Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

10 Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo Lewat HP

4 min read

Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo

Mahirtransaksi.com – Kenapa daftar BRImo gagal terus? Ternyata ada beberapa penyebab tidak bisa daftar BRImo seperti kesalahan data diri / kontak, salah memilih jenis rekening hingga kesalahan saat verifikasi data diri.

BRImo adalah aplikasi Mobile Banking khusus pengguna Bank BRI. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan dengan lebih mudah dan praktis dimana pun dan kapan pun.

Pada dasarnya aplikasi BRImo ini memang sangat praktis digunakan. Karena sebagian besar transaksi keuangan yang ada di ATM bisa digunakan pada aplikasi ini.

Oleh karena itu tidak sedikit pengguna yang mendaftar akun BRImo baik secara online maupun offline.

Tidak Bisa Daftar BRImo Lewat HP

Pada dasarnya mendaftar BRImo bisa dilakukan melalui Kantor Bank BRI, kemudian dilanjutkan ke Costumer Service Bank BRI.

Selain itu, kamu bisa langsung melakukannya di dalam aplikasi BRImo secara online. Namun sayangnya, masih terdapat berbagai kendala gagal daftar BRImo yang kerap dialami pengguna.

Penyebab gagal daftar BRImo lewat HP antara lain nomor HP yang di daftarkan sudah hangus atau sudah tidak aktif lagi. Atau mungkin ada kesalahan penulisan pada Email yang didaftarkan sehingga kode OTP tidak muncul.

Selain beberapa penyebab diatas, beberapa faktor lain yang menyebabkan tidak bisa daftar BRImo lewat HP antara lain :

  • Jenis Tabungan yang didaftarkan tidak sesuai dengan kartu ATM.
  • Kartu SIM tidak memiliki pulsa untuk menerima kode OTP.
  • Kartu ATM sudah tidak aktif.
  • Foto KYC (KTP, Wajah atau Buku Tabungan) tidak terbaca dengan jelas.
  • Koneksi internet buruk.
  • Server BRImo sedang Error / crash.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk mendaftar BRImo tanpa ke Bank kamu harus memiliki Buku Tabungan dan Kartu ATM yang masih aktif dan sering digunakan untuk transaksi secara offline.

Hal itu dikarenakan data pada akun BRImo terintegrasi secara langsung dengan Kartu ATM yang sedang kamu gunakan.

Penyebab Daftar BRImo Gagal

Pada dasarnya pendaftaran akun BRImo akan berhasil jika semua langkah pendaftaran sesuai serta data yang kamu input valid.

Namun ada kalanya pendaftaran akun BRImo ditolak / gagal karena sebab tertentu.

Berikut beberapa penyebab daftar BRImo gagal :

  • Jenis tabungan yang kamu daftarkan ke BRImo tidak sesuai dengan rekening BRI yang kamu miliki sehingga pendaftaran akun BRImo ditolak.
  • Kamu tidak memiliki pulsa yang cukup saat CS BRI mengirimkan kode OTP BRImo untuk proses verifikasi akun.
  • Nomor HP atau Email akun BRImo sudah tidak aktif.
  • Kartu ATM sudah expired atau memiliki masa aktif yang sufah kadaluarsa.
  • Foto E-KTP, selfie dan buku tabungan tidak jelas sehingga tidak lolos saat verifikasi.
  • Koneksi internet di ponsel kamu terputus atau terganggu.
  • Layanan pendaftaran akun BRImo sedang mengalami gangguan.

Solusi Atasi Tidak Bisa Daftar BRImo Di HP

Jika kamu sudah menemukan penyebab gagal daftar akun BRImo, selanjutnya kamu dapat mengatasinya hanya dengan beberapa langkah mudah.

Berikut cara mengatasi tidak bisa daftar BRImo yang wajib kamu coba :

1. Cek Masa Aktif Kartu ATM

Jika kamu memilih untuk melakukan pendaftaran BRImo secara offline melalui Bank BRI, pastikan kartu ATM BRI kamu masih aktif. Kamu bisa melihat masa aktif kartu ATM pada bagian depan kartu ATM yang kamu gunakan.

Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo
Cek Masa Aktif Kartu ATM BRI

Jika ternyata kartu ATM sudah tidak aktif, kamu bisa memperpanjang masa aktif kartu terlebih dahulu lewat Bank BRI terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM lama dan buku tabungan saat ingin memperpanjang masa aktif kartu ATM.

2. Pastikan Nomor HP Aktif

Tidak bisa daftar BRImo juga disebabkan karena kamu tidak menerima kode OTP (One Time Password) saat melakukan pendaftaran. Kode OTP ini biasa akan dikirimkan ke SMS pada nomor HP yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan Nomor HP yang masih aktif serta dapat menerima Pesan / SMS. Selain itu, kamu juga akan menerima Link Log In lewat Nomor HP untuk masuk ke BRImo di Ponsel yang berbeda.

Sebaiknya gunakan nomor ponsel utama yang sering kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa tetap menerima kode OTP dengan mudah.

3. Pastikan Pulsa Cukup

Untuk menerima kode OTP, kamu tentunya memerlukan pulsa yang cukup bukan? Oleh karena itu, pastikan pulsa cukup saat akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP yang kamu gunakan.

Saya tidak tahu pasti jumlah pulsa yang harus disiapkan. Tapi, pastikan saja untuk mengisinya dengan pulsa nominal Rp5.000. Jika pulsa provider kamu kosong, tentunya kamu harus mengisinya terlebih dahulu.

Fyi, pulsa ini dibutuhkan untuk menerima kode OTP pendaftaran baik secara online lewat aplikasi maupun secara offline lewat kantor BRI.

4. Gunakan Email Aktif

Agar pendaftaran akun BRImo berhasil, tentunya kamu membutuhkan alamat Email yang aktif baik secara offline maupun online. Email ini digunakan saat melakukan aktivasi user BRImo.

Jadi, pastikan Email yang kamu gunakan untuk daftar adalah Email aktif, sering digunakan, dan dapat menerima pesan masuk (Inbox).

Karena mungkin saja email ini akan berperan penting dalam keamanan, termasuk dalam BRImo. Entah itu email Google, hotmail, outlook, dan yang lainnya, semuanya tak masalah. Asalkan email tersebut aktif dan benar-benar milik kamu.

5. Cek Jenis Tabungan

BRI menerbitkan banyak jenis tabungan yang bisa di pilih oleh nasabah. Namun hanya 3 jenis tabungan saja yang bisa didaftarkan pada BRImo. Diantaranya adalah Simpedes, BritAma, dan BritAma Junio.

Jika kamu memiliki tabungan Haji, TabunganKu atau tabungan jenis lain, mungkin tidak bisa didaftarkan di BRImo. Alasannya mungkin karena fungsi dari tabungan-tabungan tersebut yang berbeda.

Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo
Cek Jenis Tabungan BRI

Karena Simpedes dan BritAma biasanya digunakan untuk kepentingan transaksi sehari – hari dan bisa dilakukan secara aktif. Sedangkan yang tidak bisa di daftarkan mungkin karena fungsi tabungan tersebut berbeda dari yang saya sebutkan sebelumnya.

6. Pastikan Data Diri Benar

Saat mendaftar akun BRImo, kamu harus mengisi data diri dengan benar pada kolom isian yang disediakan. Beberapa data diri biasanya sudah tertera di dalam e-KTP. Tapi, mungkin saja ada data diri yang harus di isi secara langsung.

Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo
Pastikan Data Diri Benar

Jika pihak BRI mendapati kejanggalan atau kesalahan dalam pengisian data diri yang kamu isi maka dapat menyebabkan daftar BRImo gagal terus.

Selain itu, data diri ini juga berfungsi untuk menjaga keamanan akun BRImo. Karena mungkin saja di masa depan ada masalah yang membuatmu harus melakukan verifikasi rekening dengan data dirimu yang ada di bank.

7. Rekam Video Dan Foto e-KTP Harus Jelas

Cara mengatasi tidak bisa daftar BRImo dengan memastikan rekaman video dan foto e-KTP ini harus diperhatikan bagi kamu yang mendaftar BRImo secara online.

Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo
Foto KTP Harus Jelas

Saat proses pendaftaran, nantinya kamu harus merekam video dan memfoto e-KTP. Tentunya hal ini diperlukan untuk memverifikasi identitas kamu sebagai calon nasabah.

Pastikan kedua hal tersebut dilakukan dengan benar, serta video dan e-KTP nya terlihat jelas. Jika tidak, pendaftaran akun BRImo kamu akan ditolak dan mengakibatkan kegagalan dalam pendaftaran.

Cara Daftar BRImo Yang Benar

Setelah mengetahui penyebab kenapa pendaftaran akun BRImo kamu ditolak, selanjutnya kamu sudah dapat melakukan evaluasi.

Biasanya pihak BRI tidak akan memberikan solusi lebih detail agar pendaftaran akun BRImo secara online.

Hal ini bertujuan agar kamu segera mengunjungi Bank BRI terdekat untuk melakukan pendaftaran akun.

Oleh sebab itu, simak cara daftar BRImo yang benar agar pendaftaran berhasil di terima berikut ini :

  • Install aplikasi BRImo di Google Play Store atau App Store.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi BRImo.
  • Setelah terbuka, selanjutnya pilih menu Buka Punya Akun.
  • Lalu pilih Buka Rekening.
  • Kemudian pilih produk tabungan BRI dan kantor BRI sesuai pendaftaran ATM BRI kamu.
  • Kemudian upload foto e-KTP dengan jelas.
  • Selanjutnya isi data pribadi.
  • Verifikasi data dan masukkan kode OTP BRImo yang dikirimkan ke nomor HP kamu.
  • Konfirmasi dan setoran awal ke nomor BRI Virtual Account.
  • Buat username, password, dan PIN transaksi di BRImo.
  • Selesai, akun BRImo kamu sudah aktif dan dapat digunakan untuk transaksi secara digital.

Saat mendaftar BRImo, kamu dapat memilih mengaktifkan SMS Banking sebagai notifikasi transaksi atau tidak.

Namun jika mengaktifkan SMS notifikasi BRI, maka kamu akan dikenakan biaya berupa potongan pulsa atau saldo BRImo setiap notifikasi dari BRI muncul.

Kesimpulan

Tidak bisa daftar BRImo disebabkan karena adanya kesalahan pengisian data diri nasabah, gagal verifikasi identitas, kartu ATM Expired hingga kesalahan dalam memilih jenis Tabungan.

Beberapa kendala lain yang mungkin juga kamu alami saat pendaftaran BRImo yaitu :

  • Daftar BRImo Coming Soon terus disebabkan data atau identitas nasabah belum terdaftar pada tabungan Bank BRI. Penyebab lain dikarenakan server BRImo sedang Error / Maintenance.
  • Sudah daftar BRImo tapi tidak bisa Login disebabkan user BRImo belum aktivasi m-Token dan PIN. Setelah proses registrasi selesai, kamu harus melakukan aktivasi m-Token dan PIN BRImo lewat Bank BRI terdekat.

Jadi, masih tidak bisa daftar BRImo nih? Atau ada hal lain yang menyebabkan kegagalan? Jika sudah mencoba cara diatas namun tetap tidak bisa daftar BRImo, segera kunjungi Kantor Bank BRI terdekat.

Selamat mencoba !

3.9/5 - (37 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

26 Replies to “10 Penyebab Tidak Bisa Daftar BRImo Lewat HP”

    1. Segera ganti kartu ATM ke Bank BRI terdekat kak. Pada setiap kartu ATM BRI biasanya terdapat kode CVV, mungkin kode CVV-nya sudah pudar atau tidak kelihatan.

      1. Kalau kasus disaya..belum pernah punya akun Brimo…begitu mau bikin akun ..eh dibilang sudah pernah terdaftar

        1. Mungkin Nomor HP / Email sudah pernah di daftarkan sebelumnya mas. Coba gunakan No. HP atau email lain saat mendaftar kembali.

    1. Solusi yang mungkin bisa kamu coba :

      1. Pastikan penulisan kode OTP benar.
      2. Jangan minta permintaan kode baru karena otomatis OTP lama tidak berlaku.
      3. Coba metode verifikasi lain.

  1. Aneh bgt dah 14x ngulang , msh aja ggal kterangannya ekyt tdk terverifikasi, udh fto dan video sesuai arahan skema pengambilan ftonya padahal. Pdhl lg urgent bgt inii td mo ambil uang k atm ket transaksi sdg diproses tp tbtb keluatkartu atmnya dan duit ga kluar dttgu 20mnit g kluar jg akhrnya pindh atm pas cek saldo udh 0 . Makanya mo liat stts rwyt si brimo. Br mo bkin akun gagal trs. Aneh.

    1. Jika pendaftaran gagal terus, silahkan langsung datang ke Cabang BRI terdekat saja kak untuk aktivasi BRImo nya.

    1. Minta SMS OTP / Verifikasi sekali saja kak. SMS OTP yang masuk mungkin tidak valid karena terdapat permintaan SMS Verifikasi yang baru.

      1. Video verifikasi gagal terus, alasan internet tidak tersambung, padahal internet bagus., diulang2 berkali2 tetap gagal dengan alasan yang sama gak ada jaringan internet.

  2. Saya pakai Tabungan Junio, mau daftar brimo itu harus pake KTP orang tua atau KTP saya ?

  3. Mau nanya saya sudah mendaftar di BRI brimo itu, dan selalu kendala nya pas saya kirim kode OTP nya selalu di bilang di situ transaksi gagal😓

  4. bromo saya terblokir gimana cara mengatasinya,saya sudah coba perbaiki melaui lupa pasword tapi tidak terkirim,pulsa ada no.hp aktif

    1. Fitur lupa password memang hanya digunakan jika kamu lupa password akun BRImo kak. Untuk membuka blokir, kamu harus menghubungi CS BRI ya kak.

  5. Saya terkendala di kode OTP disitu dinyatakan “mohon maaf data anda masih tidak sama dengan data kami. (kode : SIRB)”

    1. Silahkan kunjungi Bank BRI terdekat agar CS BRI dapat membantu melakukan verifikasi data diri yang tidak valid kak.

Comments are closed.