10 Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan 30 Menit / Permanen

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan

Mahirtransaksi.com – Penyebab ShopeePay dinonaktifkan sementara atau permanen yaitu karena adanya indikasi pelanggaran pada transaksi akun ShopeePay. Apa saja indikasi pelanggaran tersebut? Berikut ulasan lengkapnya !

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini tentu semua hal ingin serba digital, tak terkecuali saat berbelanja dan melakukan transaksi pembayaran.

Shopee adalah salah satu marketplace yang menyediakan transaksi pembayaran digital (e-wallet) yaitu ShopeePay.

ShopeePay merupakan salah satu metode pembayaran virtual wallet yang dapat digunakan untuk membayar semua transaksi di aplikasi Shopee termasuk pembelian dan pembayaran tagihan.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan

Walaupun sudah dimudahkan dengan metode pembayaran ShopeePay, mitra Shopee tetap harus memahami Syarat dan Ketentuan penggunaan metode pembayaran yang satu ini.

Pelanggaran terkait transaksi dengan akun ShopeePay dapat menyebabkan fitur pembayaran ShopeePay dinonaktifkan sementara atau bahkan permanen.

Lalu apa saja penyebab akun ShopeePay dinonaktifkan?

Dilansir dari website help.Shopee.co.id, penyebab ShopeePay dinonaktifkan yaitu karena pengguna salah memasukkan PIN (Personal Identification Number) lebih dari 3 kali percobaan, adanya pengajuan penonaktifkan ShopeePay hingga indikasi pelanggaran pada akun Shopee.

Berikut penyebab kenapa fitur ShopeePay dinonaktifkan di Shopee :

1. Salah Memasukkan PIN ShopeePay

ShopeePay dinonaktifkan sementara atau permanen kebanyakan disebabkan karena pengguna salah memasukkan PIN Shopee ketika ingin melakukan pembayaran dengan ShopeePay.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan
ShopeePay Dinonaktifkan Karena Salah PIN

Salah memasukkan PIN (Personal Identification Number) sebanyak 3 kali berturut – turut dalam 30 menit dapat menyebabkan ShopeePay dinonaktifkan 30 menit. Setelah 30 menit, kamu dapat memasukkan PIN ShopeePay kembali.

Sedangkan ShopeePay dinonaktifkan permanen disebabkan karena pengguna salah memasukkan PIN (Personal Identification Number) ShopeePay sebanyak 5 kali berturut – turut dalam 24 jam.

2. Dinonaktifkan Oleh Tim Shopee

Fitur pembayaran ShopeePay bisa dinonaktifkan pemilik akun Shopee jika Nomor HP hilang atau Ponsel dicuri oleh orang lain.

Pengalaman ShopeePay dinonaktifkan dengan mengajukan penonaktifan ke Tim Shopee ini banyak di bagikan di media sosial seperti Facebook dengan tujuan agar saldo ShopeePay tidak disalahgunakan.

Meskipun begitu, cara menonaktifkan ShopeePay dengan mengajukan permohonan ke Tim Shopee tetap membutuhkan verifikasi akun seperti PIN dan OTP.

3. Indikasi Pelanggaran ShopeePay

ShopeePay dinonaktifkan karena pelanggaran akun sering terjadi untuk akun Shopee yang melakukan pembelian / penjualan fiktif (fake order).

Apalagi jika pembelian atau penjualan produk fiktif dibayar dengan ShopeePay atau Shopee PayLater.

Indikasi pelanggaran terkait transaksi menggunakan ShopeePay dapat menyebabkan fitur ShopeePay dibekukan sementara atau permanen.

4. Aktivitas Tidak Wajar

Adanya aktivitas tidak wajar di akun Shopee seperti melakukan transaksi fiktif, mengirimkan kontak dan link melalui pesan atau memaksa akun lain untuk mengirimkan saldo ShopeePay dapat menyebabkan ShopeePay diblokir.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan
ShopeePay Diblokir

Indikasi penghapusan fitur ShopeePay karena aktivitas tidak wajar di akun Shopee ini bersifat sementara sampai pengguna mengajukan permintaan pemulihan akun Shopee.

5. Akun Shopee Dihapus

ShopeePay akan otomatis dinonaktifkan secara permanen jika pengguna menghapus akun Shopee secara permanen.

Hal ini terjadi karena akun Shopee yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi sehingga semua fitur di dalamnya juga akan ikut terhapus termasuk fitur ShopeePay.

Syarat Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan untuk mengaktifkan kembali akun ShopeePay yang telah dinonaktifkan seperti Nama ibu kandung, nomor RT sesuai dengan KTP, username Shopee, alasan aktivasi kembali dan foto / bukti pendukung.

Kartu Identitas Atau KTP

Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai kartu identitas resmi. Jika kamu tidak memiliki KTP, kamu dapat menggantinya dengan kartu identitas lain seperti KITAS, SIM atau Paspor.

Kartu identitas ini digunakan sebagai bukti bahwa benar kamu yang memiliki akun Shopee yang fitur ShopeePay-nya dinonaktifkan.

Nomor HP atau Email Aktif

Selain kartu identitas, kamu juga perlu menyiapkan Nomor HP / email tertaut di akun Shopee kamu.

Pastikan pula Nomor dan email tersebut masih aktif agar bisa dihubungi karena akan digunakan dalam proses verifikasi akun.

Alasan Aktivasi Akun

Kamu harus membuat alasan kenapa ShopeePay kamu harus diaktifkan kembali. Alasan ini harus bersifat valid dan bukan hasil manipulasi / karangan karena seluruh proses aktivasi membutuhkan bukti pendukung.

Bukti Foto Atau Video

Bukti pendukung dapat berupa foto transaksi, screenshot percakapan hingga video pendukung lainnya yang dapat dijadikan acuan untuk proses aktivasi ShopeePay kembali.

Cara Mengatasi ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Cara mengaktifkan ShopeePay yang telah dinonaktifkan hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan permintaan pengaktifan akun kembali ke Customer Service Shopee dengan melakukan verifikasi akun.

Berikut langkah – langkah mengatasi shopePay yang telah dinonaktifkan :

1. Melalui CS Shopee

Cara mengatasi akun ShopeePay dinonaktifkan yang pertama yaitu dengan meminta CS Shopee untuk mengaktifkan kembali ShopeePay melalui panggilan ke 1500702 via telepon seluler.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan
Balasan Shopee Terkait ShopeePay Diblokir

Apabila kamu sudah terhubung dengan customer service Shopee, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang diarahkan.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Saldo ShopeePay Gratis : Mudah & Cepat

Biasanya kamu akan ditanya berbagai alasan mengapa bisa dinonaktifkan dan ditanya mengenai identitas dari pemilik akun ShopeePay tersebut.

Kamu hanya perlu menjawabnya dengan jujur agar proses aktivasi dapat berjalan dengan lancar dan akun ShopeePay kamu bisa digunakan kembali.

2. Melalui Live Chat Shopee

Apabila kamu tidak memiliki pulsa untuk menelepon CS Shopee, kamu bisa menggunakan Live Chat untuk mengirimkan permintaan aktivasi ShopeePay ke CS Shopee.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan
Live Chat Shopee

Selain gratis, penggunaan email juga bisa kamu manfaatkan untuk memberikan bukti secara langsung terkait permasalahan yang kamu alami.

Cara mengaktifkan ShopeePay yang telah dinonaktifkan dengan mengirimkan permintaan aktivasi ke CS Shopee lewat Live Chat dengan cara membuka menu Profil Akun > Chat dengan Shopee > Chat dengan agen Shopee.

4. Melalui Email Contact Form

Cara mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan yang terakhir yaitu dengan mengirimkan permohonan aktivasi melalui email contact form di halaman Pusat Bantuan di aplikasi Shopee.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan
Hubungi CS Shopee Lewat Email

Berikut cara mengaktifkan ShooeePay yang dinonaktifkan lewat email :

  • Buka halaman contact us melalui https://help.Shopee.co.id/s/contactusform.
  • Isi form yang telah disediakan link tersebut dengan benar.
  • Tuliskan kendala yang sedang dihadapi terkait penonaktifan akun ShopeePay.
  • Lampirkan foto dari kartu identitas yang kamu gunakan ketika mendaftar ShopeePay, foto screenshot akun ShopeePay kamu yang telah terblokir, dan lampiran lain yang dapat mempermudah proses pengaktifan akun ShopeePay.
  • Klik tombol kirim untuk mengirimkan permohonan aktivasi ShopeePay.
  • Tunggu hingga pihak Shopee menghubungi kamu kembali untuk konfirmasi permasalahan ShopeePay yang dinonaktifkan.

Berapa Lama ShopeePay Dinonaktifkan?

ShopeePay yang dinonaktifkan tidak akan aktif kembali sampai kamu mengajukan aktivasi akun ke Tim Shopee.

ShopeePay dinonaktifkan berapa lama tergantung berapa hari kamu mengajukan permohonan aktivasi kembali. Biasanya lama ShopeePay diaktifkan kembali setelah dinonaktifkan adalah 3 hari kerja.

Namun jika informasi yang kamu berikan tidak valid, maka aktivasi ShopeePay yang dinonaktifkan akan memakan waktu lebih dari 3 hari kerja.

Penutup

ShopeePay dinonaktifkan tidak bisa langsung kembali aktif secara instan, kamu perlu melakukan verifikasi data untuk membuktikan bahwa akun ShopeePay tersebut benar milik kamu.

Baca Juga : 9 Cara Membatalkan Transfer ShopeePay Ke Bank / Akun Lain

Kamu perlu menyiapkan beberapa bukti identitas sebagai bentuk verifikasi data seperti :

  • Nama ibu kandung.
  • Alamat sesuai kartu identitas.
  • Username akun Shopee.
  • Foto screenshot masalah yang dialami terkait ShopeePay.

Fyi, Shopee memiliki sistem keamanan yang mendeteksi aktifitas mencurigakan atau tidak wajar. Apabila ShopeePay kamu terindikasi melakukan aktivitas mencurigakan, maka otomatis akan dinonaktifkan atau diblokir.

Baca Juga : Saldo ShopeePay Hilang? Ini 9 Penyebab Dan Solusinya [99% Berhasil]

Segera kirimkan permohonan aktivasi ShopeePay kembali jika ShopeePay kamu dibekukan agar dapat kamu gunakan kembali untuk berbelanja di aplikasi Shopee.

Selamat mencoba !

4.9/5 - (17 votes)
x