Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

10 Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik Ke Bank / E-Wallet

4 min read

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik

Mahirtransaksi.com – Saldo TikTok tidak bisa ditarik ke Rekening Bank atau E-Wallet Dana atau OVO mungkin disebabkan adanya indikasi akun TikTok bermasalah seperti melanggar kebijakan (TOS) aplikasi.

Apa itu Term Of Service (TOS)? TOS adalah kebijakan – kebijakan yang bersifat mengatur seluruh tindakan – tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan pengguna berkaitan dengan penggunaan aplikasi TikTok.

Pada tahun 2022 TikTok disebut-sebut akan mendominasi jagat maya dengan penggunanya yang sudah mencapai angka milyaran. Sebagai platform tempat mengekspresikan diri, TikTok juga menjadi media promosi bagi para konten kreator dan pelaku usaha.

Setiap user dan konten kreator TikTok akan mendapatkan imbah hasil (feedback) berupa penghasilan berbentuk koin / saldo yang dapat dicairkan ke Rekening Bank atau e-wallet.

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan koin dan saldo akun TikTok seperti menjalankan misi, challenge, atau mengikuti event yang disediakan oleh TikTok.

Agar koin yang telah dikonversi bisa ditarik ke e-wallet OVO, DANA, dan Rekening Bank, kamu harus mengumpulkan setidaknya Rp500 saldo TikTok.

Apakah kamu termasuk pengguna atau konten kreator TikTok? Jika ya, tentunya kamu sudah mendapatkan penghasilan tambahan berupa saldo di aplikasi TikTok.

Penarikan Saldo TikTok Gagal

Sayangnya beberapa pengguna TikTok mengeluhkan sistem penarikan saldo karena kerap mengalami kegagalan saat ingin menarik saldo TikTok ke akun Bank atau e-wallet.

Bisa jadi proses penarikan saldo berjalan lambat atau tidak bisa dilakukan sama sekali karena server TikTok yang sedang down sehingga saldo TikTok tidak masuk ke akun Dana, OVO atau Rekening Bank pengguna.

Selain itu masalah paling umum yang ditemui adalah karena verifikasi akun DANA, OVO, dan Rekening Bank belum dilakukan sehingga saldo TikTok yang kamu punya tidak bisa ditarik.

Penyebab Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik

Saldo TikTok yang gagal dicairkan memang menjadi permasalahan menjengkelkan bagi para user setelah aplikasi yang satu ini semakin populer.

Lalu apa saja penyebabnya? Berikut penyebab saldo TikTok tidak bisa ditarik ke Rekening atau e-wallet :

1. Akun Melanggar TOS TikTok

Penyebab pertama yang harus diketahui oleh setiap user TikTok adalah mengenai pedoman komunitas (Terms Of Service).

Adapun TOS aplikasi TikTok ini meliputi data pribadi, penggunaan video, hak cipta hingga tindakan – tindakan yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi seperti membalas komentar dan sebagainya.

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik
Akun TikTok Melanggar TOS

Lalu apa sih contoh dari pelanggaran pedoman komunitas? Misalnya jika kamu sering menggunakan kata-kata sensitif yang tidak seharusnya dituliskan di sosial media, memiliki akun kloningan di device yang sama, atau bahkan melakukan kecurangan referral untuk mendapatkan koin.

Baca Juga : 9 Cara Kredit HP Di Akulaku Tanpa DP / Survei

Nah tindakan – tindakan melanggar tersebut nantinya akan menyebabkan akun TikTok yang kamu gunakan dibatasi / dibekukan sehingga tidak dapat melakukan aktivitas aplikasi seperti menarik saldo (koin).

2. Gangguan Server TikTok

Gangguan server aplikasi juga dapat menyebabkan saldo TikTok lite tidak bisa ditarik ke akun Bank / e-wallet. Pada umumnya, penarikan saldo karena server overload hanya akan menyebabkan delay atau keterlambatan saldo masuk ke Rekening terdaftar.

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik
Gangguan Server TikTok

Jangan heran jika proses penarikan saldo TikTok sering gagal di akhir pekan. Hal tersebut disebabkan server TikTok sedang mengalami gangguan karena ada banyak yang melakukan penarikan saldo dalam waktu bersamaan.

Selain itu pemeliharaan sistem juga sering dilakukan oleh developer fitur aplikasi TikTok tetap diperbaharui. Tentunya developer TikTok akan memberitahu jadwal pemeliharaan (maintenance) server TikTok secara berkala.

3. Aplikasi TikTok Belum Di Update

Setelah proses pemeliharaan selesai, biasanya akan ada pembaharuan fitur aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mengupdate versi aplikasi di Playstore atau Appstore.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Update Aplikasi TikTok

Percaya atau tidak, aplikasi yang belum di-update bisa menjadi penyebab penarikan saldo TikTok gagal karena versi aplikasi yang digunakan belum diperbaharui.

4. Limit Penarikan Saldo Akun TikTok

Penyebab saldo TikTok tidak bisa ditarik dengan notifikasi anda sudah menyelesaikan tugas ini disebabkan karena akun TikTok sudah melakukan penarikan saldo di hari yang sama sehingga terjadi limit penarikan saldo.

Baca Juga : 11 Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru

Penting untuk diingat bahwa TikTok hanya mengizinkan batas penarikan saldo TikTok satu kali saja selama 24 jam dengan nominal yang bisa dipilih sesuai dengan saldo yang tersedia di akun TikTok.

5. Belum Terhubung Ke Rekening / E-Wallet

Untuk menarik saldo TikTok ke Rekening, tentunya kamu harus menghubungkan Rekening Bank atau e-wallet ke akun TikTok. Penarikan saldo TikTok ditolak sering terjadi karena pengguna belum mengaitkan e-wallet atau Rekening Bank.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
E-Wallet Belum Terhubung

Untuk mengatasi saldo TikTok tidak bisa ditarik ke Dana tentunya kamu harus menghubungkan Dana atau OVO ke daftar penarikan atau menggunakan Nomor Rekening / Virtual Account jika memilih menarik saldo lewat Bank.

6. Saldo TikTok Kurang

Minimal penarikan saldo TikTok adalah 500 rupiah. Untuk menarik saldo TikTok lite, kamu harus memiliki saldo melebihi saldo minimum diatas. Jika saldo kurang, maka saldo TikTok lite tidak akan bisa ditarik.

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik
Saldo TikTok Kurang

Kamu bisa menambah saldo dengan membuat video menarik agar #foryourpage dan banyak ditonton oleh pengguna lainnya sehingga saldo TikTok kamu bertambah.

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Bisa Ditarik

Berdasarkan penyebab saldo TikTok gagal ditarik diatas, maka solusi paling tepat untuk mengatasi saldo TikTok yang tidak bisa ditarik yaitu :

  • Update aplikasi TikTok secara berkala.
  • Pastikan akun Dana dan OVO sudah terhubung ke akun TikTok.
  • Patuhi kebijakan komunitas aplikasi TikTok.
  • Pastikan Nomor Rekening (VA) benar.
  • Cek pembaharuan atau pemeliharaan aplikasi melalui website resmi atau media sosial resmi TikTok.
  • Pastikan saldo TikTok mencukupi untuk penarikan saldo.

Frequently Asked Question

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar penarikan saldo TikTok yang mungkin akan membantu kamu mengatasi permasalahan diatas :

Bagaimana jika penarikan saldo lewat e-wallet terus mengalami kegagalan?

Kamu bisa memilih antara OVO dan DANA sebagai dompet digital untuk menarik saldo TikTok. Jika keduanya sama-sama gagal, maka cobalah opsi menarik saldo lewat Bank dengan menggunakan kode Virtual Account DANA dan OVO.

Bagaimana jika penarikan uang sukses tapi saldo Dana tidak bertambah?

Kamu bisa menunggu selama 5 hari kerja karena besar kemungkinan ada antrian penarikan yang telah lebih dahulu dilakukan oleh pengguna yang lain.

Jika selama 5 hari saldo TikTok belum cair namun tidak kembali ke akunmu, maka laporkan masalah ini ke Pusat Bantuan TikTok melalui e-mail.

Bagaimana jika muncul notifikasi “Kesalahan jaringan” ketika menarik saldo?

Jika kamu mendapati notifikasi tersebut terus menerus, hal itu dikarenakan adanya error pada sistem penarikan saldo.

Baca Juga : 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Neo+ [Updated]

Notifikasi Kesalahan jaringan biasanya akan muncul jika kamu menarik saldo lebih dari satu kali dalam sehari. Selain itu bisa jadi server TikTok sedang overload sehingga tidak bisa melanjutkan permintaan penarikan saldo.

Jika penarikan gagal, apakah saldo TikTok hangus?

Saldo TikTok tidak akan hangus jika dalam proses penarikan uang tidak ditemui masalah dalam akun atau adanya pelanggaran kebijakan.

Artinya saldo akan dikembalikan ke akun TikTok atau Rekening terdaftar walaupun terjadi keterlamatan pengiriman saldo.

Penutup

Cara mengatasi saldo TikTok tidak bisa ditarik yaitu dengan memastikan versi aplikasi TikTok yang digunakan, nomor Rekening hingga kualitas jaringan yang digunakan agar tidak terjadi delay saat penarikan saldo.

Baca Juga : 12 Cara Menarik Saldo TikTok Ke Dana Tanpa Premium

Jika dari beberapa cara diatas saldo tetap tidak bisa ditarik, sebaiknya hubungi CS TikTok melalui halaman Support TikTok atau Pusat Bantuan.

Selamat mencoba !

5/5 - (19 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.