Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Perbedaan Bukti Transfer BRI Palsu Dan Asli Tahun 2023

Bukti Transfer BRI Palsu

Mahirtransaksi.com – Kamu memiliki bisnis belanja online dengan payment Bank BRI? Hati-hati dengan penipuan yang menggunakan bukti transfer BRI palsu yang belakangan ini sedang marak terjadi !

Tidak cukup jika berjualan hanya mengandalkan layanan e-commerce yang sistemnya jelas dan lebih aman. Perlu juga membuka lapak melalui media sosial atau kanal lainnya.

Sayangnya kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan berpura-pura sudah melakukan pembayaran. Bukti transfer palsu pun dikirim dan kamu segera mengirim barang.

Sekilas Tentang Bukti Transfer Bank BRI

Beberapa tahun terakhir cukup marak kasus struk transfer dari ATM BRI yang palsu. Hal ini karena bank ini salah satu jenis bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia hingga hari ini.

Melansir dari Kompas.com, pada awal tahun 2022 sempat ramai di Twitter soal unggahan bukti transfer palsu BRI seorang penipu yang menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Hal tersebut pun dijelaskan pengunggah, bahwa seseorang mengirimkan bukti transfer dengan alasan mendapat hadiah dari Shopee. Pelaku pun meminta transfer uang supaya uang bisa dicairkan.

Apa Itu Bukti Transfer BRI Palsu?

Bukti transfer BRI palsu merupakan struk pembayaran (payment) non-resmi dari Bank BRI yang telah di modifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat sangat mirip dengan struk transfer BRI asli.

Bukti transfer BRI palsu banyak beredar dengan alasan yang beragam. Ada penipu yang mengaku sudah mengirim uang ke penjual, ada pula yang mengatakan kelebihan transfer dan meminta uang dikembalikan.

Padahal ketika kamu mengecek di rekening tidak ada sama sekali uang yang masuk. Sayangnya tidak sedikit juga masyarakat yang menjadi korban dan akhirnya kehilangan uang ratusan bahkan jutaan rupiah.

Keuntungan Mengetahui Bukti Transfer BRI Palsu Dan Asli

Mengetahui perbedaan antara bukti transfer BRI palsu dan asli memiliki keuntungan terutama dalam melindungi diri dari penipuan dan menjaga keuangan tetap aman.

Berikut beberapa keuntungan mengetahui bukti transfer BRI palsu dan asli :

Mencegah Penipuan

Dengan memahami ciri-ciri bukti transfer BRI asli dan palsu dapat menghindari jebakan penipuan di mana penipu mencoba menunjukkan bukti transfer palsu untuk mengecoh.

Pengetahuan ini sangat penting dalam melindungi keuangan kamu di Bank BRI serta menghindari kerugian finansial akibat modus penipuan yang kian marak terjadi.

Memastikan Pembayaran Aman

Jika kamu menerima bukti transfer dari orang lain maka kamu bisa memeriksa keaslian bukti transfer sehingga dapat membantu kamu memastikan bukti yang dikirimkan asli atau palsu.

Kamu dapat memeriksa apakah tanggal dan waktu transfer sesuai dengan waktu saat ini. Jika terdapat perbedaan yang mencurigakan, bisa jadi itu adalah tanda bukti transfer BRI palsu.

Mengindetifikasi Identitas Penipu

Mengetahui cara membedakan antara bukti transfer palsu dan asli dapat membantu kamu mengidentifikasi penipu dan memberikan informasi penting kepada pihak berwenang untuk mengambil tindakan hukum.

Kamu juga dapat menghubungi pihak bank (BRI) atau otoritas yang berwenang untuk memverifikasi keabsahan bukti tersebut sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Meminimalkan Risiko Kehilangan Uang

Dengan memastikan bahwa hanya menerima pembayaran yang sah maka kamu dapat menghindari menerima dana palsu yang dapat menyebabkan kehilangan produk atau layanan yang telah kamu berikan.

Hal ini karena beberapa bukti transfer asli memiliki cap atau stempel bank yang menunjukkan keabsahan dokumen. Pastikan cap atau stempel tersebut asli.

Pengamanan Transaksi Bisnis

Jika kamu memiliki bisnis maka mengetahui bukti transfer BRI palsu dan asli membantu kamu memastikan bahwa transaksi bisnis berjalan dengan lancar dan tanpa risiko finansial yang tidak perlu.

Kamu bisa memastikan nomor referensi di bukti transfer sesuai dengan nomor referensi yang muncul dalam sistem perbankan BRI. Jika ada perbedaan, bukti tersebut dapat dicurigai palsu.

Perbedaan Bukti Transfer BRI Palsu Dan Asli

Sebagai orang yang aktif menggunakan rekening, tentunya kamu bisa lebih berhati-hati ketika mendapatkan chat dari pembeli atau penjual yang terindikasi melakukan penipuan struk transfer.

Satu hal yang bisa dilakukan selain mengecek uang di rekening adalah melihat perbedaan dari bukti transfer BRImo palsu yang dikirimkan.

Berikut rangkuman perbedaan struk BRI asli dan palsu :

Bukti Transfer BRI Palsu Bukti Transfer BRI Asli
🔰 Banyak kesalahan penulisan ✅ Tidak ada kesalahan penulisan
🔰 Font tidak baku ✅ Menggunakan Font baku
🔰 Terdapat background putih ✅ Semua kertas berisi tulisan dan logo
🔰 Terdapat kelebihan angka ✅ Penulisan angka sesuai
🔰 Jarak spasi terlalu jauh ✅ Jarak spasi tulisan normal

Saat ini sangat mudah bagi siapa saja untuk memanipulasi foto bukti transfer menggunakan aplikasi editing foto. Jika editornya lihai maka hasilnya bisa hampir benar-benar sama.

Berikut beberapa perbedaan bukti transfer BRI asli dan palsu yang perlu kamu ketahui :

Perbedaan Tulisan Struk BRI Asli Dan Palsu

Bukti yang palsu sudah pasti akan mengganti bagian tulisan ini agar sesuai dengan jenis penipuan yang dilakukan. Tulisan yang sudah diedit biasanya akan tampak warna yang jauh lebih tajam.

Kamu akan melihat warna yang sangat hitam sehingga membuatnya tidak rapi. Padahal pada bukti asli tulisan akan jauh lebih rapi.

Bukti Transfer BRI Palsu
Perbedaan Bukti Transfer BRI Palsu Dan Asli

Selain itu barisan tulisan juga terlihat lebih rapi. Padahal mungkin saja foto tersebut memiliki bentuk kertas yang miring.

Meskipun pelaku melakukan scan bukti transfer hasilnya tulisan yang diedit akan tampak berbeda. Sedangkan bukti asli tulisan akan mengikuti posisi kertas.

Perbedaan Font Bukti Transfer BRI Palsu Dan Asli

Font juga jadi bagian yang harus diperhatikan. Setiap struk ATM memiliki font yang berbeda-beda, meskipun sang penipu berusaha menyamakan namun tetap akan sulit.

Font tulisan nama terutama yang harus kamu perhatikan, biasanya akan berbeda dengan font bagian lain seperti tanggal, nomor urut dan lainnya.

Ukuran font juga biasanya akan sangat berbeda. Bisa jadi pada bagian nama pengirim akan diberikan ukuran font yang lebih besar. Padahal font pada bukti transfer aslinya akan sama semua.

Beda Jarak Spasi Bukti TF BRI Palsu Dan Asli

Bagian lain yang juga turut jadi perhatian adalah spasi antar tulisan. Sama seperti tulisan ada perbedaan yang begitu jelas. Biasanya spasi akan terlihat lebih jauh atau tidak sama pada bukti transfer BRI palsu.

Khususnya pada bagian tulisan yang kemungkinan sudah diedit seperti nama, nomor rekening dan juga tanggal. Kamu perlu menyamakan spasi pada bagian tersebut dengan nomor urut atau nama lokasi ATM.

Pada bukti yang asli seharusnya spasi ini sama semua meskipun foto diambil tidak rapi atau struk yang terlihat miring. Spasi ini sama semua mulai dari tulisan pertama hingga akhir.

Perbedaan Nomor Rekening BRI Palsu dan Asli

Ada juga informasi lain yang perlu dicek yaitu nomor rekening. Supaya meyakinkan penipu akan mengubah nomor rekening ini secara acak atau asal. Bukti rekening BRI yang asli selalu menyertakan nomor rekening namun tidak secara keseluruhan.

Nomor rekening BRI cukup panjang dan pada bagian belakang selalu ditambahkan XXX. Jadi semua nomor tidak akan ditampilkan. Hal sebaliknya justru terjadi pada bukti palsu, yang mana menampilkan semua nomor rekening.

Ciri – Ciri Bukti Transfer BRI Palsu

Untuk mengetahui apakah struk bukti transfer yang dikirimkan ke kamu adalah asli atau palsu, tentunya kamu harus mengetahui ciri – ciri bukti tf Bank BRI yang terindikasi palsu.

Berikut contoh bukti transfer BRI palsu :

Bukti Transfer BRI Palsu
Contoh Bukti Transfer BRI Palsu

Berikut ciri – ciri bukti transfer BRI palsu yang perlu kamu ketahui :

Memberikan Kelebihan Angka

Banyak penipu mengedit bukti transfer BRI palsu dengan menambahkan nol pada keseluruhan transaksi.

Misalnya uang seharusnya Rp500.000 menjadi Rp5.000.000. Ini akan menjadi alasan supaya kamu mengirim balik uang kelebihan transfer tersebut dengan alasan kekeliruan saat transfer.

Banyak Kesalahan Penulisan

Contoh lainnya adalah tidak sedikit penulisan yang salah, terutama dalam bahasa Inggris.

Misalnya pada keterangan transfer seharusnya menulis merchant tapi menjadi merchant. Dalam kasus lain, pada bukti transfer palsu biasanya tulisan bank sering diedit menjadi bang.

Terdapat Background Putih

Kamu juga bisa menemukan background putih pada tulisan yang sudah diedit. Baik di bagian nama pengirim, nominal dan nomor rekening.

Ingat, background putih ini bukan kesalahan dari struk tetapi karena editan sehingga penerima tidak akan sadar mengenai kesalahan editan ini.

Ciri – Ciri Bukti Transfer BRI Asli

Selain bukti transfer BRI yang palsu, kamu juga perlu mengenali ciri – ciri bukti tf BRI yang asli agar mengetahui perbedaan antara keduanya.

Berikut contoh bukti transfer BRI asli :

Bukti Transfer BRI Palsu
Contoh Bukti Transfer BRI Asli

Adapun ciri – ciri bukti transfer BRI asli adalah sebagai berikut :

Ukuran Kertas Persegi Panjang

Khusus BRI, bukti transfer yang keluar dari ATM berbentuk persegi panjang sesuai dengan struk yang biasanya dikeluarkan oleh mesin ATM BRI serta memiliki ukuran yang hampir sama.

Jika kamu menemukan foto dengan ukuran selain ini maka sudah pasti struk tersebut merupakan struk BRI palsu.

Tidak Terdapat Logo BRI Di Kiri Struk

Perlu diingat bahwa sekarang untuk bukti transfer sama sekali tidak ada logo BRI warna biru di sepanjang bagian kiri struk.

Kamu hanya akan melihat logo BRI di bagian atas atau logo Link di kanan atas. Logo ini berfungsi sebagai penanda bahwa struk tersebut merupakan struk asli dengan tanda watermark logo.

Bukti Transfer BRI Mobile Palsu

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat membantu kamu mengenali bukti transfer BRI Mobile palsu :

  • Nomor rekening atau nama penerima tidak sesuai dengan informasi yang seharusnya. Cek apakah nomor rekening atau nama penerima sesuai dengan yang seharusnya.
  • Terdapat kesalahan ejaan pada kata-kata atau angka. Biasanya, bukti transfer palsu memiliki kesalahan ejaan atau angka yang tidak konsisten dengan bukti transfer asli.
Bukti Transfer BRI Palsu
Contoh Bukti Transfer BRI Mobile Palsu
  • Warna atau logo pada bukti transfer tidak sama dengan yang seharusnya.
  • Terdapat perbedaan format atau layout bukti transfer. Biasanya, bukti transfer palsu memiliki format atau layout yang berbeda dari bukti transfer asli.
  • Terdapat perbedaan pada tanda tangan atau stempel pada bukti transfer.

Jika kamu memiliki keraguan atau mencurigai bahwa bukti transfer BRI Mobile yang kamu terima palsu, sebaiknya segera menghubungi pihak bank untuk melakukan verifikasi dan memastikan keabsahan bukti transfer tersebut.

Tips Menghindari Penipuan Bukti Transfer BRI Palsu

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengamati dengan seksama tulisan dan tahu apa saja perbedaannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, berikut beberapa tips menghindari penipuan bukti transfer BRI palsu yang perlu kamu ketahui :

Aktifkan M Banking

Kamu sebaiknya menggunakan layanan M Banking supaya bisa mengecek mutasi secara langsung.

Minimal selain M Banking adalah SMS Banking, sehingga pengecekan bisa dilakukan saat itu juga ketika pengirim mengatakan sudah melakukan transfer ke rekening BRI kamu.

Laporkan Indikasi Penipuan

Kamu bisa melaporkan ke bank bahwa mendapatkan bukti transfer BRI palsu ke pihak Bank BRI dengan melakukan pelaporan ke Contact Center BRI 14017/1500017 atau mengunjungi Unit Kerja BRI terdekat.

Kamu juga dapat melapor ke pihak berwajib supaya bisa ditindaklanjuti dan tidak ada korban penipuan lainnya dengan kasus yang sama.

Cek Nomor HP Pengirim Struk

Sekarang ada banyak aplikasi yang bisa mengecek nomor HP secara online yang dapat melihat riwayat penyimpanan kontak nomor tersebut di HP orang lain.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Get Contact untuk mengetahui apakah chat berasal dari nomor penipu dengan memperhatikan tag yang diberikan orang – orang pada nomor HP tersebut.

Tips Mengenali Struk BRI Palsu Dan Asli

Tingginya angka penipuan di Indonesia membuat kamu harus waspada. Mengecek bukti transfer BRI palsu baik itu struk ATM atau screenshot transfer m banking harus kamu pastikan terlebih dahulu.

Baca Juga : 10 Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank BRI Atau Bank Lain

Kamu tinggal menanyakan nama pengirim dan mencari tahu apakah saldo sudah benar-benar masuk. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi BRImo untuk mengecek jumlah saldo BRI secara real-time.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.