Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee (Ulasan Lengkap)

4 min read

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee

Mahirtransaksi.com – Star Seller dan Star+ Shopee merupakan contoh apresiasi marketplace Shopee kepada seller dengan pelayanan terbaik. Lalu apasih perbedaan star seller dan star plus Shopee? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

Program star+ sudah diluncurkan Shopee akhir – akhir ini sebagai bagian dari program star. Star+ Shopee sebenarnya tidak berbeda jauh dengan star seller yang sudah lama menjadi andalan seller untuk meraih kepercayaan pembeli.

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee

Program Star merupakan keuntungan ekslusif kepada penjual yang dipilih secara langsung oleh Shopee sebagai bentuk apresiasi atas pelayanan terbaik kepada pembeli. Program star Shopee saat ini terbagi atas Star Seller dan Star Plus (Star+).

Berbegai spekulasi muncul mengenai alasan dibalik rilisnya program star+ plus Shopee. Tetapi alasan yang sering diungkapkan oleh seller yaitu karena banyaknya penjual dengan tag “Star Seller”. Oleh karena itu, banyak yang menganggap bahwa star+ Shopee ini merupakan salah satu terobosan sekaligus peningkatan keuntungan dari program star seller.

Tetapi, tidak ada alasan resmi dari Shopee mengapa program star plus Shopee ini diluncurkan. Berkaca dari hal tersebut, maka kamu perlu mengetahui defenisi dari masing – masing program star ini :

  • Star Seller – (Sebelumnya dikenal dengan Penjual Terpilih Shopee) merupakan penjual terpilih yang dapat menikmati berbagai keuntungan dari Shopee karena telah memberikan pelayanan terbaik. Keuntungan, syarat dan cara menjadi star seller Shopee hanya dalam waktu 4 bulan dapat kamu baca Disini.
  • Star Plus (Star+) – Program terbaru Shopee yang merupakan tingkatan dari program star seller. Keuntungan, syarat dan cara menjadi Star Plus Shopee dapat kamu baca lebih lengkap Disini.

Setelah tahu arti dari masing – masing program star Shopee tersebut, maka kamu juga wajib tahu perbedaan kedua jenis star seller yang telah saya rangkum berdasarkan beberapa faktor dibawah ini :

  • Kriteria – Syarat / Kriteria star plus Shopee sedikit lebih sulit dibandingkan star seller.
  • Keuntungan – Terdapat lebih banyak keuntungan menjadi star plus dibandingkan star seller Shopee.
  • Tampilan – Pada tampilan, terdapat perbedaan Logo Star Seller dan Star plus seller di foto profil toko dan Foto produk.
  • Biaya Admin – Biaya admin untuk Toko dengan Star Plus lebih murah dibandingkan toko dengan tag star seller.
  • Proses – Untuk menjadi pengguna star plus, maka status toko harus star seller terlebih dahulu.

Oleh karena itu, simak perbedaan antara star seller dan star plus shopee berdasarkan 5 kategori diatas !

1. Kriteria Star Seller Dan Star Plus

Star Seller dan Star Plus Seller memiliki sedikit perbedaan syarat dan ketentuan sebelum dipilih oleh Shopee. Berikut syarat dan ketentuan masing – masing program star Shopee :

Kriteria Star Seller Shopee :

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee
Kriteria Star Seller Shopee
  • Telah memiliki KTP yang terdaftar dan disetujui oleh Shopee.
  • Toko memiliki persentase chat dibalas >= 80%.
  • Toko memiliki penilaian >= 4.5.
  • Toko memiliki persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maks. dalam 5 hari.
  • Toko memiliki minimal jumlah transaksi berhasil sebanyak 100 pesanan pada bulan sebelumnya.
  • Toko melayani >= 25 Pembeli berbeda pada bulan sebelumnya.
  • Toko tidak memiliki poin penalti.
  • Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi.

Kriteria Star+ Shopee :

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee
Kriteria Star+ Shopee. Sumber : Seller.shopee.co.id
  • Persentase chat dibalas sebesar 90 persen atau lebih.
  • Penilaian toko yang dikelola 4,8 atau lebih dari 4,8.
  • Kriteria keterlambatan pengiriman dan tingkat pesanan tidak terselesaikan adalah kurang dari 5 persen, sedangkan masa pengemasan kurang dari 2 hari.
  • Jumlah poin penalti minimal yang dimiliki harus 3 atau kurang dari 3.
  • Persentase produk pre-order dalam 30 hari terakhir 20 atau kurang dari 20 selama maksimal 5 hari.
  • Jumlah pesanan dalam jangka waktu 30 hari terakhir 30 pesanan atau lebih dari 30, untuk mempertahankan status star seller 15 pesanan atau lebih dari 15 pesanan.
  • Nilai pesanan dalam waktu 30 hari terakhir adalah Rp 50 juta atau lebih.
  • Jumlah pembeli unik dalam waktu 30 hari terakhir 9 atau lebih.
  • Durasi penjual sudah memenuhi kriteria sebagai Start+ adalah 12 minggu atau lebih setelah menjadi star seller Shopee.

2. Keuntungan Star Seller Dan Star Plus

Dari segi keuntungan, terdapat 2 perbedaan keuntungan antara star seller dan star plus Shopee. Perbedaan tersebut yaitu :

  • Penjual Start+ akan mendapatkan bonus daldo iklan 5% ketika isi saldo iklan sedangkan penjual Star hanya mendapatkan 3% bonus saldo Top Up Iklanku maksimal 50 ribu.
  • Penjual Start+ dapat menggunakan fitur Broadcast 1 kali dalam seminggu untuk mengirimkan pesan sebanyak 2 kali dari jumlah follower toko. Sedangkan star seller dapat mengirimkan 1 kali broadcast hanya sejumlah followers toko.

Sedangkan untuk keuntungan lainnya seperti gratis ongkir, filter pencarian dan tag star, biaya layanan gratis ongkir Xtra, maksimal produk yang dapat diupload serta Voucher cashback khusus memiliki skor yang sama antara star+ dan star seller sesuai gambar dibawah ini :

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee
Perbedaan Keuntungan Star Seller Dan Star+

3. Tampilan Star Seller Dan Star Plus

Walaupun star+ dan star seller terdapat dalam satu program yang sama, namun dari segi tampilan, kedua program star Shopee ini memiliki logo yang berbeda.

Toko dengan Star Plus (Star+) seller memiliki tag / badge khusus star+ yang terdapat di foto profil serta di seluruh produk toko. Sedangkan star seller masih menggunakan logo / badge yang muncul di foto profil dan seluruh produk yang ditampilkan. Untuk mengetahui perbedaannya, kamu dapat melihat foto produk dan toko berikut ini :

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee
Perbedaan Tampilan Star Seller Dan Star+ Shopee

4. Peringkat Pencarian

Mitra Shopee yang sudah masuk ke dalam program star+ akan lebih diprioritaskan Shopee untuk muncul dalam daftar pencarian produk teratas dibandingkan produk dengan tag star seller.

Ini merupakan keuntungan eksklusif yang bisa didapatkan khsusu untuk star plus Shopee. Misalnya produk masker memiliki tiga kategori : Penjual biasa, star seller dan star+, maka produk masker dengan tag star+ akan muncul di pencarian teratas sebagai bentuk rekomendasi toko oleh Shopee kepada pembeli.

Perbedaan Star Seller Dan Star Plus Shopee
Star+ Shopee dalam daftar pencarian teratas

Artinya, dalam daftar pencarian toko dengan badge star+ akan lebih diprioritaskan daripada toko dengan badge star seller.

5. Proses Menjadi Star Seller Dan Star Plus

Perbedaan antara star+ dan star seller Shopee yang terakhir adalah tahapannya. Untuk menjadi star seller, maka penjual harus memenuhi semua kriteria star seller. Sedangkan untuk mencapai star+ seller, maka penjual merupakan toko yang telah mengikuti program star seller terlebih dahulu.

Itu artinya setiap penjual yang ingin menjadikan tokonya star+, maka wajib melewati tahapan star seller terlebih dahulu. Jika performa toko terus meningkat serta telah memenuhi semua kriteria star plus, maka toko dapat dipilih langsung menjadi toko star+ Shopee.

Baca Juga : 10 Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90% !

Sedangkan dalam proses pengajuannya, star seller dan star+ memiliki sistem yang sama. Penjual tidak dapat mengajukan toko menjadi star plus atau star seller, toko yang sudah memenuhi kriteria akan diundang langsung oleh Shopee untuk mengikuti program ini.

Notifikasi undangan akan dikirimkan via Chat, Whatsapp atau email yang terkait ke data akun toko. Jika kamu telah mendapatkan undangan program star, maka otomatis toko sudah bisa menikmati keuntungan masing – masing Program Star.

Akhir Kata

Sebenarnya terdapat perbedan keuntungan lebih lainnya yang diperoleh  toko star+ seperti :

  • Koin Shopee yang diperoleh oleh pembeli dari toko star+ lebih banyak dari toko berlabel star seller.
  • Minimal pembelanjaan untuk mendapatkan voucher gratis ongkir atau cashback di toko star+ lebih sedikit dibandingkan toko berlabel star seller.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Perbulan !

Sedangkan persamaan yang paling umum antara star seller dan star plus Shopee antara lain :

  • Terdapat filter pencarian untuk menampilkan produk berlabel star+ atau star seller Shopee.
  • Minimal belanja gratis ongkir yang lebih rendah dibandingkan toko tanpa badge star sama sekali.
  • Biaya layanan gratis ongkir Xtra yang lebih rendah dibandingkan toko tanpa badge star sama sekali.
  • Biaya layanan yakni total harga produk diskon / voucher cashback x 1,5% untuk masing – masing program star.
  • Maksimal produk yang dapat di upload oleh masing – masing toko dengan label star seller dan star+ adalah 10.000 produk.
  • Kedua toko yang mengikuti program star akan mendapatkan voucher cashback khusus.

Memilih salah satu dari kedua program star tentu memberikan keuntungan bagi penjual untuk menaikan omzet penjualan. Perlu kamu ketahui bahwa Label / badge yang terdapat pada foto profil maupun produk dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap pelayanan toko.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp. 99 [99% Berhasil]

Sekian dulu ulasan 5 perbedaan star seller dan star plus Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait program star Shopee segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *