Saldo OVO Tidak Masuk? √ Ini 9 Penyebab Dan Solusinya !

Saldo OVO Tidak Masuk

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab saldo OVO tidak masuk saat Top Up maupun transfer saldo yaitu karena server OVO sedang gangguan akibat adanya pembaharuan atau perbaikan pada aplikasi.

Saat ini OVO telah digunakan di 115 juta perangkat aktif di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu aplikasi pembayaran yang paling sering digunakan saat ini.

Dengan banyaknya pengguna OVO saat ini membuat transaksi di aplikasi akan sering terjadi baik ke sesama OVO maupun ke Dompet Digital lain seperti Dana, GoPay atau ShopeePay.

Dari sekian banyak transaksi, tidak sedikit transaksi terkedala karena saldo tidak masuk saat Top Up maupun transfer saldo.

Penyebab Saldo OVO Tidak Masuk

Gangguan yang terjadi pada proses pengisian atau pengiriman saldo OVO dapat bersumber dari aplikasi, perangkat smartphone, bahkan dari komponen di luar sistem.

Berikut beberapa penyebab saldo OVO tidak masuk :

1. Salah Input Kode Pembayaran

OVO mendukung berbagai pilihan Top Up dan transfer saldo. Masing – masing opsi tersebut memiliki kode pembayaran yang berbeda. Kode yang tertukar dapat membuat saldo OVO terpotong tapi tidak masuk.

Saldo OVO Tidak Masuk
Salah Input Kode Bank

Misalnya transfer saldo ke Dompet Digital lain tidak masuk karena salah memasukkan kode pembayaran Bank misalnya Bank CIMB Niaga (8099) atau Bank Permata (84).

2. Saldo OVO Telah Limit

OVO membatasi jumlah transaksi hingga Rp20.000.000,- per bulan untuk setiap akun yang sudah di upgrade menjadi OVO Premier.

Saldo OVO Tidak Masuk
OVO Limit Bulanan

Nah, salah satu penyebab transfer saldo OVO tidak masuk yaitu karena akun OVO telah mencapai limit maksimum terima atau kirim saldo bulanan.

Kondisi ini dapat terjadi pada akun OVO yang mengirim saldo maupun yang menerima saldo. Kamu perlu memastikan sisa limit akun OVO sebelum melakukan Top Up atau transfer saldo.

3. Salah Input Norek Atau VA

OVO juga memiliki berbagai alternatif Virtual Account (VA) selain nomor rekening saat akan mengirim saldo ke Bank. Setiap bank yang bekerjasama memiliki nomor VA OVO berbeda.

Saldo OVO tidak masuk ke rekening disebabkan pengguna salah memasukkan Nomor Rekening atau kode Virtual Account Bank penerima sehingga saldo terkirim ke akun lain.

4. Gangguan Server OVO

Saldo OVO tidak masuk ke aplikasi Grab juga terjadi karena adanya gangguan pada server karena sedang terjadi pembaharuan atau perbaikan pada layanan aplikasi OVO.

Saldo OVO Tidak Masuk
OVO Sedang Maintenance

Layanan OVO sangat bergantung pada performa server pusatnya. Apabila terjadi gangguan server, maka proses Top Up maupun transfer saldo akan kemungkinan akan terganggu.

Kamu juga bisa mengetahui informasi OVO sedang gangguan lewat media sosial resmi milik OVO seperti Twitter, Instagram atau website resmi OVO Indonesia.

5. Belum Update Aplikasi

Pada umumnya beberapa versi aplikasi lawas tidak akan berfungsi normal jika terlalu lama tidak mendapatkan pembaruan (update).

Saldo OVO Tidak Masuk
Transfer Saldo Error

Jika saldo OVO belum masuk saat Top Up maupun transfer saldo telah sukses mungkin versi aplikasi kamu belum di update sehingga beberapa fitur aplikasi tidak berfungsi normal.

6. Gangguan Bank Penerima Saldo

Selain indikasi kendala di aplikasi OVO, ternyata penyebab saldo OVO tidak masuk ke Rekening Bank juga kerap terjadi karena Bank tujuan sedang mengalami gangguan.

Begitu pun dengan layanan penerima saldo lainnya seperti Top Up saldo OVO di Grab, Tokopedia maupun transfer saldo ke sesama Dompet Digital lainnya.

7. Koneksi Internet Terputus

Saldo OVO tidak masuk setelah Top Up walaupun aplikasi sedang tidak mengalami gangguan kemungkinan disebabkan karena koneksi internet di ponsel kamu terputus tiba – tiba.

Saldo OVO Tidak Masuk
OVO Koneksi Terganggu

Koneksi internet terganggu biasanya terjadi karena :

  • Paket Data telah memasuki limit FUP (Fair Usage Policy).
  • Paket Data habis.
  • Wifi terputus.
  • Koneksi Wifi terganggu.
  • Listrik padam sehingga koneksi internet hilang.

8. Aplikasi OVO Error

Cache dan data aplikasi yang menumpuk dapat menyebabkan aplikasi OVO error atau crash saat Top Up dan transfer saldo yang mengakibatkan saldo tidak terkirim.

Hal tersebut umumnya terjadi pada smartphone yang memiliki sisa ruang penyimpanan terbatas.

9. Kendala Lain

Terdapat berbagai kemungkinan lain yang menjadi penyebab saldo OVO tidak masuk.

Untuk memastikan penyebab lain yang informasinya masih terbatas, kamu bisa menghubungi call center OVO di 1 500 696 atau media sosial resminya di Instagram @OVO_id.

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis Lewat Atau Tanpa Aplikasi

Setelah terhubung, sampaikan kendala yang kamu alami agar tim OVO dapat melakukan investigasi terkait penyebab kendala yang sedang kami alami.

Berapa Lama Saldo OVO Masuk?

Ada dua penyebab utama kenapa saldo OVO tidak masuk saat Top Up atau transfer saldo yaitu kesalahan pengguna dan kesalahan aplikasi.

Jika saldo belum masuk karena kesalahan aplikasi misalnya gangguan server maka saldo akan tetap masuk walapun akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada transaksi pada umumnya.

Saldo OVO Tidak Masuk
Saldo OVO Pending

Namun jika saldo tidak masuk karena kesalahan pengguna misalnya salah memasukkan Norek / VA maka saldo tetap tidak akan masuk ke rekening penerima.

Jadi dapat disimpulkan berapa lama saldo OVO masuk tergantung dari jenis penyebabnya namun saldo tetap masuk jika kendala bersumber dari aplikasi.

Penutup

Salah satu cara mengatasi saldo OVO tidak masuk adalah dengan memastikan nomor rekening Bank atau Virtual Account yang kamu input di bagian riwayat Top Up atau transfer saldo.

Baca Juga : 10 Cara Login OVO Tanpa Verifikasi Link SMS / Kode OTP

Selain itu, kamu juga dapat mengatasi saldo OVO tidak masuk dengan cara :

  • Update aplikasi OVO.
  • Hapus data dan chache berkala agar aplikasi tidak error.
  • Cek koneksi internet.
  • Cek gangguan pada server aplikasi OVO.
  • Pastikan nomor rekening serta kode VA benar sebelum Top Up atau transfer saldo.

Fyi, saldo OVO yang tidak masuk ke penerima karena salah transfer tidak dapat dikembalikan kecuali penerima mengirimkan saldo kembali.

Baca Juga : 10 Cara Mengaktifkan OVO Yang Terblokir Sementara / Permanen

Oleh sebab itu, saat Top Up dan transfer saldo, pastikan kamu melakukan pengecekan ulang rekening penerima untuk menghindari kesalahan transfer saldo.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
x