pembelian dan penjualan barang, memberikan diskon-diskon menarik, hadiah, voucher dan program gratis ongkir.

Tidak banyak yang menyadari bahwa dibalik terciptanya sebuah Marketplace ada banyak tangan-tangan kreatif dan pintar yang dapat mendesain tampilan antarmuka aplikasi yang indah, modern, cepat dan responsif, sehingga menyuguhkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee

Sebelum memahami kedua perbedaan biaya tambahan Shopee untuk penjual ini. Terlebih dahulu kamu harus mengetahui apasih biaya admin dan biaya layanan di Shopee.

  • Biaya Admin Shopee – Adalah biaya yang dibebankan ke Penjual Shopee Mall sejak 1 Januari 2019, Star Seller sejak 12 April 2019, dan Star+ sejak 19 Oktober 2020 untuk setiap transaksi yang berhasil. 
  • Biaya Layanan Shopee – Adalah biaya yang dibebankan oleh Shopee terhadap seller yang terdaftar dalam program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA.

Tentu adanya kedua biaya ini bukan tanpa alasan. Secara umum, biaya ini dikenakan kepada seller karena telah menikmati fasilitas Marketplace Shopee serta seluruh fitur – fitur di dalamnya secara gratis.

1. Biaya Administrasi Shopee

Menggaji para programmer, menyewa gudang, kantor dan banyak server tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu sudah sepantasnyalah Shopee sebagai Marketplace dengan jumlah pengguna terbanyak nomor satu di Indonesia menarik biaya admin kepada para pelanggannya untuk menunjang keberlanjutan bisnis.

Perhitungan Biaya Admin Di Shopee

Di Shopee, biaya admin adalah biaya yang dipotongkan kepada seller atas penjualan yang dilakukan. Besarnya variatif dengan kategori perhitungan dibedakan antara Star Seller dan Non Star Seller dan Shopee Mall. Saat artikel ini ditulis, Shopee menerapkan perhitungan Biaya Admin per dengan rincian sebagai berikut :

Biaya Admin Non Star Seller

Ketika seorang penjual telah berhasil menjual sebanyak 100 unit produk, maka produk yang terjual selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar 0,5% dari harga penjualan setelah dipotong diskon atau voucher diskon. Ilustrasi perhitungannya seperti berikut ini :

Biaya Admin = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 0.5%

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee
Biaya Admin Non – Star Seller

Catatan :

  • Biaya admin Non-Star dan Shopee Mall tidak dikenakan ke ongkir dan diskon produk dan/atau voucher diskon ditanggung Penjual.
  • Biaya admin Non-Star belum termasuk biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA dan/atau Cashback XTRA.
  • Shopee berhak sewaktu-waktu mengubah, menambah, atau memodifikasi Syarat & Ketentuan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Tidak ada maksimal biaya admin per kuantitas produk.

Biaya Admin Star Dan Star+ Seller

Sedangkan biaya admin untuk penjual yang memiliki badge Star Seller adalah sebesar 1.5% dari setiap transaksi penjualan. Ilustrasinya perhitungannya sebagai berikut

Biaya Admin Final Penjual Star/Star+ = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1.5% Biaya Admin.

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee
Biaya Admin Star Dan Star+

Catatan :

  • Biaya admin tidak akan dikenakan ke ongkir, diskon produk dan/atau voucher diskon dari Penjual Star/Star+. Biaya ini dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke Saldo Penjual.

Biaya Admin Shopee Mall

Biaya administrasi untuk seller berstatus Shopee Mall adalah ditetapkan per tanggal 19 Agustus 2019 adalah sebesar 1%, 3%, atau 5% dari total harga produk.

Besar % biaya admin final berbeda sesuai dengan sub-kategori produk. Total harga produk adalah harga asli produk dikurangi total diskon dan/atau voucher diskon dari Penjual Shopee Mall.

Berikut ilustrasi perhitungan biaya Admin Shopee Mall :

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee
Biaya Admin Shopee Mall

Catatan :

  • Biaya admin tidak akan dikenakan ke ongkir, diskon produk, dan/atau voucher diskon dari Penjual Shopee Mall. Biaya ini dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke Saldo Penjual.

2. Biaya Layanan Shopee

Sepintas jika kamu perhatikan ada 2 jenis biaya, yaitu biaya admin dan biaya layanan, ini berbeda. Biaya Layanan Shopee adalah biaya yang dibebankan oleh Shopee terhadap seller yang terdaftar dalam program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA. Jadi hanya penjual yang terdaftar saja yang dikenakan potongan ini.

Mengenal Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA

Program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA adalah program yang membantu meningkatkan penjualan secara signifikan bagi para penjual

Program Cashback XTRA

Program Cashback XTRA adalah program yang memberikan kesempatan bagi penjual untuk menawarkan Voucher Cashback yang Lebih besar kepada Pembelinya dibandingkan penjual biasa.

Program Gratis Ongkir XTRA

Program Gratis Ongkir XTRA adalah program yang memberikan kesempatan bagi penjual untuk menawarkan min. pembelian Gratis Ongkir yang LEBIH BAIK kepada Pembelinya dibandingkan Penjual Gratis Ongkir biasa.

Jadi sebelum mendaftar pada 2 program ini kamu harus mempertimbangkan masak-masak karena dengan mengikuti ini berarti kamu setuju akan dikenakan Biaya Layanan.

Berapa Biaya Layanan Mengikuti Program Ini?

Perhitungan biaya ini dihitung dari nilai perkalian antara penjualan bersih setelah dipotong ongkir dan voucher.

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee
Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA Dan Cashback XTRA

Contoh :

Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Shopee
Perhitungan Biaya Layanan Cashback Dan Gratis Ongkir XTRA

Ketentuan :

  • Maks. biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA = Rp10.000 per kuantitas produk.
  • Biaya layanan tidak akan dibebankan pada ongkos kirim, diskon produk dan/atau voucher diskon yang ditanggung Penjual.
  • Penjual dapat mengecek biaya layanan pada halaman rincian pesanan & penghasilan, baik melalui aplikasi atau Seller Centre
  • Biaya ini akan dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee setelah pesanan selesai.

Frequently Asked Question (FaQ)

Untuk melengkapi ulasan diatas berikut saya lampirkan beberapa pertanyaan dan jawaban seputar biaya layanan dan biaya admin di Shopee :

1. Bagaimana cara menghilangkan biaya admin di Shopee?

Untuk menghilangkan biaya administrasi shopee saat ini tidak bisa dilakukan. Biaya admin ini hanya akan dikenakan bila penjual telah berhasil menyelesaikan 100 pesanan pertama. Dengan adanya biaya admin ini, maka mitra shopee akan mendapatkan keuntungan eksklusif :

  • Akses 2 fitur eksklusif :
    • Menu Panduan Penjualan di Fitur Bisnis Saya untuk mendapatkan data penjualan yang lebih lengkap. 
    • Fitur Sub-Akun untuk pembagian kerja bagi toko dengan lebih dari 1 admin yang lebih mudah.
  • Diskon 15% biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA.

2. Bagaimana cara menghilangkan biaya layanan Shopee?

Biaya layanan Shopee hanya akan dikenakan bagi penjual yang telah bergabung dalam program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA. Itu artinya, penjual harus menonaktifkan layanan program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA agar tidak dikenakan biaya layanan di Shopee.

Baca Juga : Tidak Bisa Input Resi Di Shopee? Ini Solusinya [99% Berhasil]

Untuk berhenti program  Gratis Ongkir XTRA klik Disini. Untuk berhenti Cashback XTRA klik Disini. Pastikan kamu telah Log In menggunakan akun Toko saat mengisi formulir berhenti layanan Shopee ini.

3. Apakah metode pembayaran Cash On Delivery (COD) tetap dikenakan biaya admin dan layanan Shopee?

Biaya admin dan Layanan Shopee dikenakan kepada seluruh penjual dengan ketentuan diatas termasuk untuk metode pembayaran Cash On Delivery (COD). Jika penjual tidak tergabung dalam program apapun, tetap akan dikenakan biaya admin + Layanan sebesar 0,5% dari total pesanan dengan catatan telah menyelesaikan 100 pesanan.

Kesimpulan

Pada dasarnya adanya biaya layanan dan biaya adminisasi di Shopee merupakan salah satu bentuk Feedback yang diberikan penjual agar dapat menikmati beragam keuntungan berjualan di Marketplace Shopee. Selain itu, adanya biaya tambahan ini sebenarnya tidak merugikan penjual sama sekali. Mengapa? Karena penjual sendiri telah di fasilitasi wadah berjualan secara gratis yang dapat menjangkau seluruh Indonesia.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan !

Lalu bagaimana agar jualan di Marketplace tidak rugi karena beragam potongan tersebut? Kembali kepada seller agar dapat menentukan margin keuntungan dari setiap produk yang dijual. Sekian dulu ulasan lengkap perbedaan biaya admin dan biaya layanan di Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Shopee, segera tannyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Happy Selling !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *