Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

BRImo Gagal Memuat Saldo? Ini 10 Penyebab Dan Solusinya !

4 min read

Penyebab BRImo Gagal Memuat Saldo

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami kendala BRImo gagal memuat saldo? Memang kendala ini cukup sering dialami pengguna BRI Mobile. Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa solusi agar saldo BRI muncul di BRImo saat dibuka.

Pada dasarnya kamu bisa memeriksa sisa saldo BRI lewat beberapa cara seperti :

  • Mengunjungi Bank BRI terdekat dengan membawa Buku Koran agar Teller dapat mencetak riwayat mutasi dan penggunaan saldo.
  • Cek sisa saldo lewat ATM menggunakan kartu ATM.
  • Cek sisa saldo lewat aplikasi Mobile Banking BRI (BRImo).

Cara pertama dan kedua merupakan cara konvensional yang tentunya akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk melihat sisa saldo BRI kamu. Oleh karena itu, kamu bisa memilih opsi cek saldo BRI lewat BRImo karena prosesnya yang mudah dan instant.

Mengapa Aplikasi BRImo Gagal Memuat Saldo?

Saat membuka aplikasi BRImo lewat Ponsel, tentunya kamu akan langsung melihat sisa saldo BRI kamu dengan cara me-reload (tap) pada bagian informasi saldo.

Namun terkadang, terdapat kendala BRImo gagal memuat saldo yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti aplikasi BRImo dalam proses perbaikan server (maintenance).

Biasanya kendala ini tidak berlangsung lama, kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala pada aplikasi BRImo yang kamu gunakan.

Tentunya kamu juga bisa melihat informasi terupdate pada website atau media sosial BRI untuk memastikan ada atau tidaknya perbaikan pada server BRI khususnya pada aplikasi BRImo.

Tetapi jika kamu tidak sabar menunggu hingga aplikasi BRImo berfungsi kembali, kamu dapat memilih opsi lain yaitu memeriksa sisa saldo BRI lewat Bank atau ATM terdekat.

Penyebab BRImo Gagal Memuat Saldo

Jika kamu tetap ingin melihat sisa saldo kamu lewat BRImo, maka kamu perlu mengetahui penyebab BRImo tidak bisa memuat saldo.

Oleh karena, simak beberapa penyebab BRImo gagal memuat saldo berikut ini :

1. Server BRImo Sedang Error

Penyebab saldo di BRImo tidak muncul karena server BRImo sedang error ditandai dengan notifikasi error pada saat membuka aplikasi BRImo di ponsel seperti ini :

BRImo Gagal Memuat Saldo
BRImo Error

Server BRImo error biasanya disebabkan karena adanya proses perbaikan / update fitur yang dilakukan oleh pihak BRI. Tetapi jangan khawatir, server BRImo akan kembali normal dalam beberapa jam.

Kamu dapat melihat informasi di kanal website resmi atau media sosial BRI untuk mengetahui informasi progress perbaikan server BRImo ini.

2. Double Login Sehingga Saldo BRImo Gagal Dimuat

Pada dasarnya, 1 akun BRImo hanya dapat digunakan untuk 1 perangkat / device saja.

Oleh sebab itu, kegiatan login akun BRImo di 2 perangkat secara bersamaan akan menyebabkan salah satu akun logout.

Namun sebelum logout, aplikasi akan sangat lambat merespon. Termasuk dalam memuat saldo ketika aplikasi BRI Mobile Banking dibuka di ponsel.

3. Akun BRImo Terblokir

BRImo terblokir juga dapat menyebabkan sebagian atau keseluruhan fitur pada aplikasi BRImo tidak dapat digunakan termasuk untuk memuat saldo.

BRImo Gagal Memuat Saldo
BRImo Terblokir

User BRImo yang terblokir disebabkan oleh :

  • Aktivitas mencurigakan dari pengguna aplikasi BRImo.
  • Aktivitas login dan logout yang dilakukan berulang kali.
  • Salah memasukkan username dan password secara berulang.
  • Salah memasukkan PIN BRImo lebih dari tiga kali.

Jika akun BRImo terblokir, kamu dapat mengunjungi Bank BRI terdekat untuk membuka pemblokiran pada akun BRImo kamu.

4. Belum Aktivasi m-Token BRImo

Aplikasi BRImo yang sudah terinstall di ponsel belum dapat digunakan untuk bertransaksi maupun untuk memeriksa saldo jika belum aktivasi m-Token.

BRImo Gagal Memuat Saldo
Aktivasi m-Token BRImo

Oleh karena itu, gagal memuat saldo BRImo juga dapat disebabkan karena user BRImo belum diaktivasi (PIN dan m-Token). Untuk aktivasi akun BRImo dapat dilakukan lewat Bank BRI terdekat.

Untuk mengaktivasi PIN dan m-Token BRImo membutuhkan Nomor Telepon aktif dan masih dapat digunakan untuk menerima SMS OTP (One Time Password) saat aktivasi.

5. Layanan BRImo Gagal Merespon

Layaknya sebuah aplikasi, BRImo juga kerap gagal merespon karena membludaknya pengguna yang menggunakan aplikasi secara bersamaan.

Biasanya setelah dilakukan re-login, maka saldo akan berhasil dimuat kembali seperti biasa.

6. Aplikasi BRImo Belum Di Update

Update aplikasi BRImo sangat penting untuk memperbarui fitur – fitur pada aplikasi agar tetap berfungsi dengan baik.

Aplikasi BRImo lawas (belum di update) dapat menyebabkan saldo BRImo kosong sehingga saldo BRImo menjadi error dan tidak dapat menampilkan nominal saldo terkini.

Kamu dapat melihat pembaharuan aplikasi BRImo secara berkala di PlayStore atau AppStore. Jika terdapat pembaharuan aplikasi, segera update aplikasi BRImo agar kamu tetap dapat melihat saldo BRI terkini lewat akun BRImo kamu.

7. Saldo BRImo Kosong

Saldo tidak muncul di aplikasi BRImo juga terjadi karena saldo BRImo sedang kosong atau tersisa sedikit.

Hal ini biasanya terjadi pada akun BRImo yang jarang dibuka sehingga untuk memuat saldo berikutnya mengalami kendala karena saldo terus terpotong.

Fyi, pihak BRI tetap akan melakukan pemotongan saldo di BRImo walaupun aplikasi BRImo jarang digunakan.

8. Koneksi Internet Buruk

Pada dasarnya koneksi internet sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran penggunaan aplikasi Mobile Banking BRI termasuk untuk memeriksa saldo.

BRImo Gagal Memuat Saldo
Gagal Memuat Saldo

Penyebab BRImo gagal memuat saldo yang paling umum disebabkan karena koneksi internet di BRImo terputus sehingga menyebabkan saldo BRI di aplikasi BRImo tidak muncul.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan koneksi wifi untuk mendapatkan konektivitas yang lebih agar saldo BRI di aplikasi BRImo muncul.

9. Layanan BRImo Gagal Merespon

Layaknya sebuah aplikasi, BRImo juga kerap gagal merespon karena membludaknya pengguna yang menggunakan aplikasi secara bersamaan.

Biasanya setelah dilakukan re-login, maka saldo akan berhasil dimuat kembali seperti biasa.

10. BRImo Sedang Gangguan

Selain karena masalah server, terkadang aplikasi BRImo juga mengalami gangguan karena terdapat perbaikan (maintenance) atau pembaharuan layanan (updating apps).

Saat layanan BRImo mengalami gangguan, maka seluruh transaksi di aplikasi BRImo juga akan terganggu.

Termasuk saat kamu mencoba melakukan pemuatan saldo BRImo di halaman Beranda.

Aplikasi yang sedang gangguan biasanya ditandai dengan muncul nya notifikasi error atau saldo yang loading terus tetapi tidak muncul di kolom saldo.

Solusi Gagal Memuat Saldo Di Aplikasi BRImo

Secara sederhana kamu dapat mengatasi BRImo gagal memuat saldo dengan menutup aplikasi BRImo lalu membukanya kembali dalam beberapa saat.

Jika tidak berhasil, cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi saldo BRImo tidak terbaca adalah dengan mendatangi Bank BRI terdekat.

Baca Juga : 9 Cara Mendapatkan 95 Ribu Saldo Dana Gratis Dari Neo+ (100% Work)

Kemudian pilih ajukan konsultasi kendala aplikasi BRImo dengan Customer Service BRI. Setelah itu, sampaikan kendala saldo rekening utama BRImo tidak muncul kepada CS BRI agar dibantu dalam proses pengecekan pada user dan aplikasi BRImo yang kamu gunakan.

Oh ya, kamu juga dapat menghubungi CS BRI tanpa harus ke Bank melalui :

  • Call Center : 14017/1500 017
  • Email : callBRI@BRI.co.id
  • FB Messenger : BANK BRI
  • Whatsapp : 08121214017

Kesimpulan

Penyebab utama BRImo gagal memuat saldo adalah server BRImo error, akun BRImo terblokir, koneksi internet tidak stabil serta belum aktivasi atau update aplikasi BRImo sehingga saldo BRImo tidak muncul.

Pada kasus lain, saldo BRImo tidak muncul tidak akan menyebabkan transaksi lain terganggu. Kamu tetap dapat melakukan pembayaran E-Wallet atau BRIVA serta transfer ke Bank lain.

Baca Juga : 10 Cara Top Dana Lewat BRImo Tanpa Kode BRIVA

Selain itu, kamu juga tetap melihat saldo terkini lewat fitur Mutasi Saldo di aplikasi BRImo. Gunakan filter waktu hari ini atau tanggal sesuai dengan nominal penggunaan saldo yang ingin kamu periksa.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com