Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

BRImo Gangguan Hari Ini 2024 : Penyebab Dan Solusinya

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini

Mahirtransaksi.com – Error atau gangguan di aplikasi BRImo sering terjadi karena adanya perbaikan pada server (maintenance). Berikut cara mengatasi BRImo gangguan hari ini 2024 yang terbukti berhasil !

Saat ini terdapat puluhan ribu pengguna e-banking yang terdapat di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena fungsi dan peranan e-Banking dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran secara online.

Salah satu e-Banking yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah BRImo yang merupakan aplikasi perbankan resmi milik PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.

Apakah BRImo Sedang Gangguan Hari Ini?

Sebagaimana sistem online lainnya, aplikasi BRImo juga bisa mengalami beberapa masalah atau gangguan. Seperti halnya BRImo tidak bisa dibuka, tidak bisa login atau bahkan akun BRImo terblokir.

Biasanya gangguan pada aplikasi BRImo ditandai dengan notifikasi server error atau notifikasi pada saat fitur aplikasi dibuka.

Kamu bisa melakukan pengecekan apakah aplikasi BRImo sedang gangguan hari ini dengan beberapa metode berikut ini :

Cek Server BRImo Lewat Downdetector

Kamu bisa memanfaatkan website downdetector untuk melihat apakah ada masalah pada server BRI atau aplikasinya dengan cara :

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Cek Status Server BRI Lewat Downdetector
  • Buka website downdetector.
  • Ketik BRI pada kolom pencarian / deteksi aplikasi.
  • Tunggu sampai proses loading data selesai.
  • Cek apakah server BRI sedang down atau tidak.

Cek Update Aplikasi BRImo Lewat Media Sosial BRI

Selain lewat tools, kamu juga melihat informasi update terkait masalah pada aplikasi BRImo lewat media sosial resmi Bank BRI atau untuk mengetahui sampai kapan BRI gangguan.

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Cek Gangguan Lewat Twitter BRI

 

Biasanya kendala pada server BRImo akan langsung di-informasikan lewat media sosial resmi milik Bank BRI seperti Instagram, Youtube atau Twitter.

Coba Buka Aplikasi BRImo Di HP Lain

Selain dua opsi diatas, kamu juga bisa mengetahui apakah server BRImo sedang bermasalah dengan meminta teman atau kerabat untuk membuka aplikasi BRImo di ponsel mereka.

Jika ternyata aplikasi juga error saat dibuka di HP mereka, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi BRImo memang sedang mengalami gangguan hari ini.

Penyebab BRImo Sedang Gangguan Hari Ini

Adapun penyebab aplikasi BRImo bermasalah hari yaitu karena server BRImo sedang dalam perbaikan (maintenance), koneksi internet yang lemot, akun BRI Mobile bermasalah atau versi aplikasi yang kamu gunakan belum di-update ke versi terbaru.

Secara umum, berikut beberapa kemungkinan penyebab BRImo gangguan hari ini yaitu :

Perbaikan Server BRImo

Gangguan BRImo yang terjadi karena perbaikan server BRImo sehingga layanan aplikasi tidak dapat diakses atau mengalami keterbatasan fungsional selama periode waktu tertentu.

Pemeliharaan atau perbaikan pada server merupakan aktivitas rutin yang biasanya dilakukan oleh bank untuk meningkatkan kualitas dan keamanan layanan khususnya di aplikasi BRImo.

Selama adanya perbaikan pada server BRImo maka pengguna tidak dapat melakukan transaksi, mengakses saldo atau menggunakan fitur-fitur lainnya yang tersedia dalam BRImo.

Sedang Update Aplikasi BRImo

BRImo gangguan hari ini terjadi karena sedang dilakukan pembaruan (update) aplikasi BRImo adalah situasi di mana layanan BRImo mungkin tidak dapat diakses atau mengalami keterbatasan layanan untuk sementara.

Update aplikasi BRImo ini biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja atau memperkenalkan fitur-fitur baru.

Selama proses pembaruan, pengguna tidak akan dapat melakukan transaksi atau mengakses fitur tertentu dalam aplikasi.

Koneksi Internet Bermasalah

Gangguan aplikasi BRImo juga terjadi karena koneksi internet yang bermasalah sehingga aplikasi tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika koneksi internet mengalami gangguan atau terputus maka pengguna tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi, mengakses saldo atau menggunakan fitur-fitur BRImo lainnya.

BRImo Gagal Memuat Saldo

Aplikasi BRImo error hari ini karena gagal memuat saldo disebabkan karena adanya masalah teknis pada server BRImo, gangguan jaringan internet atau pemeliharaan rutin yang sedang dilakukan oleh Bank BRI.

Dalam kasus ini, pengguna disarankan untuk mencoba beberapa langkah sederhana seperti memeriksa kembali koneksi internet, mencoba kembali setelah beberapa saat atau memperbarui aplikasi BRImo.

Versi Aplikasi BRImo Belum Diperbaharui

BRImo mengalami gangguan hari ini karena versi aplikasi BRImo yang belum diperbaharui sehingga pengguna mengalami kesulitan atau keterbatasan dalam penggunaan aplikasi karena masih menggunakan versi lama.

Bank BRI secara berkala merilis pembaruan aplikasi BRImo untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan dan memperkenalkan fitur-fitur baru.

Jika pengguna masih menggunakan versi lama aplikasi yang tidak kompatibel dengan perubahan terbaru di sistem atau memiliki masalah bug tertentu akan menyebabkan gangguan dalam penggunaan BRImo.

OS Ponsel Sudah Tidak Mendukung Aplikasi BRImo

Penyebab lain BRImo gangguan hari ini disebabkan oleh sistem operasi ponsel pengguna tidak lagi kompatibel dengan versi terbaru dari BRImo.

Bank BRI secara berkala merilis pembaruan aplikasi BRImo untuk meningkatkan keamanan dan kinerja untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Jika sistem operasi ponsel sudah usang dan tidak lagi mendukung versi terbaru aplikasi BRImo, maka kamu akan menghadapi kendala dalam penggunaan aplikasi BRImo di HP kamu.

HP Sudah Di Root

Gangguan aplikasi BRImo juga terjadi karena ponsel sudah di-root (pengaksesan sistem operasi Android secara mendalam) yang mengubah tingkat keamanan dan keandalan HP kamu.

Aplikasi perbankan seperti BRImo menggunakan mekanisme keamanan yang ketat untuk melindungi data dan informasi pengguna.

Saat ponsel di-root, sistem operasi mengalami perubahan yang mungkin dapat memengaruhi keamanan aplikasi termasuk BRImo.

Oleh karena itu, aplikasi BRImo mungkin gagal berfungsi atau menampilkan pesan kesalahan ketika dijalankan pada perangkat yang sudah di-root.

Chache Aplikasi BRImo Menumpuk

BRImo sering mengalami error karena cache (penyimpanan sementara) aplikasi BRImo menumpuk yang mengakibatkan aplikasi berjalan lebih lambat, mengalami kesalahan atau bahkan crash.

Cache digunakan untuk mempercepat proses dan menghemat penggunaan data, tetapi terkadang cache yang terlalu besar atau terlalu lama tidak dihapus dapat memengaruhi kinerja aplikasi.

Info Gangguan Bank BRI Hari Ini 2024

Biasanya penyebab utama kenapa aplikasi BRImo error hari ini yaitu karena adanya upgrade atau perbaikan pada server aplikasi sehingga beberapa fitur aplikasi BRImo tidak dapat digunakan.

Dilansir dari situs cekgangguan.id, server BRImo hari ini mengalami kenaikan isu masalah pada pukul 08.00 WIB tetapi saat ini telah normal kembali sehingga indikasi BRImo server perbaikan hari ini tidak terbukti.

BRImo Gangguan Hari Ini
Kondisi Server BRImo Saat Ini

Sedang update aplikasi ke versi terbaru merupakan alasan utama kenapa server BRImo dalam perbaikan karena adanya pembaharuan pada fitur aplikasi sehingga akan down ketika diakses pada saat maintenance server.

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini 2024

Untuk mengetahui apa saja opsi yang bisa kamu ambil untuk mengatasi aplikasi BRImo yang sedang mengalami gangguan tentunya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Secara ringkas berikut rangkuman penyebab BRImo gangguan dan cara mengatasinya :

Penyebab BRImo Gangguan Hari Ini Solusi
✅ Server BRImo sedang gangguan ⭐ Tunggu server BRImo diperbaiki.
✅ Koneksi internet terputus ⚡ Ganti Opsi Koneksi Internet menggunakan Hotspot / Wifi
✅ Aplikasi BRImo belum di update ⭐ Update Aplikasi BRImo.
✅ Izin penggunaan media aplikasi belum disetujui ⚡ Atur Izin Penggunaan Aplikasi.
✅ Double login akun BRImo ⭐ Logout Internet Banking.
✅ Terdapat Bug pada aplikasi BRImo ⚡ Re-Login Akun BRImo.
✅ Chache aplikasi BRImo sudah menumpuk ⭐ Hapus Chache Aplikasi.
✅ Ponsel mengalami masalah ⚡ Restart Ponsel.
✅ Akun BRImo dibekukan ⭐ Hubungi CS BRI.
✅ Password BRImo salah ⚡ Coba lupa password BRImo.

Oleh sebab itu, simak penjelasan cara mengatasi BRImo bermasalah hari ini berdasarkan rangkuman penyebab dan solusi diatas :

Tunggu Perbaikan Server BRImo

Aplikasi tidak bisa dibuka disebabkan karena jaringan error ataupun sedang dilakukan maintenance atau pemeliharaan sehingga mengakibatkan aplikasi BRImo BRI gangguan.

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Server BRImo Gangguan

Biasanya masalah ini akan langsung di atasi oleh layanan Bank BRI. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menunggu hingga aplikasi normal kembali.

Jangan lupa cek pembaharuan server aplikasi secara berkala untuk memastikan aplikasi BRImo sudah bisa digunakan kembali.

Ganti Opsi Koneksi Internet

Pemakaian aplikasi dan perangkat online yang bermasalah seringkali terjadi akibat koneksi internet yang tidak stabil sehingga gambar BRImo gangguan saat digunakan.

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
BRImo Koneksi Terputus

Solusinya ganti opsi koneksi internet dengan cara :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi tau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Ganti Koneksi Internet
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

Update Aplikasi BRImo

Selain masalah pada server atau koneksi internet, aplikasi BRImo gangguan hari ini juga disebabkan karena aplikasi BRImo belum diperbaharui ke versi terbaru.

Aplikasi yang belum di-update akan menyebabkan beberapa fitur aplikasi tidak berfungsi dengan baik sehingga BRImo sering error saat digunakan.

Oleh karena itu, cek pembaharuan dan update aplikasi BRImo dengan cara :

  • Buka PlayStore atau AppStore.
  • Setelah itu cari aplikasi BRI Mobile Banking.
  • Klik Update aplikasi.
  • Tunggu sampai proses pembaharuan selesai.
  • Apabila sudah selesai, klik Buka lalu coba Login BRImo seperti biasa.

Atur Izin Penggunaan Aplikasi BRImo

Setiap aplikasi memiliki izin dan pengaturan yang berbeda – beda antara satu dan lainnya. Cara mengatasi gangguan pada aplikasi BRImo yaitu dengan mengatur izin penggunaan pada aplikasi dengan cara :

  • Buka Pengaturan ponsel.
  • Scroll kebawah lalu klik Manajemen Aplikasi.
  • Pilih Pengelola Izin.
Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Centang Perizinan Aplikasi BRImo
  • Cari aplikasi BRImo lalu centang perizinan aplikasi untuk semua media.
  • Setelah itu, buka kembali aplikasi BRImo.

Logout Internet Banking BRI

Kamu mungkin mengaktifkan aplikasi BRImo melalui internet banking sehingga dapat melakukan aktivasi email dan password akun BRImo sesuai dengan arahan pihak Bank.

Baca Juga : BRImo Gagal Memuat Saldo? Ini 7 Penyebab & Solusinya !

Setelah sukses melakukan aktivasi akun, kamu bisa logout akun di internet banking tersebut untuk menghindari terjadinya gangguan pada aplikasi BRImo.

Re-Login Akun BRImo

Biasanya adanya bug pada aplikasi juga dapat menyebabkan BRImo gangguan seperti error atau force close.

Salah satu cara membersihkan bug pada aplikasi adalah dengan melakukan re-login akun BRImo dengan cara :

  • Tutup aplikasi BRImo.
  • Close aplikasi dari Recent Apps.
  • Buka kembali aplikasi BRImo lalu login menggunakan username dan password.

Hapus Chache Aplikasi BRImo

Cache yang menumpuk bisa menyebabkan daftar BRImo gangguan saat menggunakan aplikasi karena space aplikasi yang semakin sedikit.

Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari Ini
Hapus Chache BRImo

Oleh karena itu, kamu perlu menghapus cache secara berkala dengan cara :

  • Buka Pengaturan Ponsel.
  • Cari Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi BRI Mobile Banking.
  • Scroll kebawah lalu pilih Hapus Chache.

Restart Ponsel

Jika aplikasi BRImo tidak bisa dibuka karena mengalami gangguan, kamu bisa merestart HP yang kamu gunakan untuk mengakses aplikasi BRImo.

Hal ini bertujuan untuk me-refresh sistem operasi pada ponsel agar dapat bekerja maksimal kembali.

Caranya :

  • Klik tombol Off / Power Of pada ponsel.
  • Tunggu hingga muncul perintah restart / shutdown.
  • Pilih restart ponsel.
  • Tunggu sampai proses restart aplikasi selesai.
  • Buka kembali aplikasi BRImo.

Coba Lupa Password BRImo

Berikutnya kamu dapat mencoba menggunakan fitur lupa password di aplikasi Mobile Banking BRI dengan cara klik menu Lupa Password pada halaman Login aplikasi.

Berikutnya kamu harus memasukkan username akun BRImo beserta tanggal lahir pada saat pertama kali mendaftar BRI Mobile ini di Bank BRI.

Setelah berhasil mengganti password, selanjutnya coba login ke aplikasi BRImo untuk mengetahui apakah kamu berhasil login atau masih mengalami masalah saat login.

Hubungi CS Bank BRI

Apabila berbagai cara sudah kamu lakukan tetapi aplikasi BRImo tidak bisa dibuka, maka sebaiknya hubungi Customer Service BRI.

Berikut beberapa metode yang bisa kamu pilih agar terhubung dengan CS BRI :

  • Call Center : 14017/1500 017
  • Email : callbri@bri.co.id
  • FB Messenger : BANK BRI
  • Whatsapp : 08121214017

Setelah terhubung ke CS BRI, sampaikan kendala yang kamu alami dengan menyebutkan identitas pengguna BRImo terlebih dahulu.

Sampai Kapan BRImo Gangguan Hari Ini?

Sampai kapan gangguan BRImo hari ini akan berlangsung akan sangat bervariasi tergantung pada penyebab gangguan namun biasanya Bank BRI akan berusaha secepat mungkin untuk mengatasi masalah dan mengembalikan layanan BRImo ke kondisi normal.

Gangguan BRImo yang disebabkan oleh pemeliharaan rutin atau perbaikan server akan dijadwalkan pada jam-jam minim penggunaan untuk meminimalkan dampaknya pada nasabah.

Jadi jika kamu mengalami gangguan BRImo pada hari tertentu sebaiknya pantau informasi resmi dari Bank BRI atau melihat pemberitahuan dalam aplikasi BRImo untuk mendapatkan pembaruan terkait perkiraan waktu pemulihan.

Update Solusi BRImo Yang Bermasalah

Dari ulasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penyebab BRImo gangguan hari ini antara lain masalah pada server BRImo, belum update aplikasi, chache aplikasi menumpuk atau masalah pada koneksi internet sehingga muncul pesan BRI Mobile error.

Baca Juga : Tidak Bisa Daftar BRImo? Ini 13 Penyebab Dan Solusinya

Untuk mengetahui apakah BRImo sedang gangguan, kamu dapat menggunakan dua tools yaitu downdetector.com dan cekgangguan.id yang dapat menampilkan grafik server aplikasi secara real-time.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi BRImo Terblokir Tanpa Ke Bank Masih Work Hari Ini 

Jika aplikasi BRImo tidak dapat digunakan karena mengalami gangguan kamu bisa menggunakan layanan ATM (Automatic Teller Machine) untuk transaksi seperti pembayaran atau transfer.

Selamat mencoba !

5/5 - (19 votes)
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.