Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee Paling Lengkap (Update 2021)

4 min read

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee Paling Lengkap

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mendengar kata Flash Sale di Shopee? Faktanya, banyak pengguna baru maupun pengguna lama yang masih bingung dengan sistem Flash Sale ini. Oleh karena itu, simak tanya jawab seputar Flash Sale Shopee paling lengkap berikut ini !

Flash Sale sendiri adalah salah satu metode sales promotion dengan cara menjual produk dengan harga murah dalam jumlah yang terbatas. Diskon harga Flash Sale yang terkesan “gila – gilaan” ini membuat calon pembeli tergiur dan melakukan cara – cara tertentu untuk mendapatkan produk “Hot List” Flash Sale.

Khususnya di Shopee, produk Flash Sale bahkan sampai di beri diskon hingga 90% dari harga awal. Tentu ini akan berdampak pada antusiasme calon pembeli dalam melirik produk dengan harga murah tersebut.

Pengalaman Flash Sale Shopee

Namun, Flash Sale juga mempunyai tantangan tersendiri. Yap, tentu saja yang menginginkan produk Flash Sale bukan kamu saja. Bayangkan saja, kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang untuk mendapatkan satu produk dengan jumlah yang terbatas.

Hal ini juga saya rasakan ketika mengikuti event “Super Flash Sale Shopee : Brithday Sale 12 : 12” yang di langsungkan pukul 24.00 tanggal 12 bulan 12 tahun 2020. Saat itu saya mengincar produk Top List berupa Smartphone yang di jual dengan harga Flash Sale yakni Rp.12.000 saja.

Setelah menyusun strategi dan mencoba keberuntungan, ternyata saya gagal mendapatkan produk Flash Sale tersebut karena :

  • Aplikasi “Auto Refresh” ketika tepat pukul 24.00 yang menyebabkan saya kehilang waktu checkout.
  • Saya tidak memahami trik mendapatkan flash sale tersebut.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya menulis ulasan cara mendapatkan Flash Sale Shopee ini untuk membantu “Pemburu” Flash Sale lainnnya mendapatkan produk impian mereka dari event Flash Sale Shopee.

Sedangkan di sisi penjual, saya juga pernah mendaftarkan produk untuk ikut Flash Sale Shopee. Saat itu event yang di adakan adalah Brithday Sale Shopee 11.11 yang di langsungkan pada tanggal 11 November 2020.

Produk yang saya daftarkan adalah produk fashion pria berupa parfum. Sayangnya produk saya gagal di periksa karena tidak sesuai dengan brief / panduan yang disediakan. Ini adalah kesalahan saya sebagai penjual yang tidak membaca panduan dan kriteria produk untuk ikut Flash Sale di Shopee.

Berdasarkan pengalaman itu pula, saya menuliskan cara daftar Flash Sale Shopee untuk penjual ini agar dapat membantu penjual lainnya memahami kriteria toko dan produk serta tata cara pendaftaran produk di Flash Sale Shopee agar lolos nominasi.

Tentu profit yang akan di dapatkan jika produk berhasil live / tampil di Flash Sale Shopee tidak main – main. Karena pada dasarnya produk dalam list Flash Sale berpotensi terjual hingga ribuan unit hanya dalam hitungan menit saja.

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee

Untuk memahami sistem dan prosedur Flash Sale, mulai dari pembelian, penjualan, hingga pengiriman maka simak beberapa pertanyaan dan jawaban seputar Flash Sale Shopee yang berhasil saya rangkum berikut ini :

1. Apakah Flash Sale Itu?

Flash Sale adalah sistem penjualan E-Commerce dengan konsep penjualan harga murah (Diskon) dalam jumlah stok yang terbatas dan berlangsung dalam waktu yang telah ditentukan.

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee Paling Lengkap
Flash Sale Shopee

Misalnya, Shopee mengadakan Flash Sale brand “Xiaomi”, maka Seller harus menyediakan stok yang cukup serta diskon hingga 90% agar dapat lolos nominasi Flash Sale. Tapi tenang, margin pemberian diskon dan waktu akan di tentukan oleh Shopee sebagai penyelenggara.

Dalam hal ini, calon pembeli akan bersaing dengan pembeli lainnya untuk mendapatkan produk Flash Sale secepat mungkin. Hal ini sesuai dengan slogan Flash Sale itu sendiri yaitu “Siapa cepat dia dapat”.

2. Apakah Diskon Flash Sale Hingga 90% Itu Benar?

Menurut beberapa Seller, diskon gila – gilaan pada sebagian produk Flash Sale memang benar. Tetapi pada sebagian produk lagi tidak. Hal ini dikarenakan margin harga sudah di “Up” terlebih dahulu lalu diberikan diskon.

Misalnya harga produk Rp.100.000, maka harga terlebih dahulu di Up hingga Rp.200.000 lalu diberikan diskon 70% sehingga harga produk Flash Sale menjadi Rp. 60.000 saja.

3. Apakah Flash Sale Shopee Bisa COD?

Cash On Delivery (COD) atau yang sering disebut dengan bayar di tempat adalah metode pembayaran yang dilakukan saat pesanan telah di terima oleh pembeli. Pada dasarnya COD hanya dapat digunakan oleh pembeli jika penjual mengaktifkan fitur COD Shopee di toko mereka.

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee Paling Lengkap
Flash Sale Shopee Bisa COD

Dalam event Flash Sale, penjual yang mendaftarkan produk untuk ikut nominasi diperbolehkan mengaktifkan metode pembayaran COD.  Itu artinya, metode pembayaran COD bisa digunakan saat Flash Sale jika penjual mengaktifkan metode pengiriman Cash On Delivery (COD).

4. Apakah Flash Sale Shopee Gratis Ongkir?

Pesanan Flash Sale Shopee bisa di beli tanpa ongkos kirim / gratis ongkir dengan catatan kamu memiliki Voucher gratis ongkir sesuai dengan metode pembayaran dan jasa pengiriman yang kamu pilih saat Checkout seperti gambar berikut ini :

Tanya Jawab Seputar Flash Sale Shopee Paling Lengkap
Flash Sale Shopee Gratis Ongkir

Berikut ini hal yang perlu kamu perhatikan agar pesanan Shopee gratis ongkos pengiriman :

  • Pastikan kamu menggunakan Voucher gratis ongkir yang valid. Jika tidak, kamu bisa melihat penyebab mengapa voucher gratis ongkir tidak bisa digunakan untuk belanja Disini.
  • Voucher gratis ongkir hanya bisa memotong ongkos pengiriman maksimal 40 ribu rupiah. Jika biaya pengiriman lebih dari 40 ribu, maka kamu tetap harus membayar sisa ongkir yang tidak terpotong.
  • Minimal belanja agar dapat menggunakan voucher gratis ongkir adalah 50 ribu rupiah, kecuali Voucher gratis ongkir Rp. 0 untuk pengguna baru.

5. Apakah Flash Sale Shopee Harus Langsung Bayar?

Bukan hanya produk Flash Sale, semua produk di Shopee harus dibayar jika memilih metode pembayaran :

  • Transfer Bank Dicek Manual dan Otomatis.
  • ShopeePay.
  • Alfamart dan Indomaret / iSaku.
  • One Klik.
  • Kartu Kredit dan Debit.

Tetapi jika kamu menginginkan pembayaran dilakukan di akhir, maka kamu dapat memilih metode pembayaran Cash On Delivery (COD) serta metode pembayaran cicilan seperti :

  • Shopee PayLater.
  • Kredivo.
  • Akulaku.
  • Cicilan Kartu Kredit.

6. Apakah Flash Shopee Bisa Bayar Di Indomaret?

Pembayaran pesanan Flash Sale dapat dilakukan menggunakan semua metode pembayaran di Shopee termasuk pembayaran melalui Merchant Alfamart dan Indomaret.

Untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart tentu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan metode pembayaran lain. Hal ini tentu akan sangat merugikan, karena pada dasarnya Flash Sale adalah event yang memerlukan kecepatan khususnya dalam pembayaran. Kamu pasti tidak ingin kehabisan stok saat ingin membayar pesanan Flash Sale bukan?

7. Bagaimana Cara Menang Flash Sale Shopee?

Untuk mendapatkan Flash Sale di Shopee, berikut beberapa trik yang dapat kamu coba :

  • Siapkan Timer untuk memastikan waktu (detik) yang tepat untuk checkout.
  • Pastikan kamu telah Log In minimal 15 menit sebelum waktu Flash Sale untuk melakukan persiapan.
  • Tambah produk ke keranjang sebelum waktu Flash Sale, ini dimaksudkan untuk mempercepat waktu checkout produk.
  • Pastikan alamat pengiriman sudah di atur di halaman Profil.
  • Saat waktu Flash Sale di mulai, usahakan checkout produk secepat mungkin. Jangan lupa gunakan metode pembayaran Shopee Pay agar pembabayaran lebih cepat diverifikasi.

Akhir Kata

Flash Sale adalah salah satu metode pemasaran yang unik. Disamping karena keuntungan baik untuk penjual maupun pembeli, Flash Sale juga menguntungkan bagi marketplace itu sendiri.

Baca Juga : Cara Daftar Flash Sale Shopee Untuk Naikkan Omzet Penjualan Hingga 150% !

Karena itu pula semua orang berlomba – lomba untuk mendapatkan produk impian dari Flash Sale menggunakan segala cara. Seperti yang sedang marak terjadi, yaitu menggunakan “Bot” untuk mendapatkan Grand Prize Flash Sale Shopee.

Apakah bisa menggunakan Bot untuk mendapatkan Flash Sale di Shopee?

Tentu jawabannya adalah tidak. Menggunakan Bot / robot merupakan cara curang dalam mendapatkan produk di Flash Sale.

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater Terlengkap 2021

Sekian dulu ulasan tanya jawab seputar Flash Sale Shopee yang mungkin akan menjawab rasa penasaran kamu terhadap event Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar event Shopee lainnya, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Happy shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *