Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

19 Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia [Update 2021]

6 min read

Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia [Update 2021]

Mahirtransaksi.com – Dengan Power Merchant Tokopedia, kamu bisa meningkatkan omzet penjualan hingga 115%. Penasaran? Yuk, simak cara menjadi Power Merchant di Tokopedia tanpa biaya bulanan berikut ini !

Kalau kamu sering belanja di Tokopedia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Power Merchant. Toko berlabel mahkota lebih dipercaya dan banyak dikunjungi pembeli dibandingkan toko regular.

Kalau kamu berpikir bahwa proses menjadi Power Merchant itu rumit dan mahal, kamu salah besar. Power Merchant adalah salah satu fitur Tokopedia untuk toko-toko yang kinerjanya memuaskan. Ya, syarat utamanya hanya performa.

Proses pengajuannya pun sangat mudah dan cepat. Verifikasi tidak membutuhkan banyak dokumen legal seperti yang dimiliki toko – toko besar. Semua prosesnya dilakukan secara online lewat website dan aplikasi.

Dengan kata lain, kamu bisa mendaftarkan tokomu menjadi Power Merchant secara gratis tanpa biaya. Jika data – data toko kamu valid, maka kamu akan diterima menjadi Power Merchant di Tokopedia dengan mudah.

Apa Itu Power Merchant Tokopedia?

Sebelum membahas lebih detail ke hal – hal teknis, pertama-tama kamu harus tahu dulu apa itu Power Merchant dan apa saja perbedaan Power Merchant dan toko regular.

Tidak hanya dari labelnya, Power Merchant juga lebih powerfull dibandingkan lapak kompetitor yang belum punya mahkota (penjual biasa).

Sama seperti Star Seller / Star+ Seller di shopee, di Tokopedia juga terdapat Power Merchant yang prinsipnya hampir sama yakni memberikan dukungan fitur eklusif kepada penjual untuk meningkatkan penjualannya.

Dilansir dari website resmi Tokopedia, Power Merchant adalah keanggotaan Seller yang menawarkan berbagai fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Artinya, toko dengan Power Merchant dapat mengakses berbagai fitur yang belum tentu didapatkan oleh seller regular.

Layaknya fitur ‘premium’, dengan label mahkota ini di toko kamu, tingkat kepercayaan pembeli juga akan meningkat hingga 120%.

Keunggulan Power Merchant Tokopedia

Lalu apa saja sebenarnya fitur unggulan Power Merchant Tokopedia ini? Perbedaan fitur yang dapat dinikmati oleh Toko dengan Power Merchant dengan Toko Reguler dapat kamu lihat pada gambar berikut ini :

Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Keunggulan Power Merchant

Berikut 8 keunggulan Power Merchant Tokopedia dibandingkan toko biasa (reguler) :

1. Cover & Label Khusus Power Merchant

Dengan menjadi Power Merchant di Tokopedia, kamu akan mendapatkan kesempatan mengubah cover / sampul toko semenarik mungkin. Tentunya ini akan sangat berguna untuk meningkatkan branding’ toko.

Selain itu, profil toko dan produk juga akan mendapatkan label ‘Power Merchant’ berupa mahkota berwarna emas yang menandakan bahwa toko-mu sudah tergabung dalam fitur Power Merchant Tokopedia ini.

2. Saldo Prioritas & Modal Toko

Jika toko kamu sudah terdaftar dalam program Power Merchant Tokopedia, maka kamu berhak mendapatkan 2 fitur pengelolaan keuangan berikut ini :

  • Saldo Prioritas : Kamu bisa menarik saldo penjual ke rekening bank bahkan sebelum pesanan diterima oleh pembeli.
  • Modal Toko : Kamu dapat mengajukan pinjaman ke Tokopedia sebagai modal toko kamu tanpa syarat.

Dengan kedua fitur tersebut, kamu dapat mengelola keungan toko dengan mudah dan terperinci.

3. Bebas Ongkir

Sebagai Power Merchant, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan fasilitas Power Merchant Tokopedia gratis ongkir. Ini adalah salah satu pertimbangan pembeli dalam berbelanja.

Produk bebas ongkir pasti lebih menarik karena biaya pengiriman bisa dipangkas jadi nol rupiah. Posisikan dirimu sebagai pembeli, pasti kamu lebih memilih produk bebas ongkir daripada yang dikenai biaya ongkir kan?

Fitur bebas ongkir ini bisa kamu dapatkan secara gratis berdasarkan tingkat loyalty akun Tokopedia kamu. Kamu juga akan mendapatkan Cashback Power Merchant Tokopedia secara gratis setiap penjualan produk yang langsung masuk ke saldo OVO Points toko-mu.

4. Toko Lebih Terpercaya

Toko berlabel Power Merchant juga lebih dipercaya pembeli dibandingkan toko regular. Logikanya, kalau sudah terdaftar sebagai Power Merchant, berarti produk dan pelayanannya memang memuaskan.

Tidak semua toko bisa menjadi Power Merchant. Jadi, kalau tokomu berhasil mendapatkan label ini, pembeli juga merasa lebih aman saat berbelanja di lapakmu.

Dengan Power Merchant, kamu bisa lebih mudah mengalahkan kompetitor yang statusnya masih regular.

5. Akses Ke Fitur Eksklusif

Tokopedia menyediakan banyak fitur khusus yang hanya diberikan pada Power Merchant.

Pertama, kamu bisa mengiklankan produkmu dengan fitur Top Ads. Ini adalah fitur iklan pilihan yang hasilnya lebih maksimal dibandingkan iklan biasa.

Kedua, akses ke wawasan pasar. Fitur ini menampilkan kondisi pasar dan posisi tokomu di tengah persaingan. Dengan fitur ini, kamu bisa menjalankan strategi untuk mengembangkan bisnismu dengan lebih terencana.

Ketiga, statistik penjualan. Ini adalah fitur yang menampilkan kinerja tokomu secara berkala. Kamu bisa memantau naik-turunnya penjualan dan menentukan strategi bisnis berdasarkan data – data valid.

6. Broadcast Gratis

Jika toko berhasil memperoleh keuntungan Rp.3.000.000 perbulan atau maksimal 10 orderan setelah terdaftar di Power Merchant Tokopedia, maka kamu berhak mendapatkan akses 200 broadcast secara gratis ke sesame pengguna Tokopedia.

Fitur broadcast ini sangat penting untuk mempromosikan toko / produk yang kamu jual secara gratis ke pembeli melalui fitur chat Tokopedia.

7. Mendapatkan 200 Etalase Toko

Berbeda dengan seller biasa yang hanya mendapatkan 10 etalase di toko mereka, dengan menjadi Power Merchant Tokopedia kamu berhak mendapatkan 200 etalase toko secara gratis.

Dengan 200 etalase toko ini, kamu bahkan dapat membuat rincian produk berdasarkan kategori yang kamu inginkan.

8. Dapat Mengikuti Flash Sale Tokopedia

Salah satu bagian terbaik dari menjadi Power Merchant adalah peluang untuk menjadi toko pilihan pada event flash sale.

Toko dengan label Power Merchant juga berhak mengikuti event flash sale di Tokopedia secara gratis. Dengan mengikuti event flash sale ini, kamu akan mendapatkan banyak penawaran menarik serta diskon hingga 90%.

Tokopedia hanya mengikutsertakan toko – toko Power Merchant pilihan. Jadi, tidak semua toko bisa ikut event flash sale, sekalipun statusnya sudah Power Merchant.

Lalu apa saja pertimbangan Tokopedia dalam memilih toko yang akan diikutkan flash sale? Jawabannya sama : performa toko.

Terus pertahankan dan tingkatkan kinerja tokomu agar makin laris dan mendapatkan rating setinggi mungkin. Kalau tokomu dinilai sudah layak untuk ikut flash sale, kamu akan mendapatkan undangan resmi dari pihak Tokopedia.

Undangan bisa dikirimkan via Top Chat, Seller Info, atau E-mail. Dengan ikut serta ke event flash sale, kamu berkesempatan untuk meningkatkan reputasi tokomu, baik di mata pembeli maupun pihak Tokopedia.

Syarat Daftar Power Merchant Tokopedia

Seperti yang sudah disinggung di atas, kriteria yang wajib kamu penuhi untuk menjadi Power Merchant hanyalah dari sisi performa. Secara lebih spesifik, Tokopedia mensyaratkan skor performa minimal 75 poin.

Syarat Performa Toko

Untuk dapat mencapai batas minimum performa, ada 3 hal yang bisa kamu lakukan :

  • Balas chat dari pembeli dalam waktu kurang dari 6 jam sejak pesan diterima.
  • Balas chat minimal 80% dari total semua pesan yang kamu terima.
  • Proses pesanan pembeli dalam waktu kurang dari 22 jam.

Kalau kamu bisa konsisten menjalankan 3 hal di atas, tokomu akan mudah mendapatkan dan mempertahankan status sebagagi Power Merchant.

Syarat Dokumen

Dari segi legalitas, satu – satunya dokumen yang dipersyaratkan hanyalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kamu tidak perlu mengurus berbagai perijinan usaha yang cukup memakan waktu dan biaya.

Apakah Power Merchant Tokopedia terpercaya? Mengutip dari laman resmi Tokopedia : bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan.

Tokopedia menjamin data – datamu tersimpan aman, tidak akan disalahgunakan, serta tidak akan diberikan pada pihak mana pun di luar perjanjian privasi yang sudah kamu setujui.

Syarat Biaya

Apakah Power Merchant Tokopedia mahal? Tentunya tidak. Menjadi Power Merchant tidak dikenakan biaya bulanan alias gratis. Satu-satunya biaya yang harus kamu bayar hanyalah komisi sebesar 1% untuk setiap produk yang terjual.

Nilai ini tentu saja sangat kecil jika dibandingkan dengan semua fasilitas, keunggulan, dan peningkatan penjualan yang kamu dapatkan setelah menjadi Power Merchant.

Jadi, Power Merchant adalah fitur yang akan meningkatkan penjualanmu berkali – kali lipat dengan biaya yang sangat kecil.

Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia Tanpa Biaya Bulanan

Setelah mengetahui semua kelebihan dan persyaratan Power Merchant, sekarang waktunya untuk masuk ke topik utama yaitu mendaftarkan tokomu menjadi Power Merchant.

Perlu kamu ketahui bahwa status Power Merchant berlaku 30 hari sejak pengajuanmu disetujui. Status Power Merchant akan diperpanjang otomatis sebelum tanggal berakhirnya masa berlaku.

Kalau kamu ingin berhenti menjadi Power Merchant, kamu harus menghentikan fitur ini sebelum masa berlakunya habis dan perpanjangan otomatis juga akan dibatalkan.

Tokopedia menyediakan cara praktis agar para Toppers bisa melakukan upgrade toko ke Power Merchant via aplikasi.

Berikut cara jadi Power Merchant di Tokopedia gratis tanpa biaya bulanan :

  • Dari halaman utama, klik Akun.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Klik Akun
  • Buka Akun Toko, lalu klik Pengaturan Power Merchant.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Klik Pengaturan Power Merchant
  • Pilih Upgrade Tokomu.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Upgrade Toko
  • Baca dan pahami S&K lalu klik Saya Setuju.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Setujui Syarat Dan Ketentuan
  • Verifikasi dengan klik Upload KTP Sekarang. Pastikan foto KTP yang kamu ambil cukup terang, tidak buram, dan tidak terpotong.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Upload Foto KTP
  • Lanjutkan dengan verifikasi wajah.
Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Verifikasi Wajah
  • Tunggu 1×24 jam, pihak Tokopedia akan memberikan notifikasi hasil pendaftaran.

Kalau semua syaratnya terpenuhi, kamu akan menerima notifikasi seperti ini :

Cara Menjadi Power Merchant Di Tokopedia
Pendaftaran Power Merchant Berhasil

Kalau status Power Merchant tiba – tiba menghilang padahal kamu tidak melakukan pembatalan, kamu bisa menghubungi Customer Service Tokopedia untuk mengajukan pertanyaan. Bisa jadi toko kamu sedang dalam proses moderasi oleh tim Tokopedia.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Di Tokopedia [Worth It 2021]

Agar hal seperti ini tidak terjadi, pertahankan performa tokomu dengan 3 langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Berhenti Jadi Power Merchant Tokopedia

Selain bergabung, kamu juga dapat berhenti menjadi Power Merchant di Tokopedia. Berikut langkah  – langkah menonaktifkan Power Merchant di Tokopedia :

  • Buka aplikasi Tokopedia.
  • Klik Pengaturan Toko disebelah kanan atas.
  • Klik Power Merchant.
  • Lalu pilih “Berhenti Jadi Power Merchant Tokopedia” lalu tunggu Pop Up notifikasi muncul.
  • Klik “Selanjutnya” untuk berhenti menjadi Power Merchant Tokopedia.

Cara Langganan Power Merchant Di Tokopedia

Kamu juga bisa menggunakan fitur langganan untuk menjadi Power Merchant Tokopedia. Kalau kamu ingin menggunakan cara ini, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Login ke akun Tokopedia.
  • Buka seller.Tokopedia.com/edu/power-merchant.
  • Pilih paket berlangganan sesuai durasi yang kamu inginkan.
  • Pilih metode pembayaran dari beberapa opsi yang tersedia.
  • Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tertera di layar.

Cara Berhenti Berlangganan Power Merchant Tokopedia

Jika kamu merasa berlangganan Power Merchant hanya akan membuat kamu ‘boncos’ karena harus membayar biaya langganan, kamu bisa mengajukan berhenti berlangganan dengan cara :

  • Buka aplikasi Tokopedia.
  • Klik Akun dibagian kanan bawah.
  • Pilih Langganan dibagian Favorit Saya.
  • Pilih Langganan Tagihan yang akan dinonaktifkan. Lalu klik icon Tong sampah dibagian kanan atas.
  • Klik ‘Ya’ untuk menonaktifkan fitur Auto Debet.
  • Selamat, kamu sudah menonaktifkan fitur langgananan Power Merchant Tokopedia.

Panduan lengkap Power Merchant Tokopedia serta syarat dan cara mendaftarnya dapat kamu lihat melalui video panduan resmi oleh Tokopedia berikut ini :

 

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa fitur Power Merchant sangat membantu penjual dalam meningkatkan penjualan produknya. Setelah memahami semua keuntungan menjadi Power Merchant, apakah kamu tertarik untuk upgrade status tokomu?

Baca Juga : 20 Cara Mendapatkan OVO Points Di Tokopedia [Panduan Lengkap]

Tidak perlu khawatir soal biaya karena komisi yang dikenakan hanya 1%. Sangat ringan, bukan? Jika kamu tidak tertarik dengan Power Merchant, kamu bisa menjadi Official Store di Tokopedia dengan fitur unggulan yang hampir sama.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Di Tokopedia [99% Berhasil]

Lalu apa perbedaan Power Merchant dan Official Store Tokopedia? Saya akan ulas di postingan berikutnya, pastikan kamu pantengin terus ya !

Kalau kamu sudah siap dan ingin segera meningkatkan performa tokomu, jangan tunda lagi untuk mempraktekkan cara menjadi Power Merchant di Tokopedia via aplikasi yang kita ulas di atas.

Selamat Mencoba !

Sumber Gambar : Seller.tokopedia.com

5/5 - (15 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *