Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

8 Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman

4 min read

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman

Mahirtransaksi.com – Shopee Paylater ditolak saat aktivasi maupun pada saat pengajuan pinjaman bisa disebabkan oleh faktor teknis dan non-teknis. Jika aktivasi maupun pengajuan SPaylater kamu ditolak mungkin saja 1 dari 8 penyebab dalam ulasan kali menjadi solusinya.

Sama halnya seperti Shopee Pinjam, Shopee Paylater juga menawarkan pinjaman kepada pengguna Shopee. Bedanya, kredit Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk belanja di Shopee. Sedangkan Shopee Pinjam, dana dapat digunakan diluar aplikasi Shopee karena langsung ditransfer ke rekening bank.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee Paylater atau SPaylater adalah fitur pinjaman online dari Shopee yang memiliki masa tenor 1 bulan. Sesuai dengan mottonya “Shopee Paylater, Belanja Sekarang Bayar Bulan Depan” ini menarget pasar pekerja/karyawan atau anak kos yang hobi belanja, cuma lagi nggak punya duit.

Jadi mudahnya ini diperuntukkan bagi pengguna yang butuh uang, cuma bayarnya nanti pas gajian di awal bulan atau tunggu pas dapat kiriman uang saku bulanan. Niat program ini berguna untuk memudahkan transaksi belanja online para penggunanya.

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman
Layanan Shopee Paylater

Dengan ini, belanja bisa dilakukan meski pembayaran dilakukan di lain waktu, sangat praktis, hanya saja kamu harus benar-benar yakin bahwa uangmu benar-benar ada pada saat pembayaran tagihannya kelak. Kalau nggak punya uangnya ya jangan mencoba untuk ikut/menggunakan fitur SPaylater ya. Pastikan kamu memiliki uang nantinya untuk pembayaran tagihannya.

Pada dasarnya Shopee Paylater memiliki kesamaan dengan sistem kartu kredit pada umumnya, penggunanya tetap akan diberlakukan limit pinjaman sesuai dengan kesanggupan pembayaran dan historis pinjaman yang pernah di selesaikan. Jadi limitnya bisa bertambah jika pembayaran kamu bagus.

Apakah Shopee Paylater Aman?

Pada dasarnya OJK memberikan perlindungan hukum terhadap penerima pinjaman online. Shopee Paylater sendiri disediakan oleh pihak penyelenggara PT Lentera Dana Nusantara serta perusahaan pembiayaan PT Commerce Finance. Kedua Perusahaan ini telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Itu artinya seluruh transaksi pengguna dan penyelenggara Shopee Paylater diawasi oleh OJK. Maka dapat dipastikan bahwa layanan Shopee Paylater dari Shopee terbukti aman.

Data pribadi yang masuk pada saat pendaftaran tentu harus melakukan verifikasi, jadi bisa dipastikan bahwa program Shopee Paylater memang benar-benar serius dan profesional dalam mengelola finansial para penggunanya. Ini artinya setiap pinjaman online yang pernah kamu lakukan sebelumnya tentu terdata di sistem data.

Penyebab Shopee Paylater Di Tolak Saat Aktivasi

Perlu kamu ketahui ada beberapa alasan aktivasi Shopee Paylater ditolak adalah sebagai berikut :

1. Data Tidak Lengkap

Coba periksa apakah ada data yang terisi belum lengkap, dan pastikan data yang diisi sudah benar dan akurat semua, isi KTP dan Nomor kontak darurat yang benar – benar dapat dihubungi (aktif). Selain itu pastikan pula NIK yang di input sesuai dengan NIK di KTP.

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman
Data Tidak Lengkap

Jika kamu melakukan verifikasi wajah, coba foto di tempat yang terang dan restart ponsel untuk mencoba kembali. Pastikan internet kamu lancar saat melakukan proses aktivasi untuk menghindari aktivasi Shopee Paylater gagal terus.

2. Belum Update Aplikasi Shopee

Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Shopee versi terbaru, caranya dengan membuka aplikasi Play Store lalu cari aplikasi Shopee dan lakukan pembaruan aplikasi jika ada. Jika tidak bisa di perbarui, coba dengan menghapus lalu memasang ulang aplikasi Shopee.

Untuk saat ini aplikasi Shopee terbaru di Playstore adalah versi 2.65.16 yang diupdate pada tanggal 18 Januari 2021. Sedangkan aplikasi Shopee di Appstore berada di versi 2.65.12.

3. Akses GPS Ponsel Belum Di Hidupkan

Saat melakukan proses verifikasi, jangan lupa untuk menghidupkan fitur lokasi, atau GPS. Pastikan juga kamu telah memberikan izin akses lokasi kepada aplikasi Shopee. Caranya dengan membuka pengaturan lalu cari izin akses lokasi, cari aplikasi Shopee dan aktifkan.

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman
Aktifkan Layanan Lokasi Ponsel

Pada dasarnya Shopee ingin mengetahui lokasi kamu apakah data yang kamu masukkan memang sesuai dengan dimana kamu tinggal pada saat ini. Jika Shopee Paylater kamu ditolak, mungkin karena kamu sedang berada di luar daerah pada saat melakukan verifikasi, silahkan coba kembali saat kamu berada di sekitar lokasi tempat tinggal kamu.

4. Akun Shopee Tidak Memenuhi Syarat

Untuk bisa ikut dalam sistem pinjaman Shopee Paylater, akun pengguna harus setidaknya paling tidak berusia 3 bulan dan memiliki rekam jejak yang baik di Shopee. Ini bertujuan membatasi akun – akun bodong / akun robot di Shopee yang ingin melakukan pinjaman supaya tidak disalah gunakan.

Selain itu, akun Shopee terpilih harus terverifikasi. Caranya dengan melakukan verifikasi Identitas berupa KTP/KITAS di bagian akun. Kamu juga harus sering bertransaksi jika ingin mendapatkan layanan SPaylater ini.

Penyebab Shopee Paylater Di Tolak Saat Pengajuan Pinjaman

Berikut beberapa penyebab SPaylater ditolak saat pengajuan pinjaman atau penambahan limit kredit di Shopee :

1. Data KTP Berbeda Dengan Rekening Bank

Periksa kembali data informasi yang dimasukkan, apakah ada kesalahan penginputan nomor KTP atau nomor rekening bank kamu tidak sama dengan nomor KTP yang pernah didaftarkan atas nama rekening tersebut.

Jika kamu memiliki beberapa rekening pastikan kamu memasukkan rekening bank yang sama dengan data KTP. Pastikan juga nama yang tertera di rekening Bank sesuai dengan KTP kamu.

2. Mengajukan Pinjaman Untuk Orang Lain

Pada dasarnya ini tidak diperbolehkan oleh Shopee, pinjaman hanya boleh dilakukan untuk diri sendiri (individual). Jika kamu mengajukan pinjaman atas nama orang lain, bisa dipastikan verifikasi kamu akan ditolak. Ini ditujukan buat menghindari penyalahgunaan rekening seperti penipuan/pembobolan rekening.

3. Rekening Atau KTP Tidak Memenuhi Syarat

Ini bisa terjadi jika pengguna belum memenuhi dari segi usia, memiliki umur setidaknya 17 tahun dan merupakan warga negara indonesia (WNI). Menggunakan KTP orang lain untuk aktivasi Shopee Paylater dapat menyebabkan Shopee Paylater tidak bisa digunakan. Selain itu, Rekening Bank yang didaftarkan juga harus terdaftar secara resmi di Bank yang bersangkutan.

4. Rekam Jejak Pinjaman Bermasalah

Periksa kembali tagihan SPinjam dan SPaylater Anda. Pastikan kamu tidak melakukan keterlambatan pembayaran. Kalau tidak ada, coba ingat-ingat lagi barangkali kamu pernah punya kartu kredit bermasalah, atau belum melunasi cicilan pada waktu lampau, mungkin itu penyebab kamu kamu daftar Shopee Paylater ditolak terus.

Rekam jejak finansial kamu terdata di OJK. Tidak perlu mengulangi proses pengajuan, selesaikan dahulu masalah tersebut sebelum melakukan pengajuan ulang di Shopee Paylater.

Cara Mengatasi Shopee Paylater Di Tolak

Untuk mengatasi Verifikasi Shopee Paylater ditolak, maka kamu harus melakukan langkah – langkah berikut ini :

1. Hubungi Call Center Shopee

Jika kamu masih belum bisa diterima Shopee Paylater, silahkan hubungi CS untuk mendapatkan bantuan. Kamu dapat kontak Shopee melalui :

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman
Call Center Shopee Paylater
  • Chat 24 jam (gunakan aplikasi Shopee untuk respon cepat dan yang ditangani langsung oleh Agen Shopee).
  • Call Center 24 jam di nomor 1500702.*
  • Email CS Shopee klik Disini.

*Customer Service 24 Jam, Senin s/d Minggu, termasuk Hari Libur Nasional.

 2. Perbaiki Kesalahan

Langkah selanjutnya adalah memperbaiki kesalahan aktivasi maupun verifikasi data. Biasanya dalam email/notifikasi penolakan akan dilampirkan penyebab mengapa SPaylater ditolak seperti Foto KTP buram atau tidak jelas atau rekening Bank yang tidak terdaftar.

Maka yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki kesalahan data tersebut dengan cara foto ulang KTP atau menggunakan Rekening Bank lain yang sesuai dengan data KTP.

3. Pengajuan Ulang

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengajukan aktivasi atau pengajuan pinjaman ulang. Selanjutnya tunggu pihak Shopee melakukan verifikasi kembali dalam waktu 2 x 24 jam.

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman
Aktivasi Shopee Paylater

Jika verifikasi atau pengajuan pinjaman berhasil, maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu telah berhasil mengaktifkan Shopee Paylater. Terakhir gunakan kredit Shopee Paylater untuk belanja di aplikasi Shopee.

Penutup

Utamanya segala kemudahan yang ditawarkan tentu membuat hasrat berbelanja semakin tinggi. Kamu juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan yang terencana, hal yang perlu dihindari adalah jangan sampai kejeblosan ingin berbelanja terus, sampai tidak bisa membayar. Kelola keuanganmu dengan bijak dan ketahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Terlengkap [Dijamin Berhasil]

Per 2 Juli 2020, setelah SPaylater berhasil diaktivasi, kamu dapat memilih tanggal jatuh tempo yang tersedia yaitu pada tanggal 5 dan 11 setiap bulannya. Pastikan kamu melakukan pembayaran tagihan tepat waktu agar Shopee Paylater kamu tidak dinonaktifkan.

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee Paylater Terbaru [Terlengkap 2021] 

Sekian dulu ulasan cara mengatasi Shopee Paylater ditolak di Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar Shopee Paylater, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy shopping!

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *