Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Penyebab BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799 Dan Solusinya

BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799

Mahirtransaksi.com – BRImo transaksi gagal kode FP2799 merupakan salah satu notifikasi error Mobile Banking BRI yang paling sering muncul saat bertransaksi lewat BRI Mobile.

Tidak jarang BRI Mobile error bisa membutuhkan waktu beberapa jam agar mobile banking bisa bekerja dengan normal kembali. Tentu hal itu cukup mengganggu aktivitas transaksi kita.

Bagi para pengguna BRImo atau BRI mobile, transaksi gagal dengan kode FP2799 mungkin bukan hal yang asing. Beberapa orang pernah mengalaminya sehingga aktivitas transaksi terganggu.

Sekilas Tentang Aplikasi BRImo

BRImo adalah aplikasi mobile banking yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan secara online melalui smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan BRI secara mudah, cepat dan aman dengan PIN dan fingerprint untuk memastikan keamanan transaksi perbankan yang dilakukan.

Dalam aplikasi BRImo, kamu dapat melakukan berbagai transaksi perbankan seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, cek saldo dan mutasi rekening, pembukaan deposito dan masih banyak lagi.

Jenis Kode BRImo Transaksi Gagal

Transaksi gagal merupakan hal yang wajar dalam sebuah aplikasi Mobile Banking. Pada umumnya transaksi yang gagal tidak akan memotong saldo sama sekali.

Kendala transaksi gagal di aplikasi BRImo bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya juga beragam mulai dari gangguan aplikasi, aplikasi error, akun bermasalah hingga adanya masalah pada ponsel.

Berikut beberapa list kode transaksi BRImo gagal beserta penyebabnya :

  • BRImo Transaksi Gagal Kode FP 2704 : Kode FP2704 di aplikasi BRImo menandakan transaksi gagal karena adanya gangguan pada Bank Penerima Dompet Digital yang digunakan misalnya Dana, GoPay, SPay atau OVO.
  • Transaksi Gagal Kode FP 2714 Di BRImo : Kode 2714 di aplikasi BRImo menandakan transaksi gagal karena tagihan atau Nomor BRIVA (dalam hal ini nomor ewallet) tidak ditemukan atau tidak valid.
BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
Kode 2714 BRImo
  • BRImo Transaksi Gagal Kode FP 2651 / MT 62 : Transaksi Gagal kode FP2651 atau MT62 mengindikasikan adanya gangguan pada server aplikasi (maintenance server) sehingga transaksi tidak dapat dilakukan.
  • Transaksi Gagal Kode FP 2614 : Kode FP 2614 BRImo mengindikasikan nomor ewallet penerima top up saldo tidak valid.
  • BRImo Transaksi Gagal PC98 : Kode PC98 pada notifikasi BRImo menandakan bahwa transaksi gagal karena data yang dimasukkan saat proses transaksi dinyatakan tidak valid karena terdapat kesalahan pada Nomor rekening atau nominal transaksi.
  • BRImo Transaksi Gagal Kode 02 : Kode 02 yang menyatakan transaksi di aplikasi BRImo gagal menandakan bahwa transaksi mengalami delay atau keterlambatan sehingga kehabisan waktu untuk memproses data.
  • BRImo Transaksi Gagal Kode Sia9 : Kode Si9 di BRImo menyatakan bahwa transaksi gagal karena nasabah belum melengkapi proses registrasi sehingga nasabah harus melakukan verifikasi untuk melanjutkan transaksi.

Apa Itu BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799?

Transaksi BRImo gagal dengan kode FP2799 menunjukkan adanya kendala pada transaksi yang terjadi karena masalah jaringan yang lemot atau sistem Mobile Banking BRI yang sedang mengalami gangguan.

BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
Kode FP2799 BRImo

Kode FP2799 ini biasanya muncul di bagian atas HP dengan latar berwarna merah. Kode tersebut menandakan BRImo tidak bisa top up dompet digital seperti DANA, OVO, ShopeePay atau GoPay.

Kegagalan transaksi ini seringkali sudah mengurangi saldo BRImo namun transaksi tidak berhasil. Artinya tidak ada dana yang masuk ke dompet digital.

Penyebab Transaksi Gagal BRImo Kode FP2799

Jika kasus seperti ini terjadi, maka kamu harus segera memperbaikinya ke pihak bank agar tidak terjadi kerugian.

Namun pada beberapa kasus, transaksi gagal dan tidak memotong saldo di mobile banking BRI/BRImo. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah melakukan top up ulang dengan koneksi internet yang lebih baik.

Penyebab BRImo Transaksi Gagal FP2799 Solusi
✅ Server BRImo Gangguan ⚡ Cek server BRImo atau tunggu sampai server kembali normal
✅ Koneksi Internet Terputus ⭐ Ganti koneksi internet ke Wifi atau Hotspot portable
✅ Chache Aplikasi Menumpuk ⚡ Hapus Chache aplikasi
✅ Aplikasi BRImo Belum Update ☑️ Update aplikasi BRImo
Akun BRImo bermasalah ⭐ Hubungi Call Center BRImo

Tetapi sebelum itu, simak beberapa penyebab transaksi gagal kode FP2799 di BRImo berikut ini :

Koneksi Internet Terputus

Semua mobile banking termasuk BRImo membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa melakukan transaksi dengan lancar.

BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
BRImo Koneksi Terputus

Kode FP2799 biasanya muncul karena koneksi internet lemot atau bahkan terputus secara tiba-tiba padahal transaksi belum selesai sehingga muncul notifikasi transfer error.

Chache Aplikasi Menumpuk

BRImo merupakan mobile banking dalam bentuk aplikasi. Seperti halnya aplikasi lainnya, terdapat cache atau data sementara dari berbagai kegiatan yang dilakukan aplikasi.

Jika cache menumpuk, tak menutup kemungkinan terjadinya gangguan di aplikasi sehingga menyebabkan error saat transaksi karena penggunaan resource yang terlalu besar.

Server BRImo Gangguan

Selain karena faktor terputusnya koneksi internet, Maintenance server BRImo juga bisa menjadi penyebab munculnya kode gagal tersebut. Server layanan mbanking juga bisa saja mengalami gangguan.

BRImo Transaksi Gagal FP2799
Server BRImo Gangguan

Jika gangguan terjadi saat transaksi sedang berlangsung, maka transaksi akan gagal dan munculnya kode kesalahan seperti kode 2799, 2704 atau 2714 di BRImo milikmu.

Aplikasi BRImo Belum Update

Para pengembang dari setiap aplikasi rutin melakukan pembaruan. Tujuannya ialah untuk meningkatkan performa aplikasi sehingga lebih nyaman digunakan.

Jika kamu belum update aplikasi BRImo, kode eror ini bisa saja terjadi. Dikarenakan kamu masih menggunakan versi lama yang belum diperbaiki dan diperbarui.

Server Aplikasi BRImo Padat

Transaksi yang gagal karena server aplikasi BRImo pada sehingga server yang digunakan untuk memproses transaksi tidak dapat menangani beban kerja yang besar.

Hal ini dapat mengakibatkan waktu respons yang lambat atau bahkan kegagalan dalam menyelesaikan transaksi sehingga kamu harus menunggu beberapa saat lalu mencoba melakukan transaksi.

Penyebab padatnya server bisa beragam seperti banyaknya pengguna yang mencoba mengakses aplikasi pada waktu yang sama terutama pada jam sibuk yang menyebabkan lonjakan penggunaan aplikasi.

Kenapa BRImo Transaksi Gagal Kode FP2769?

Kode kesalahan FP2769 saat transaksi BRImo menunjukkan adanya masalah dalam pemrosesan transaksi kare koneksi internet saat menggunakan BRImo terputus tiba – tiba sehingga transaksi dianggap fraud.

Kode ini adalah salah satu dari berbagai kode kesalahan yang digunakan oleh sistem perbankan dan aplikasi perbankan BRImo untuk mengidentifikasi sumber masalah dalam suatu transaksi.

Selain itu, munculnya kode transaksi gagal BRImo FP2769 juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gangguan jaringan, server yang sibuk atau masalah dalam proses verifikasi transaksi.

Selain itu, kode ini juga dapat muncul jika informasi yang kamu masukkan saat melakukan transaksi tidak valid atau tidak sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh BRImo.

Kenapa BRImo Transaksi Gagal Kode QC?

Kode kesalahan QC saat transaksi di BRImo biasanya menunjukkan masalah terkait dengan informasi transaksi atau data yang kamu masukkan tidak memenuhi standar atau validasi yang diperlukan oleh sistem BRImo.

Misalnya kesalahan dalam memasukkan nomor rekening, jumlah yang tidak sesuai format atau informasi lain yang tidak valid.

Untuk mengatasi masalah BRImo transaksi gagal kode QC, sebaiknya periksa kembali semua informasi yang kamu masukkan saat transaksi seperti nomor rekening, jumlah dan data lain sesuai dengan ketentuan BRImo.

Jika kamu masih mengalami kesulitan dan transaksi tetap gagal dengan kode QC, sebaiknya menghubungi layanan pelanggan BRImo untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut tentang langkah-langkah yang perlu diambil.

Cara Mengatasi Kode FP2799 BRImo

Seperti halnya masalah pada Mobile Banking lainnya, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya notifikasi error ini. Setelah itu, kamu dapat melakukan perbaikan agar notifikasi tersebut tidak muncul lagi.

Jika kamu mengalami hal tersebut namun tidak mengurangi saldo, silakan simak cara mengatasi kode FP2799 di BRImo berikut ini :

Update Aplikasi BRImo

Langkah pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi BRImo transaksi gagal kode FP2799 ialah dengan update aplikasi BRImo.

Update aplikasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kita bisa menggunakan aplikasi versi terbaru yang lebih baik.

Langkah-langkah untuk update aplikasi BRImo antara lain:

  • Dari HP android atau iPhone milikmu, silakan buka Google Playstore atau App Store.
  • Ketuk foto profilmu yang terletak di bagian kanan atas.
  • Setelah itu, klik opsi Manage Apps and Devices.
  • Berikutnya, klik opsi See Details pada kolom yang menampilkan update aplikasi.
  • Akan muncul sejumlah aplikasi yang perlu kamu update. Silakan cari aplikasi BRImo.
  • Klik opsi Update di aplikasi BRImo.
BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
Update Aplikasi BRImo
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update selesai. Pastikan kamu memiliki kuota internet dan koneksi yang stabil.

Sebenarnya kamu juga bisa langsung mencari aplikasi BRImo di kolom pencarian Google Playstore lalu memilih opsi Update.

Namun mengingat ada cukup banyak aplikasi serupa, nampaknya akan cukup membingungkan. Aplikasi yang sudah kamu pasang akan bertuliskan terpasang.

Hapus Chache Aplikasi

Langkah kedua untuk menyelesaikan masalah kode FP2799 pada BRImo ialah dengan menghapus cache atau data sementara pada aplikasi BRImo milikmu.

Cara ini juga terbilang efektif apalagi jika kamu sudah memasang aplikasi BRImo terbaru namun masih mengalami kendala yang sama.

Untuk menghapus cache aplikasi BRImo, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka menu utama di HP kamu.
  • Setelah itu buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Berikutnya pilih opsi Apps and Notifications.
  • Kini saatnya kamu memilih opsi Apps Info. Akan muncul sejumlah aplikasi yang dipasang di HP kamu. Biasanya aplikasi diurutkan berdasarkan alfabet.
  • Kemudian klik aplikasi BRImo.
BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
Hapus Chache BRImo
  • Akan muncul info detail aplikasi tersebut. Untuk membersihkan cache aplikasi pilih opsi Storage and Cache.
  • Setelah itu pilih opsi Clear Cache.

Perlu dicatat bahwa biasanya menu dan pengaturan ponsel akan berbeda-beda tergantung merk dan jenisnya. Namun pada dasarnya langkah-langkahnya tidaklah jauh berbeda.

Cek Koneksi Internet

Jika dua langkah di atas sudah kamu lakukan namun transaksi masih saja gagal, sebaiknya cek koneksi internet selulermu.

Bisa jadi transaksi terus gagal karena BRImo tidak ada koneksi internet. Untuk mengatasinya silakan terlebih dahulu aktifkan mode pesawat dengan cara :

  • Usap bagian atas layar HP akan muncul beberapa opsi.
  • Pilih opsi mode pesawat atau ikon pesawat.
  • Tunggu sekitar 1 menit lalu matikan mode pesawat.

Cara ini seperti me-restart koneksi internet di HP. Meski terbilang sederhana, namun terbukti efektif agar koneksi internet lebih stabil sehingga bisa digunakan dengan nyaman.

Jika cara ini sudah dilakukan namun koneksi internet masih lemah, sebaiknya periksa apakah kamu masih memiliki sisa paket data atau tidak. Jika ternyata masih ada carilah lokasi lain untuk mengakses internet agar koneksi lebih stabil.

Pastikan Server BRImo Normal

Jika ketiga cara di atas sudah kamu lakukan namun masih juga terjadi gangguan dan error, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah server BRImo sedang mengalami gangguan.

Kamu bisa memastikan hal ini dengan memeriksa aplikasi BRImo di perangkat lain. Misalnya, di perangkat milik teman atau rekan kerjamu. Jika berjalan normal, itu artinya server BRImo tidak mengalami gangguan.

BRImo Transaksi Gagal Kode FP2799
Kondisi Server BRImo

Namun jika terjadi sebaliknya, sudah bisa dipastikan masalah tidak terletak pada perangkat atau koneksi internetmu, melainkan pada server BRImo.

Kamu juga bisa bertanya di media sosial seperti Whatsapp, Facebook atau Instagram. Tanyakan pada pengguna lainnya apakah aplikasi BRImo mereka gangguan atau tidak.

Alternatif Transaksi Lewat ATM

Jika aplikasi BRImo sedang gangguan, kamu tetap bisa melakukan transaksi dengan cara mengunjungi bank BRI terdekat atau transaksi lewat ATM.

Berikut langkah – langkah top up saldo ewallet lewat ATM jika BRImo sedang gangguan :

  • Masukkan kartu ATM lalu masukkan PIN seperti biasa.
  • Pilih opsi Menu Lainnya.
  • Kemudian pilih opsi Pembayaran/Pembelian.
  • Selanjutnya pilih menu Pembayaran Lainnya.
  • Pilih opsi BRIVA
  • Masukkan nomor virtual account dompet digital.
  • Setelah itu masukkan nominal top up yang kamu inginkan.
  • Jika sudah benar klik Ya.

Tips Atasi Transaksi Gagal Di BRImo 

Gagalnya transaksi di mobile banking BRI memang cukup membuat kesal. Apalagi jika kamu berada dalam situasi terdesak yang mengharuskan transaksi secepatnya.

Oleh sebab itu, simak tips untuk mengatasi aplikasi BRImo gangguan sehingga transaksi gagal berikut ini :

  • Pastikan server dan koneksi internet normal sebelum transaksi.
  • Pastikan nomor rekening penerima benar.
  • Hindari transaksi pada jam – jam sibuk.
  • Jangan salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali.
  • Cek apakah saldo sudah masuk setelah transaksi.

Itulah beberapa ulasan penyebab dan solusi jika transaki di aplikasi BRI Mobile gagal dengan kode – kode tertentu. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas atau hubungi call center BRI bila perlu.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.