Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya !

4 min read

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya

Mahirtransaksi.com –  Gagal COD di Shopee ternyata dapat disebabkan oleh beberapa masalah pembayaran, lokasi, pembayaran COD Shopee dinonaktifkan maupun total belanja yang kurang sehingga COD Shopee tidak bisa dilakukan. Berikut ulasan lengkap 10 penyebab Shopee tidak bisa COD dan cara mengatasinya !

Tidak Bisa COD Di Shopee

Gagal COD merupakan salah satu masalah yang kerap di alami pembeli di Marketplace Shopee. Metode pembayaran Cash On Delivery ini dipilih tentu karena penggunaannya yang mudah serta cocok dipakai ketika tidak memiliki uang saat melakukan pemesanan.

COD Shopee gagal secara garis besar disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Total Checkout produk yang tidak memenuhi syarat COD.
  • Penjual tidak mengaktifkan metode pembayaran COD untuk produk yang ingin kamu beli.
  • Wilayah pemesanan berada diluar jangkauan COD Shopee.
  • Ongkos kirim melebih batas layanan COD.
  • Akun Shopee terkena penalti akibat pembatalan COD lebih dari 2 kali.

Kendala gagal COD Shopee dapat kamu analisa berdasarkan garis besar poin – poin diatas. Jika kamu tidak menemukan permasalahan dari beberapa penyebab utama gagal COD diatas, maka kamu dapat menanyakan langsung ke Customer Service Shopee terkait permasalahan-mu.

Apa Itu COD Di Shopee?

Di era sekarang ini, berbelanja online bukan lagi istilah trend, namun sudah menjadi kebutuhan. Berbeda dengan satu dasawarsa lalu, dimana perkembangan teknologi internet belum sepesat sekarang ini. Pada waktu silam, siapapun orangnya tidak pernah mau membeli barang secara online, alsannya takut tertipu, barang tidak sampai dan sebagainya.

Mulanya jual-beli online dilakukan melalui perantara semacam rekber alias rekening bersama. Dengan rekening bersama orang mulai berani bertransaksi jual beli barang lewat online. Seiring kemunculan Marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain, kebiasaan ini mulai bergeser.

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya
Cash On Delivery Shopee

Yang tadinya masih takut-takut, mulai berani berbelanja dengan sistem Marketplace. Tetapi walaupun demikian, masih banyak orang yang masih takut/ragu berbelanja online. Maka diciptakanlah sistem Cash On Delivery (COD) untuk mengakomodir kebutuhan ini.

Pernahkah kamu mendengar istilah COD? COD adalah mekanisme pembelian barang secara online namun bayarnya ditempat ketika barang sudah sampai. COD atau Cash On Delivery merupakan metode pembayaran yang sangat populer. Misalnya kita ambil contoh di Shopee yang juga melayani fitur pembayaran dengan sistem COD.

Mengapa banyak orang senang memilih metode pembayaran COD? Beberapa alasannya antara lain:

  • Tidak perlu repot-repot ke ATM atau Minimarket untuk melakukan pembayaran.
  • Mengurangi resiko barang tidak sampai karena seller nakal.
  • Proses pembayaran lebih simpel.

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD

Ketika akan membeli barang, biasanya pembeli akan memilih (filter) barang yang menampilkan COD, namun tidak semua barang akan ditampilkan, biasanya produk yang bisa COD hanya sekitar 20-30% dari barang yang tampil di kategori. Ini membuat kita terkadang tidak bisa menemukan produk yang cocok, bahkan bisa membeli produk yang harganya kelewat mahal.

Berikut beberapa penyebab Shopee tidak bisa COD :

1. Penjual Belum Mengaktifkan Fitur COD

Utamanya, tidak semua penjual suka dengan metode pembayaran COD, terlebih bagi toko yang sudah memiliki nama besar dan volume penjualannya yang sudah tinggi. Istilahnya kalau mau beli silahkan bayar, kalau tidak silahkan cari toko lain. Begitu prinsipnya.

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya
Prorduk Tidak Bisa Dibeli Dengan COD

Untuk mengetahui toko / produk mana saja yang dapat dipesan secara Cash On Delivery (COD) kamu dapat melakukan beberapa cara berikut :

  • Filter produk COD di bagian Filter Produk.
  • Cari produk dengan Keyword lalu klik Filter COD di bagian bawah kolom pencarian.
  • Cari produk lalu cek detail produk bertanda COD (Bayar di tempat).

2. Alamat Pengiriman Tidak Terjangkau

Untuk tempat-tempat tertentu yang lokasinya jauh, terkadang tidak bisa menggunakan COD. Mengapa demikian? Pertama, harga ongkos kirim yang kelewat tinggi. Karena ongkos kirim sistem COD ditanggung oleh pihak Shopee, maka mereka berhak mementukan wilayah mana saja yang bisa COD, umumnya daerah kota-kota besar tidak terkena masalah ini.

Kedua, tidak tersedianya jasa pengiriman barang di wilayah tersebut. Misalnya wilayah pedalaman di Kalimantan atau Papua tentunya pengiriman COD akan cukup menyulitkan. Sehingga resiko pembatalan barang atau barang tidak sampai sangat tinggi.

3. Minimal Dan Maksimum Tidak Tercapai

Berikut beberapa ketentuan minimal dan maksimal pembelanjaan COD di Shopee :

  • Minimal biaya produk yang dipesan adalah Rp.50.000.
  • Maksimal biaya produk yang dipesan dengan metode pembayaran COD adalah Rp.3.000.000.

Sebagian penjual juga mengatur harga minimum dan maksimum pembelian produk COD selama tidak melebihi nilai max dan min sesuai ketetapan Shopee. Kendala minimum dan maksimum pembelian COD di Shopee ini sering di alami oleh buyer pemula.

Oleh karena itu, pastikan biaya pembelian produk sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar dapat melakukan checkout produk di Shopee. Panduan COD di Shopee ini dapat kamu baca secara lengkap Disini.

4. Nilai Ongkir Terlalu Besar

Ini bisa terjadi pada barang yang berat atau volumenya cukup besar. Misalnya Televisi atau Kulkas. Mengapa bisa terjadi demikian? Bayangkan jika ada seseorang membeli sebuah Televisi seharga 4 juta rupiah, lantas dibatalkan oleh pembeli. Maka potensi resiko kerusakan cukup besar yang harus di tanggung oleh pihak Shopee.

Baca Juga : 10 Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja !

Tetapi jangan khawatir, kamu dapat menghemat biaya ongkos kirim pesanan dengan memanfaatkan Voucher gratis ongkir Rp.0 atau Voucher gratis ongkir khusus pesanan COD.

5. Alamat Pengiriman Tidak Lengkap

Penulisan alamat pengiriman yang tidak lengkap dapat menyebabkan penjual membatalkan pesanan COD sebelum dikirim. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi resiko pesanan di refund oleh jasa pengiriman.

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya
Isian Alamat Pengiriman COD Shopee

Sering terjadi ketika barang sudah dikirimkan namun alamat tujuan tidak lengkap atau ada yang salah. Sehingga kurir kesulitan dalam pengantaran. Jika kurir tidak bisa menemukan alamat maka setelah 3 kali pengantaran maka barang tersebut secara otomatis akan di kembaikan ke penjual.

6. Terkena Penalti Akibat Pembatalan Pesanan COD

Ini semacam sistem proteksi untuk mencegah adanya pembeli ‘iseng’. Pernahkah kamu memesan barang COD namun sedang tidak berada di rumah? Mungkin saja barang tersebut gagal antar sebanyak 2 kali dan kamu terkena sanksi dari Shopee.

Jika pesanan COD dibatalkan tanpa konfirmasi terlebih dahulu, toko akan dikenakan penalti yaitu tidak dapat melakukan pembalian dengan metode pembayaran Cash On Delivery lagi. Bila ini terjadi pembeli harus menunggu 30 hari agar akunnya dapat bisa melakukan pemesanan COD kembali.

7. Pembeli Tidak Memilih Metode Pembayaran COD

Penyebab Shopee Tidak Bisa COD & Cara Mengatasinya
Pilih Metode Pembayaran COD

Terkadang COD Shopee tidak ada juga disebabkan oleh kesalahan pembeli yang lupa atau bahkan tidak memilih metode pembayaran COD saat Checkout di Shopee. Metode pembayaran COD ini dapat kamu temukan di pilihan metode pembayaran sebelum klik Checkout.

Cara Belanja COD Di Shopee Agar Berhasil

Perlu diketahui bahwa tidak produk yang ditayangkan di toko online bisa dibayar dengan COD. Mengapa terjadi demikian? Itu dikarenakan tidak semua seller mengaktifkannya. Bisa atau tidaknya barang dikirim dengan metode COD adalah hak si penjual yang ada di Shopee.

Bagaimanapun umumnya COD lebih lebih banyak menguntungkan pembeli ketimbang menguntungkan penjual. Karena penjual tidak ingin capek mengurus retur barang yang terjadi akibat pembatalan sepihak dari pembeli. Apakah pembeli bisa membatalkan barang yang telah sampai?

Baca Juga : 11 Kelebihan Dan Kelemahan COD Shopee Bagi Pembeli Dan Penjual

Ya tentu saja. Ini adalah sisi negatif dari COD bagi si penjual. Barang yang gagal COD akan dikembalikan lagi kepada si penjual, walaupun ongkos kirim ditanggung pihak Shopee, namun produk yang jalan-jalan tentu sedikit banyak mengalami penurunan nilai. Bisa akibat produk rusak atau kemasan rusak. Belum lagi adanya tambahan biaya untuk pengemasan ulang

Penutup

Berikut tadi beberapa penyebab Shopee tidak bisa COD, nah sekarang sudah tahu kan mengapa produk di keranjangmu tidak bisa di checkout dengan menggunakan metode pembayaran COD. Jika pesanan COD tetap gagal, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghubungi CS Shopee melalui halaman Pusat Bantuan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Mengaktifkan Fitur COD Untuk Penjual Di Shopee

Sekian dulu ulasan 7 penyebab Shopee gagal COD dan cara mengatasinya. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar COD di Shopee segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *