Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke BI Fast Dan Bank Lain

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengami kendala BRImo tidak bisa transfer uang baik ke sesama pengguna BRI atau ke Bank lain? Tentunya setiap pengguna aplikasi Mobile Banking BRI ini pernah mengalaminya. Tapi tenang, berikut solusi agar BRImo bisa transfer kembali.

BRImo adalah aplikasi Mobile Banking dari BRI yang menggunakan teknologi berbasis data internet sehingga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

Untuk melakukan kegiatan transaksi, nasabah bank BRI hanya perlu mengunduh aplikasi BRImo melalui Google Play Store atau App Store secara gratis.

Dengan BRImo kamu bisa melakukan kegiatan transaksi seperti transfer uang, cek saldo, cek mutasi, Top Up, hingga membuka rekening tabungan secara online.

Kenapa BRImo Transfer Gagal?

Tetapi meskipun begitu, selalu ada saja masalah yang kerap terjadi seperti pengguna BRImo yang tidak bisa melakukan transfer ke sesama BRImo atau ke Bank lain.

Pada dasarnya, ada dua faktor yang menyebabkan tidak bisa transfer BRImo yaitu kesalahan pengguna misalnya salah memasukkan Nomor Rekening atau BRImo sedang diblokir atau karena adanya kesalahan sistem aplikasi BRI.

Namun pada kebanyakan kasus yang sama, transfer BRImo akan tetap kembali normal setelah menunggu beberapa saat. Hal ini terjadi karena memang terkadang aplikasi BRImo error saat digunakan.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) selaku pengembang dari BRImo tentunya terus berupaya memberikan kinerja dan performa aplikasi yang terbaik.

Berikut beberapa penyebab BRImo tidak bisa transfer ke Bank BRI atau ke Bank lain :

Nomor Rekening Tujuan Transfer Tidak Valid

Penyebab transfer BRImo gagal disebabkan kesalahan pengguna dalam memasukkan nomor rekening tujuan transfer.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Kesalahan dalam memasukkan Nomor Rekening ini biasanya terjadi karena nomor rekening tujuan kelebihan angka, salah angka, atau bahkan salah memasukkan kode bank tujuan.

Dalam melakukan transfer baik ke sesama bank maupun bank yang berbeda, pengguna harus memasukkan nomor rekening tujuan transfer dengan benar agar proses transfer berhasil.

Limit Transfer Harian Sudah Habis

Nomor rekening tujuan sudah benar, tapi BRImo masih tidak bisa transfer ke bank lain? Mungkin kendala tersebut disebabkan oleh limit transfer yang telah habis.

BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Yuk, Tukar Pulsa Sekarang

Limit transfer sendiri adalah batas maksimal untuk melakukan transfer, baik ke sesama bank maupun bank yang lainnya.

Bagi kamu pengguna BRImo, limit transfer ke sesama BRI adalah Rp100.000.000 hingga Rp500.000.000 per hari. Sedangkan limit transfer BRImo ke Bank lain hanya Rp10.000.000 per hari.

Saldo BRImo Tidak Cukup

Saat transfer uang melalui BRImo, pastikan saldo BRI kamu cukup. Faktanya, 70% pengguna yang mengalami gagal transfer BRImo disebabkan karena saldo BRI tidak mencukupi.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Perlu kamu ketahui bahwa untuk transfer BRI ke Bank lain akan dikenakan biaya tambahan (admin) sebesar Rp6.500 / transaksi. Sedangkan transfer ke sesama Bank BRI tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu harus memiliki minimal saldo Rp50.000  setelah transfer ke sesama Bank BRI atau ke Bank lain.

Akun BRImo Terblokir

Selain karena tiga faktor diatas, transfer via BRImo gagal karena BRImo terblokir juga sering dialami oleh pengguna Mobile Banking BRI ini. Saat user BRImo terblokir, secara otomatis semua transaksi di dalam aplikasi akan dibatalkan.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Penyebab BRImo terblokir juga beragam, kamu bisa membaca ulasan lengkap penyebab BRImo terblokir dan cara mengatasinya Disini.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Masalah pada koneksi internet BRImo juga dapat menyebabkan gagal transfer BRImo ke sesama BRImo atau ke Bank lain.

Oleh karena itu sebelum menggunakan aplikasi BRImo, pastikan kamu mengecek kembali koneksi internet yang digunakan agar tetap stabil sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan lancar.

Belum Aktivasi Akun BRImo

BRImo tidak bisa digunakan untuk transfer sebelum diaktivasi karena akun pengguna yang belum terdaftar sebagai pengguna aplikasi Mobile Banking.

Aplikasi BRImo yang telah di unduh lewat Play Store atau App Store harus diaktivasi terlebih dahulu lewat Bank BRI terdekat sebelum digunakan untuk transaksi.

Server BRImo Sedang Error

Penyebab tranfer BRImo gagal tapi saldo berkurang adalah karena server BRImo yang mengalami down atau error sehingga sistem BRI gagal memproses pemidahan saldo.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Server BRImo Error disebabkan karena banyaknya pengguna yang membuka aplikasi secara bersamaan atau aplikasi BRI Mobile Banking sedang dalam tahap maintenance atau pembaruan.

Sudah Jam Offline Bank BRI

Jam offline sendiri adalah waktu dimana pemeliharaan sistem bank dilakukan. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukan transaksi seperti transfer, Top Up atau pembayaran BRIVA.

Namun pada saat transfer biasanya saldo yang ditransfer tidak langsung masuk ke rekening tujuan (pending).

Maka dari itu, bagi kamu pengguna BRImo jangan lupa untuk memastikan dan selalu melakukan kegiatan transaksi apapun di jam online Bank BRI yang biasanya dimulai pada pukul 23:00 sampai 04:00 WIB.

Cache Aplikasi BRImo Menumpuk

Cache adalah istilah data sementara yang tersimpan dalam sistem penyimpanan internal smartphone. Pada dasarnya, cache sendiri berfungsi untuk mempercepat loading pada aplikasi.

Namun apabila cache aplikasi BRImo sudah menumpuk dapat menyebabkan sistem aplikasi gagal memproses transaksi termasuk saat transfer BRImo.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain
Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Kamu bisa membersihkan chache aplikasi BRImo dengan cara membuka Pengaturan > aplikasi terinstall > BRImo. Kemudian pilih Hapus Chache aplikasi.

Bank Penerima Transfer Sedang Gangguan

Selain masalah pada aplikasi BRImo, kendala juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada akun Bank penerima transfer.

Misalnya saat kamu ingin mengirim uang dari BRI ke Dana tetapi transfer ditolak, maka bisa saja aplikasi Dana sedang mengalami gangguan sehingga transfer saldo dari BRImo tidak masuk.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer BI Fast

BRImo adalah salah satu layanan perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer uang secara online. Namun, terkadang pengguna BRImo mengalami kendala saat melakukan transfer dengan menggunakan BI Fast.

Berikut ini adalah beberapa penyebab BRImo tidak bisa transfer BI Fast :

  • Koneksi internet yang buruk – Jika koneksi internet tidak stabil atau lemah, maka BI Fast tidak akan bisa digunakan untuk melakukan transfer uang melalui BRImo.
  • Tidak memiliki cukup saldo di rekening – Jika saldo tidak mencukupi, maka transfer tidak bisa dilakukan.
  • Masa berlaku token key habis – Jika masa berlaku token key habis, maka BI Fast tidak bisa digunakan.
  • Belum melakukan registrasi BI Fast – Pengguna BRImo perlu mendaftar terlebih dahulu pada BI Fast agar bisa menggunakan layanan transfer uang ini.
  • Kesalahan memasukkan kode akses BI Fast – Jika terjadi kesalahan saat memasukkan kode akses BI Fast, maka transfer uang tidak akan berhasil dilakukan.
  • Jaringan BI Fast sedang bermasalah – Jika sedang terjadi gangguan pada jaringan BI Fast, maka transfer uang tidak bisa dilakukan melalui layanan ini.
  • Terdapat masalah pada akun BRImo – Misalnya akun terblokir atau terkunci, maka transfer uang menggunakan BI Fast juga tidak akan berhasil.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Dana

BRImo merupakan layanan perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi transfer uang ke layanan e-wallet seperti Dana dan ewallet lain.

Namun, terkadang pengguna BRImo mengalami kendala saat melakukan transfer ke Dana. Berikut ini beberapa penyebab BRImo tidak bisa transfer ke Dana :

  • Nomor penerima Dana salah – Jika nomor salah atau tidak aktif, maka transfer tidak akan berhasil.
  • Saldo BRImo tidak cukup – Jika saldo tidak mencukupi, maka transfer tidak bisa dilakukan.
  • Maintenance aplikasi BRImo – Terkadang aplikasi BRImo mengadakan maintenance pada server dan layanan yang membuat fitur transfer tidak bisa digunakan.
  • Akun BRImo bermasalah – Jika terdapat masalah pada akun BRImo seperti akun terblokir atau terkunci, maka transfer ke Dana juga tidak akan berhasil.

BRImo Tidak Bisa Transfer Tidak Ada Sumber Dana

Masalah tidak bisa transfer BRImo dengan pesan Tidak Ada Sumber Dana disebabkan karena tidak ada saldo yang terdapat sumber Dana yang kamu pilih di aplikasi BRImo.

Berikut beberapa penyebab BRImo tidak bisa transfer karena tidak ada sumber Dana :

  • Saldo Tidak Cukup – Saldo di rekening tidak mencukupi untuk melakukan transfer. Oleh sebab itu, pastikan bahwa saldo mencukupi untuk jumlah transfer dan biaya yang mungkin dikenakan.
  • Batas Transaksi Harian – Bank biasanya memberlakukan batas transaksi harian untuk melindungi keamanan akun BRImo kamu.
  • Kendala Teknis – Masalah teknis dengan sistem perbankan yang dapat menyebabkan pesan ini muncul meskipun kamu memiliki saldo yang cukup.

Cara Mengatasi BRImo Tidak Bisa Transfer

BRImo (BRI Mobile) adalah aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh Bank BRI yang digunakan untuk mengakses layanan perbankan melalui ponsel pintar.

Jika kamu mengalami masalah dengan BRImo dan tidak bisa melakukan transfer terdapat beberapa cara mengatasi masalah tersebut.

Berikut cara mengatasi BRImo tidak bisa transfer yang bisa kamu coba :

Periksa Koneksi Internet

Pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat menggunakan aplikasi BRImo.

Koneksi yang buruk atau lambat dapat menyebabkan masalah saat melakukan transaksi. Cobalah untuk menggunakan jaringan Wi-Fi atau data seluler yang kuat.

Periksa Saldo BRImo

Pastikan bahwa saldo di rekening BRImo mencukupi untuk melakukan transfer yang kamu rencanakan.

Jika saldo tidak mencukupi maka kamu tidak akan dapat melakukan transfer ke BI Fast maupun ke rekening lain. Selain itu, periksa juga batas transaksi harian yang ditetapkan oleh bank.

Perbarui Aplikasi BRImo

Pastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru aplikasi BRImo karena terkadang masalah BRImo tidak bisa transfer bisa terjadi karena versi yang sudah usang.

Pastikan kamu telah mengunduh dan memasang pembaruan terbaru dari toko aplikasi (Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS).

Restart Aplikasi

Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan BRImo kamu bisa mencoba menututup aplikasi sepenuhnya dan kemudian buka kembali.

Terkadang terdapat masalah teknis kecil dapat diatasi dengan melakukan restart apliklikasi BRImo. Setelah di restart, kamu dapat login kembali lalu mencoba transfer saldo ke akun Bank penerima.

Tips Agar BRImo Bisa Transfer

Gagal transfer BRImo disebabkan oleh sistem aplikasi BRI error dalam memproses transaksi karena saldo BRI tidak cukup atau salah input Nomor Rekening sehingga pemindahan saldo tidak bisa dilakukan.

Berikut ini beberapa tips agar BRImo bisa transfer saldo dengan lancar :

  • Sebelum melakukan transfer, pastikan saldo di rekening BRImo kamu mencukupi untuk melakukan transaksi.
  • Pastikan nomor tujuan yang kamu masukkan adalah benar dan sesuai dengan data yang dimiliki oleh penerima.
  • Pastikan jaringan internet yang digunakan saat melakukan transfer cukup stabil dan lancar agar tidak terjadi gangguan saat transaksi.
  • Token key adalah faktor pengaman yang digunakan oleh BRImo. Pastikan token key sudah terdaftar dan diaktivasi sebelum melakukan transaksi.
  • Pastikan limit transaksi yang diberikan oleh BRImo sudah mencukupi untuk melakukan transfer dengan jumlah yang diinginkan. Jika limit tidak mencukupi, maka transfer tidak akan berhasil.

Baca Juga : BRImo Tidak Bisa Login? Ini 10 Penyebab Dan Cara Mengatasinya !

Sebelum melakukan transaksi lewat BRImo sebaiknya pastikan saldo sudah mencukupi serta memastikan aplikasi yang digunakan sudah termasuk versi terbaru.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.