Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

11 Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli

5 min read

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu belanja menggunakan fitur COD di Shopee? Tentu akan ada pengalaman unik yang akan kamu rasakan ketika harus membayar ketika pesanan telah sampai. Namun, tahukah kamu bahwa COD di Shopee juga memiliki keuntungan dan kerugian. Berikut ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan COD di Shopee untuk penjual dan pembeli.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee

Ketika memilih pembayaran Cash On Delivery (COD), kamu harus memastikan bahwa kamu siap menerima pesanan dari kurir baik sesuai estimasi maupun di luar estimasi waktu pengiriman yang telah ditentukan. Mengapa? Karana pembayaran pesanan sistem COD ini dilakukan ketika paket pesanan diserahkan oleh kurir.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli
COD Di Shopee

Lalu bagaimana jika kamu tidak di alamat sesuai pesanan ketika pesanan tiba? Tentu ini akan mengakibatkan kerugian bagi Seller karena pesanan mungkin akan di kembalikan (Retur) oleh jasa pengiriman. Nah, itu adalah satu dari sekian banyak contoh kerugian belanja COD di Shopee.

Selain itu, COD di Shopee juga memiliki keuntungan. Misalnya saat ini kamu tidak memiliki uang untuk belanja. Kamu dapat memanfaatkan fitur untuk belanja tanpa melakukan pembayaran di awal. Yap, karena pembayaran dilakukan ketika pesanan tiba, maka kamu tidak perlu melakukan pembayaran apapun ketika membuat pesanan.

Pengertian COD Shopee

COD (Cash on Delivery) adalah suatu metode pembayaran dalam transaksi ketika pembeli dan penjual saling bertatap muka, istilah yang paling mudah dimengerti yaitu bayar di tempat.

Mekanisme transaksi dengan metode COD ini sudah ada sejak sebelum adanya marketplace online seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain ada. Fitur COD di hadirkan agar semakin memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian produk di Marketplace khususnya Shopee tanpa perlu transfer pembayaran.

Namun seiring dengan kemunculan marketplace di dunia maya, saat itu metode ini masih menjadi salah satu metode pembayaran yang primadona. Mengapa hal ini bisa terjadi? Itu di karenakan masih banyak orang yang belum sepenuhnya mempercayai marketplace yang saat itu masih tergolong sangat baru, sehingga metode pengiriman via ekspedisi yang diselenggarakan pihak ketiga ini di masih di rasa kurang nyaman.

Marketplace terus mengakomodir keinginan para penggunanya dengan menyediakan fitur COD pada aplikasinya sehingga seiring waktu tingkat kepercayaan terhadap marketplace semakin bertambah.

Mekanisme COD Di Shopee

Bagi yang sudah sering berbelanja online tentunya tidak sedikit yang mulai meninggalkan metode pembayaran ini. Ini di karenakan ada plus minus metode COD sehingga banyak penjual maupun pembeli banyak yang sudah mulai meningalkan metode ini.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli
Membuat Pesanan COD Di Shopee

Pada marketplace Shopee, COD memiliki perbedaan mendasar yang mana penjual dapat diwakilkan oleh jasa ekspedisi seperti JNE atau J&T Express, sehingga walaupun penjual berbeda pulau dengan calon pembeli, transaksi masih tetap dapat dilakukan.

Kelebihan COD Shopee Bagi Pembeli

Di Shopee, hampir 40% pembeli memilih metode pembayaran COD untuk membeli produk. Hal ini terjadi karena COD menawarkan kemudahan untuk membeli produk tanpa harus repot membayar di awal. Nah berikut beberapa kelebihan COD bagi pembeli di Shopee :

1. Bebas Dari Resiko Produk Tidak Sampai

Misalnya ada penjual yang terindikasi penipuan, resiko ini bisa di hindari. Beberapa pembeli merasa lebih nyaman menggunakan metode pembayaran COD karena khawatir adanya penjual yang tidak jujur.

Jika pesanan tidak dikirimkan, pembeli dengan sistem pembayaran Cash On Delivery ini biasanya tidak akan ambil pusing karena tidak akan ada kerugian yang ditanggung oleh pembeli. Untuk itu, keseriusan penjual dituntut ketika memutuskan membuka fitur COD di toko mereka.

2. Tidak Perlu Membayar Ketika Membuat Pesanan

Walaupun beberapa orang menganggap pembayaran via dompet elektronik atau internet/mobile banking lebih mudah, namun banyak juga yang masih lebih menyukai pembayaran tunai, dengan menggunakan metode pembayaran COD prosesnya pun lebih mudah karena tidak perlu mengantri di ATM atau Indomaret/Alfamart untuk memproses pembayaran tunai.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli
Pembayaran Pesanan Ketika Pesanan Sampai

Pembayaran COD ini akan dilakukan ketika pesanan diserahkan oleh kurir pengiriman. Itu artinya, kamu wajib melakukan pembayaran ketika pesanan diterima. Oleh karena itu, kamu juga harus menyiapkan uang sesuai nominal transaksi di aplikasi Shopee agar pembayaran pesanan tidak terkendala.

2. Dapat Membatalkan Pesanan Bahkan Jika Pesanan Telah Sampai

Kebanyakan pembeli akan memilih membatalkan pesanan COD Shopee ini karena masalah yang seharusnya dapat dihindari. Pembatalalan pesanan ini bisa kamu lakukan dengan alasan :

  • Pembeli tidak berada di lokasi ketika pesanan telah sampai.
  • Pembeli menolak membayar pesanan.

Namun tindakan pembatalan pesanan COD Shopee ini memiliki konsekuensi, jika pesanan COD telah dibatalkan sebanyak 2x dalam kurun waktu 60 hari terakhir, maka akun akan di non-aktifkan sementara oleh Shopee. Untuk memulihkannya membutuhkan waktu 60 hari terhitung dari tanggal metode COD pembayaran di non-aktifkan.

Kelebihan COD Shopee Bagi Penjual

Karena ‘anemo’ masyarakat yang semakin berkembang untuk belanja secara online khususnya di Shopee, mau tidak mau penjual juga harus mengaktifkan fitur – fitur yang memudahkan pembeli membuat pesanan di Toko mereka. Salah satunya dengan mengaktifkan fitur COD ini. Berikut kelebihan fitur COD Shopee bagi penjual :

1. Meningkatkan Omzet Penjualan

Dengan menggunakan metode pembayaran via COD, maka segmen pembeli akan meningkat, karena alternatif pembayaran bertambah diharapkan dapat menggaet calon pembeli baru yang memang telah nyaman dengan metode pembayaran COD.

Tetapi penjual juga harus dituntut ‘memahami’ keinginan pembeli yang memilih sistem pembayaran COD untuk menghindari pesanan dikembalikan (retur). Salah satu caranya adalah dengan membangun menjelaskan detail spesifikasi produk melalui live chat Shopee.

2. Menggaet Pembeli Yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Biasanya anak-anak muda yang belum memiliki rekening bank sangat menyenangi metode pembayaran COD, terlebih ketika di daerah setempat tidak memiliki minimarket atau metode pembayaran Shopee lainnya.

Maka sebagai alternatif, biasanya pembeli akan memilih belanja COD di Shopee. Ini akan berdampak pada peningkatan penjualan sehingga potensi penjualan semakin besar.

3. Toko Lebih Dikenal

Sebagian besar orang yang pernah membeli dengan pembayaran COD akan lebih mengingat dan cenderung kembali lagi ke toko tersebut, dan biasanya orang-orang tersebut akan merekomendasikan toko kepada sanak saudara dan kolega terdekatnya.

Semakin toko dikenal, maka tentu akan berdampak pada peningkatan ‘exposure’ toko mulai dari peningkatan omzet penjualan, performa chat hingga followers toko.

4. Biaya Pengembalian Pesanan Gratis

Jika kamu mendapati pembeli yang mengembalikan pesanan karena pembeli tidak dilokasi dan pembeli menolak membayar pesanan, maka Shopee akan menanggung penuh ongkos kirim yang timbul akibat pembatalan.

Tetapi jika terdapat alasan lain yang menyebabkan pesanan dikembalikan seperti produk cacat/rusak maka biaya pengembalian barang akan ditangung sepenuhnya oleh penjual.

Kekurangan COD Shopee Bagi Pembeli

Disamping karena kemudahan dalam bertransaksi, COD juga memiliki kekurangan untuk pembeli. Misalnya saja pembeli harus berada di alamat pengiriman sesuai estimasi waktu pengiriman. Berikut beberapa contoh kerugian lainnya :

1. Resiko Penalti Akun Shopee

Sesuai dengan kebijakan Shopee, yang mana jika ada 2 kali kasus pembatalan sepihak oleh pembeli, maka penalti akan diberlakukan dan akun akan di non aktifkan sementara waktu. Oleh karena itu jika pembeli jarang berada di rumah ketika produk telah sampai, kurir bisa membatalkan pesanan jika terjadi beberapa kali pengiriman ulang.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli
Penalti Akun Shopee

Tentu ini akan berbehaya jika akun Shopee yang kamu gunakan adalah akun toko atau akun yang memiliki saldo ShopeePay/ShopeePayLater di dalamnnya. Selain penalti akun, membatalkan pesanan juga dapat membuat akun Shopee kamu dibatasi atau bahkan di nonaktifkan permanen.

2. Harus Menyediakan Uang Tunai Setiap Saat

Berbeda dengan metode pembayaran lainnya, sistem COD mengharuskan pembeli menyediakan uang tunai karena estimasi waktu pengiriman kadang tidak selalu ‘update’. Kurir dapat sewaktu – waktu menelepon penerima kapan pun ketika pesanan telah sampai.

Ketika produk akan di antarkan, pembeli harus siap menyediakan uang yang nominalnya pas dengan pesanan, hal ini sebenarnya untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi, namun terkadang pembeli selalu lupa akan hal ini dan tidak semua kurir selalu membawa uang kembalian.

Kekurangan COD Shopee Bagi Penjual

Bukan tanpa resiko, penjual terkadang akan dirugikan oleh sistem pembayaran COD ini. Misalnya penerima yang tidak mau membayar karena tidak ada ‘sanksi’ tegas bagi pembeli yang tidak siap membayar pesanan. Atau dalam contoh lain pembeli yang ‘menghilang’ ketika pesanan sampai. Berikut beberapa kerugian COD Shopee bagi penjual :

1. Mengeluarkan Waktu + Tenaga Ekstra

Memanjakan pelanggan dengan mengaktifkan fitur COD di Shopee tentu mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra, dengan kata lain penjual harus siap dengan pembatalan produk, otomatis waktu dan tenaga yang di keluarkan akan terbuang percuma, eh barangnya malah jalan-jalan.

Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli
Notifikasi Pengembalian Produk COD

Kejadian ini akan di alami oleh hampir seluruh Seller yang mengaktifkan metode pembayaran COD di toko mereka. Selain itu, penjual juga akan mengalami kerugian dalam ‘Packing’ produk.

2. Resiko Kerusakan Produk

Produk yang di batalkan berpotensi lebih sering terjadi kerusakan, karena jarak tempuhnya makin panjang,  paling tidak kemasannnya ada rusak/penyok sehingga mengurangi nilai jual produk.

Shopee selalu merekomendasikan kepada setiap penjual untuk mengasuransikan produk yang di beli via COD agar terbebas dari resiko barang hilang atau rusak. Jika kamu adalah penjual, sebisa mungkin pilih ekspedisi yang menanggung penuh atas kerusakan/kehilangan barang.

Penutup

Sebagai pembeli, memilih metode pembayaran COD di Shopee berarti harus siap menerima pesanan dan melakukan pembayaran kapanpun. Begitu juga penjual, menjual produk dengan sistem COD juga harus siap dengan konsekuensi pembatalan atau pengembalian produk. Kunci utama berbelanja dan berjualan dengan sistem COD ini adalah ‘Komunikasi dan kesiapan’ Seller dan Buyer.

Baca Juga : 7 Perbedaan Biaya Admin Dan Biaya Layanan Di Shopee [Ulasan Lengkap]

Berikut beberapa tips berbelanja dan berjualan secara COD di Shopee :

  • Sebagai penjual, pastikan kamu menjelaskan rincian dan spesifikasi produk kepada pembeli melalui live chat agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika pesanan telah diterima oleh pembeli.
  • Pastika kamu cek ulasan maupun rating toko penjual sebelum membeli produk. Begitu juga penjual, cek akun Shopee pembeli sebelum melanjutkan proses ‘packing’ atau jika perlu konfirmasi ulang pesanan melalui live chat.
  • Sebagai pembeli, pastikan kamu berada di lokasi minimal 30 menit sebelum pesanan sampai untuk menghindari pesanan dikembalikan ke penjual.

Baca Juga : 10 Cara COD Di Shopee Terbaru Dan Terlengkap

Sekian dulu 11 ulasan kelebihan dan kekurangan COD di Shopee bagi penjual dan pembeli ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya seputar pembayaran Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy shopping!

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *