Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

12 Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]

4 min read

Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]

Siapa yang sangka marketplace Shopee yang diluncurkan awal 2015 ini bisa menggeser dominasi Tokopedia di Indonesia. Lalu apa sih kelebihan Shopee dibanding Tokopedia? Berikut ulasan lengkapnya !

Saat berbelanja secara online, kamu pasti akan mempertimbangkan marketplace yang aman, terpercaya serta memberikan kemudahan berbelanja maupun berjualan. Yap, dengan pertimbangan – pertimbangan tersebut, tentu kamu membutuhkan gambaran fitur – fitur maupun promo yang ditawarkan setiap marketplace khususnya Shopee dan Tokopedia.

Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia

Berdasarkan riset iPrice, pada kuartal IV-2020, rata-rata pengunjung situs web Shopee mencapai 96,5 juta per bulan sedangkan Tokopedia mencapai 84,9 juta pengunjung per bulan.

Shopee begitu populer bahkan sampai dengan menggandeng artis ternama seperti Christiano Ronaldo, Blackpink, sampai artis lokal seperti Ayu Ting Ting, Raffi Ahmad, Agnez Mo dan banyak yang lainnya.

Kepopuleran Shopee bahkan sampai banyak dijadikan “meme” oleh warganet yang pada waktu itu sangat gencar mengadakan promo Super Shopping Day pada event Harbolnas. Shopee tidak pernah absen memanjakan dengan promo-promo yang menarik.

Mengapa Shopee begitu populer?

Shopee merupakan marketplace yang banyak menargetkan warganet berusia muda ini akan mengulang kesuksesan mengadakan event 12-12 di tahun 2020 ini dengan menggandeng artis Korea seperti GOTV7 yang pernah menyabet piala Penghargaan Artis Baru dalam Golden Disc Awards ke-29 dan merajai deretan tangga lagu ternama di Korea Selatan. Fantastis!

Fitur Shopee VS Tokopedia

Tahun ini marketplace Shopee yang merajai Appstore dan Playstore ini menawarkan banyak promo-promo unggulan mulai dari :

  • Flash Sale Dimulai dari pukul 00.00 WIB, penawaran fantastis perdana diawali dari Shopee dengan Midnight Sale yang hanya berlangsung dalam 2 jam. Promo ini akan menghadirkan Flash Sale Rp 12.000 untuk produk eksklusif yaitu Apple iPhone 11 Pro, Laptop Dell dan Smart TV LG. Lebih dari 1 juta pengguna mengakses Shopee Feed perharinya
  • Shopee Tanam – Pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan Rp 10 juta dalam 5 menit melalui game Shopee Tanam, hanya di jam 00.00-01.00 WIB pengguna bisa panen pohon tabungan secara kilat dalam waktu lebih singkat.
  • Late Night Sale – Late Night Sale yang akan berlangsung pada jam 21.00 – 24.00 WIB. Di rangkaian 12 promo fantastis hari puncak Shopee 12.12 Birthday Sale, seluruh pengguna Shopee dapat memanfaatkan 12 promo fantastis yang eksklusif akan berlangsung pada 12 Desember 2020.
  • Star Seller, Star+ Seller dan Shopee Mall – merupakan bentuk penghargaan Shopee terhadapa penjual yang memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli.
Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
Star Seller Shopee
  • Shopee Feed & Shopee Live – Merupakan fitur promosi penjual berupa postingan di akun Shopee dan siaran langsung (live) yang dapat digunakan secara gratis.

Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
Shopee Live Streaming
Lalu apasih sebenarnya keunggulan Shopee dibanding Tokopedia?

Berdasarkan data yang dilansir dari iPrice per Desember 2020, Shopee menggungguli Tokopedia berdasarkan jumlah Follower Instagram sebanyak 5,9 juta pengguna versus Tokopedia yang hanya mencapai 2,1 juta, artinya Shopee memiliki lebih banyak pengikut 2 kali lipat lebih banyak.

Begitu pula di platform media sosial facebook, Shope mengungguli hampir 3 kali lipat, yaitu 18,8 juta pengguna sementara Tokopedia hanya 6,3 juta pengikut.

Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
Data peta persaingan Marketplace per Desember 2020. Sumber : iPrice.co.id
Sedangkan data pengguna aktif bulanan beberapa E-commerce terbaik di Indonesia dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini :

Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
Data pengguna aktif bulanan E-commerce terbaik di Indonesia. Sumber : iPrice.co.id

Apa Yang Membuat Shopee Begitu Spesial?

Dari sisi penjual, marketplace Shope mengungguli Tokopedia dalam hal kemudahan bertransaksi, fitur yang ditawarkan juga kekinian dengan adanya Shopee Story dan Shopee Feed memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi dengan mudah dengan lebih banyak pengguna sehingga dapat mendongkrak exposure di media sosial populer seperti Instagram dan Facebook.

Disamping itu Shopee memiliki riwayat yang baik dalam menjaga privasi data penggunanya. Perlu diketahui marketplace Tokopedia pernah dibobol dua kali yaitu pada juli 2015 dan maret 2020. Sehingga menyebabkan kebocoran 91 juta data penggunanya.

Ini menyebabkan para penggunanya lebih banyak memilih beralih ke Shopee. Sedangkan Shopee saat ini masih aman dari pencurian data selain penipuan yang di alami sesama penjual maupun pembeli.

Promo Shopee VS Tokopedia

Shopee menawarkan promo-promo yang sangat menggiurkan khususnya pada setiap event Harbolnas. Apa saja promonya?

  • Gratis Ongkir Rp 0 hingga Rp 120.000
  • Voucher Diskon Rp 120.000 tanpa minimal belanja
  • Cashback 100% sampai dengan Rp 1,2 juta (hanya di 12 Desember)
  • Flash Sale Rp 12.000 – Pengguna dapat berburu promo fantastis lewat Flash Sale Rp 12.000 untuk membeli produk terbatas seperti Apple iPhone 11 Pro, Laptop Dell dan Smart TV LG. Penawaran flash sale ini terbatas hanya berlangsung dalam periode midnight sale mulai dari pukul 00.00-00.59.
Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
Flash Sale Rp. 12 Shopee
  • Checkout Rp 100 – Penawaran koleksi produk-produk fashion, kecantikan, aksesoris gadget dan rumah & hobi dengan harga spesial Rp 100 yang juga didukung gratis ongkir.
  • Ingatkan Diskon – Nyalakan fitur pengingat diskon agar tidak ketinggalan waktu-waktu promo tertentu.
  • Voucher Toko 50% – Potongan harga fantastis 50% seharian dan best voucher yang hadir di waktu midnight dari toko-toko favorit.
  • Brand Rush Hour – Deretan promo menarik dari brand-brand terkenal seperti Unilever (diskon hingga 70%), KAO (diskon hingga 50%) Nestle (diskon hingga 40%), Johnson & Johnson (diskon hingga 50%) dan Wardah (diskon hingga 50%).
  • ShopeePay Deals Rp 1 – Deals super spesial dalam hari puncak Shopee 12.12 Birthday Sale, ShopeePay menggandeng deretan merchant seperti Bakmi GM, Janji Jiwa, Solaria, D’Cost, Gokana, Alfamart, Gulu Gulu & banyak lainnya.
Kelebihan Shopee Dibanding Tokopedia [Hasil Riset]
ShopeePay Deals Rp 1
  • Shopee Games Festival – Berbagai games unggulan Shopee seperti Shopee Tanam, Shopee Candy & Shopee Bubble berhadiah emas 12 Gram, Koin Shopee untuk Rp 12.000 pemenang.
  • Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show – yang akan disiarkan secara langsung pada 12 Desember 2020, jam 19.00 WIB di beberapa stasiun TV nasional. Dengan penampilan utama dari GOT7 serta penampilan spesial dari Brand Ambassador terbaru Shopee Indonesia, Stray Kids. Acara juga akan dimeriahkan oleh Gisella Anastasia, Jessica Iskandar, Anya Geraldine, Happy Asmara, NDX AKA, dan Tukul Arwana dan dipandu oleh Daniel Mananta & Astrid Tiar.
    • Selain penampilan spesial, di TV Show pengguna berkesempatan memenangkan Toyota New Fortuner dalam keseruan Shopee Deals Jutawan dan kesempatan memenangkan Toyota Yaris lewat Goyang Shopee bersama GOT7. Serta berbagai promo dari 19 brand ternama yang dapat dibeli dengan tambahan cashback s/d Rp 120.000. Selama berlangsungnya TV Show dari pukul 19.00-21.00 WIB, pengguna juga dapat memanfaatkan Flash Sale Rp 99.
  • Shopee LIVE Banting Harga Rp 12 – Promo khusus di layanan ShopeeLive untuk memenuhi kebutuhan dengan harga Rp 12 saja. Promo spesial ini berlangsung seharian mulai dari pukul 00.00 WIB dan akan diramaikan oleh produk seperti TV, motor, handphone dan laptop.

Kesimpulan

Berdasarkan data-data yang telah diulas diatas sudah terjawab mengapa Shopee dapat mengungguli Tokopedia, namun pilihan tetaplah ditangan kamu. Tetapi tidak dapat dipandang sebelah mata, Tokopedia juga memiliki beberapa fitur menarik seperti :

  • Top Ads – Memasang iklan di Tokopedia
  • Gold Merchant – Fitur pengelolaan toko lebih mudah.
  • JNE Online Booking – Resi otomatis jasa pengiriman JNE.
  • Top Points – Point yang dapat ditukar dengan voucher cashback.
  • Waktu Indonesia Belanja (WIB) – Merupakan fitur “kejar diskon” yang memungkinkan pembeli belanja dengan diskon besar besaran di Tokopedia.

Tetap bijak dalam mengelola keuangan dan manfaatkan terus promo yang ditawarkan. Pastikan kamu juga harus mencoba masing – masing marketplace ini agar mengetahui kelebihan dan kekurangan keduanya versi kamu sendiri.

Baca Juga : 15 Keunggulan Tokopedia Untuk Belanja Dan Jualan [Ulasan Lengkap]

Sekian dulu ulasan kelebihan Shopee dibanding Tokopedia yang wajib kamu tahu. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar Shopee dan Tokopedia, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *