Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 10 Penyebab & Solusinya !

4 min read

Akulaku Tidak Bisa Cicilan & Solusinya

Mahirtransaksi.com – Akulaku tidak bisa cicilan disebabkan oleh beberapa faktor seperti data belum lengkap, cicilan atau tagihan Akulaku belum lunas, Skor Kredit rendah hingga akun Akulaku bermasalah. Yuk, kenali penyebab & solusi Akulaku tidak bisa dipakai untuk kredit berikut ini !

Kenapa Akulaku tidak bisa cicilan barang? Pertanyaan ini sering muncul bagi pengguna Akulaku ketika limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan untuk pinjaman maupun belanja di aplikasi Akulaku.

Sebelumnya, kamu harus mengetahui cara kerja Akulaku dalam menilai profil peminjam. Pihak Akulaku akan mempelajari data – data pengguna untuk menentukan apakah pengguna layak untuk menggunakan fasilitas kredit atau tidak.

Hasil penilaian ini ditampilkan dalam bentuk Skor Kredit akun Akulaku. Inilah acuan yang harus kamu gunakan untuk melihat seberapa besar jumlah kredit yang bisa kamu ambil di Akulaku.

Selain itu, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak mempunyai riwayat kredit bermasalah. Lebih jelasnya, mari kita bahas secara detail dibawah ini.

Penyebab Akulaku Tidak Bisa Cicilan

Berkaitan dengan cicilan Akulaku yang tidak bisa dipakai, penyebabnya bisa dari Skor Kredit maupun faktor lain. Berikut penyebab Akulaku tidak bisa dipakai cicilan :

1. Data Akun Belum Lengkap

Untuk memutuskan seberapa besar kredit yang bisa kamu terima, Akulaku menggunakan data pribadi yang kamu masukkan saat pendaftaran.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan & Solusinya
Profil Akulaku Tidak Lengkap

Kalau pengajuanmu ditolak, mungkin saja ada kolom yang belum kamu isi atau informasinya kurang lengkap. Coba periksa lagi data – datamu di menu Profil akun Akulaku, perbaiki dan lengkapi, lalu ajukan verifikasi ulang.

2. Skor Kredit Akulaku Di Bawah 700

Untuk memanfaatkan fasilitas kredit di Akulaku, Skor Kreditmu harus mencapai minimal 700 poin. Salah satu penyebab Akulaku tidak bisa dipakai cicilan adalah Skor Kredit yang terlalu rendah. Coba periksa berapa Skor Kreditmu di aplikasi Akulaku Finance.

Cara melihat Skor Kredit Akulaku yaitu dengan membuka aplikasi Akulaku lalu buka menu Keuangan / Credit. Dibagian credit klik Lihat Tagihan. Dibagian bawah halaman tagihan kamu akan melihat total Skor Kredit akun Akulaku kamu.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan & Solusinya
Skor Kredit Akulaku Rendah

Jika Skor Kredit Akulaku dibawah 700 maka otomatis kredit Akulaku tidak bisa dipakai untuk mengajukan pinjaman atau melakukan pembelian barang dengan metode pembayaran cicilan / kredit.

3. Membeli Barang Di Atas Limit Kredit

Selain Skor Kredit, kamu juga punya limit kredit yang tidak boleh dilampaui. Limit kredit adalah batas kredit maksimum yang bisa kamu ambil di Akulaku yang berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.500.000 rupiah.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan
Limit Kredit Akulaku

Salah satu penyebab Akulaku tidak bisa cicilan barang yaitu membeli barang secara kredit yang harganya melebihi limit Akulaku yang tersedia. Limit kredit juga bisa kamu cek di aplikasi Akulaku Finance.

4. Tunggakan Cicilan Akulaku

Akulaku tidak akan menyetujui pengajuan kredit baru kalau kamu masih punya cicilan jatuh tempo yang belum dibayar. Coba ingat – ingat lagi apakah cicilanmu bulan ini sudah lunas.

Kamu bisa cek tunggakan cicilan yang belum lunas dibagian Keungan / Credit di aplikasi Akulaku. Selalu bayar cicilan tepat waktu karena keterlambatan bisa menurunkan Skor Kreditmu secara signifikan.

5. Pinjaman Belum Lunas

Khusus untuk produk KTA Asetku dan Dana Cicil, kamu tidak bisa mengambil 2 pinjaman secara bersamaan. Kalau kamu masih punya pinjaman di kedua produk tersebut yang belum lunas, kamu tidak akan diperbolehkan mengambil pinjaman baru.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan & Solusinya
Pinjaman Akulaku Belum Dibayar

Sama halnya seperti tunggakan cicilan, tunggakan tagihan pinjaman juga akan menyebabkan Akulaku tidak bisa kredit. Jadi, lunasi dulu pinjaman yang sebelumnya agar kamu bisa mengambil kredit yang lain.

6. Melanggar Kebijakan Akulaku

Saat membuat akun, Akulaku pasti menampilkan kebijakan layanan yang harus kamu setujui. Di dalamnya ada poin – poin berisi kewajiban dan hak kedua belah pihak.

Salah satu penyebab Akulaku tidak bisa dipakai cicilan adalah pelanggaran kebijakan Akulaku yang menyebabkan akun Akulaku ditinjau sementara.

Misalnya memalsukan atau memanipulasi data pribadi. Hal ini sangat bertentangan dengan kebijakan Akulaku yang menyebabkan pengajuan kreditmu ditolak. Isi kebijakan ini bisa kamu baca secara lengkap di aplikasi maupun website resmi Akulaku.

7. Belum Update Aplikasi Akulaku

Penyebab lain kenapa Akulaku tidak bisa dipakai cicilan pulsa dan produk digital lain adalah karena belum update aplikasi aplikasi ke versi terbaru sehingga menyebabkan beberapa fitur Akulaku tidak bisa digunakan.

Kamu bisa cek pembaharuan aplikasi di Google Playstore atau AppStore dan memastikan aplikasi sudah diperbaharui ke versi terbaru agar semua fitur Akulaku berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Dipakai Cicilan

Setelah mengetahui berbagai penyebab masalah kredit di Akulaku, sekarang kamu bisa mengatasi Akulaku tidak bisa kredit dengan beberapa cara berikut ini :

1. Naikkan Skor Kredit Akulaku

Jika pengajuan pinjaman Akulaku ditolak karena Skor Kredit yang belum mencukupi, satu – satunya solusi adalah menaikkan Skor Kreditmu. Ini juga bertujuan agar kamu bisa mengakses semua fitur yang ada di Akulaku.

Ada banyak cara untuk menaikkan Skor Kredit. Yang paling penting adalah melengkapi semua informasi di Profil, terutama data pekerjaan dan NPWP. Lengkapi juga informasi hobi dan media sosial agar profilmu semakin kuat dan Skor Kreditmu meningkat.

Kalau data – datamu sudah lengkap, lanjutkan dengan trik – trik tambahan seperti yang sudah saya ulas secara lengkap di artikel lain tentang cara menaikkan Skor Kredit Akulaku.

2. Bayar Cicilan Akulaku Tepat Waktu

Dalam menggunakan kredit, terlambat membayar cicilan atau tagihan pinjaman Akulaku sangatlah fatal. Kepatuhan dalam membayar cicilan kredit akan direkam dalam Riwayat Transaksi.

Riwayat ini adalah dasar pertimbangan bagi Akulaku dalam menyetujui atau menolak pengajuan kreditmu di kemudian hari.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan
Bayar Cicilan Akulaku

Kamu bisa membayar cicilan Akulaku dengan mudah lewat beberapa metode dibawah ini :

Jadi, selalu upayakan pembayaran cicilan sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Skor Kreditmu turun karena masalah tunggakan yang menyebabkan Akulaku tidak bisa dipakai cicilan.

3. Ambil Pinjaman KTA Asetku

Salah satu produk andalan Akulaku adalah KTA Asetku. Produk ini memberikan pinjaman tunai sebesar 300 ribu – 3 juta dengan tenor 15 – 22 hari. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari KTA Asetku adalah peningkatan Skor Kredit secara cepat.

Akulaku Tidak Bisa Cicilan & Solusinya
KTA Asetku Akulaku

Coba ambil pinjaman KTA Asetku dengan jumlah dan tempo sesuai kemampuanmu. Bayar pinjaman sesuai waktu yang ditentukan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan tambahan Skor Kredit untuk meningkatkan jumlah dan tenor pinjaman.

4. Belanja Cash Di Aplikasi Akulaku

Cara lain untuk mengatasi Akulaku tidak bisa dipakai cicilan adalah dengan membeli barang secara cash di Akulaku. Kami sarankan untuk membeli produk yang relevan dengan data hobi di profilmu.

Usahakan untuk melakukan pembelian dengan total nominal di atas Rp200.000 rupiah. Lakukan belanja rutin di aplikasi Akulaku baik secara cash maupun credit untuk memastikan riwayat penggunaan aplikasi Akulaku kamu tercatat di sistem Akulaku.

5. Hubungi Customer Service Akulaku

Cara terakhir mengatasi Akulaku tidak bisa pinjam uang kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan tapi tidak membuahkan hasil adalah dengan menghubungi Customer Service Akulaku.

Sebelum itu, catat dulu Username, Alamat Email, dan Nomor Telepon yang kamu pakai di Akulaku. Customer Service Akulaku pasti menanyakan data – data tersebut.

Baca Juga : 12 Cara Daftar Akulaku Biar Di ACC Pasti Berhasil

Sampaikan dengan jelas bahwa kamu mengalami kesulitan saat mengajukan kredit di Akulaku. Jelaskan juga bahwa kamu sudah melengkapi semua data dan tidak mempunyai kredit yang menunggak.

CS Akulaku akan menganalisa akunmu untuk mengetahui penyebabnya, kemudian memberitahu solusi yang harus kamu lakukan.

Penutup

Selain memahami penyebab dan solusi masalah pengajuan cicilan di Akulaku, yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara mencegah agar Akulaku tetap bisa dipakai cicilan.

Baca Juga : 14 Cara Menaikkan Limit Akulaku Dijamin Berhasil

Sebenarnya, kredit hanya bertumpu pada 2 faktor utama yaitu Data dan Riwayat. Kalau kamu mengisi data secara lengkap dan benar serta selalu membayar cicilan tepat waktu, kreditmu di Akulaku dijamin tidak akan bermasalah.

Baca Juga : 12 Cara Kredit HP Di Akulaku Tanpa DP & Tanpa Survei !

Sekian dulu ulasan penyebab dan solusi akulau tidak bisa dipakai cicilan kredit dan pinjaman ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *