Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]

5 min read

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap

Mahirtransaksi.com – Membayar tagihan Shopee PayLater bisa dilakukan lewat Transfer Bank, ShopeePay dan Indomaret hanya dengan beberapa langkah mudah. Penasaran? Simak terus ulasan cara bayar tagihan Shopee PayLater yang terbukti berhasil berikut ini !

Shopee sebagai Marketplace No. 1 di Indonesia selalu menawarkan fitur – fitur menarik untuk belanja online. Untuk memudahkan pembayaran secara daring, metode pembayaran juga selalu di update ke versi terbaru.

Oleh karena itu, Shopee membuat sistem penjualan secara kredit langsung yang dikenal dengan nama Shopee PayLater.

Sebagai pelopor, tentu saja banyak sekali pengguna aplikasi ini yang menggunakan Shopee PayLater untuk berbelanja di aplikasi Shopee. Kamu mungkin salah satunya.

Walaupun banyak pengguna fitur Shopee PayLater, ternyata masih banyak pengguna yang bermasalah dengan sistem pembayaran untuk tagihan Shopee PayLater mereka.

Tapi, sebelum membahas lebih lanjut cara melunasi tagihan Shopee PayLater ini, apalah kamu sudah tahu apa itu Shopee PayLater?

Jika belum, yuk simak dulu apa itu Shopee PayLater dan cara mengaktifkannya Disini.

Oke lanjut, agar kamu tidak bingung lagi bagaimana cara membayar tagihan Shopee PayLater dan apa saja metode pembayaran yang dapat digunakan, berikut panduannya !

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater Lewat Aplikasi

Untuk kamu yang sudah merasakan manfaat Shopee PayLater, maka sekarang waktunya untuk membayar tagihan kamu. Pembayaran kredit Shopee PayLater ini dapat dilakukan hanya melalui ponsel kamu.

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater
Shopee memberikan beberapa cara dan proses pembayaran tagihan dan cicilan Shopee PayLater :

  • Pembayaran Tagihan SPayLater Lewat ShopeePay.
  • Pembayaran Tagihan SPayLater Lewat Indomaret.
  • Pembayaran Tagihan SPayLater Lewat Virtual Account / Transfer Bank.

Yap, kamu bisa melihat ketiga metode pembayaran ini di halaman tagihan Shopee PayLater dibawah ini :

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Metode Pembayaran Tagihan Shopee PayLater
Tentunya, ketiga metode pembayaran ini dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Selanjutnya pahami panduan lengkap satu persatu metode pembayaran diatas berikut ini.

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Lewat ShopeePay

Berikut syarat pembayaran Shopee PayLater lewat Shopeepay :

  • Sudah Aktivasi ShopeePay : Pastikan kamu sudah upgrade Shopeepay ke ShopeePay Plus agar dapat melakukan pengisian saldo serta bertransaksi menggunakan saldo ShopeePay kamu. Lihat cara aktivasi ShopeePay lengkap Disini.
  • Saldo ShopeePay cukup : Isi saldo Shopeepay kamu sebelum melakukan pembayaran tagihan SPayLater agar metode pembayaran Shopeepay muncul dan bisa di klik.
  • PIN ShopeePay : Pastikan kamu juga mengingat PIN Shopeepay untuk melakukan verifikasi akhir pembayaran menggunakan Shopeepay.

Jika ketiga syarat diatas sudah kamu penuhi, berikut cara membayar tagihan Shopee PayLater lewat Shopeepay :

  • Buka Aplikasi Shopee, klik menu “Saya” di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu “Shopee PayLater” untuk mendapatkan informasi mengenai tagihan dan cicilan yang belum dibayar.
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayarkan beserta tanggal batas pembayaran terakhir. Selanjutnya klik “Bayar Sekarang”.
  • Klik menu “Tagihan Yang Harus Dibayar” lalu klik “Bayar Sekarang”.
11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater
  • Pilih “ShopeePay” lalu klik “Konfirmasi”
  • Masukkan “PIN” ShopeePay untuk menyelesaikan pembayaran.
  • Setelah memasukkan PIN tersebut, maka saldo ShopeePay kamu akan otomatis terpotong sesuai dengan tagihan.

Pembayaran akan di cek dan di validasi dalam 10 menit. Setelah pembayaran berhasil dikonfirmasi, maka nominal tagihan yang harus dibayar akan hilang dari halaman beranda Shopee PayLater.

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Melalui Indomaret

Jika memilih melunasi cicilan Shopee PayLater lewat indomaret, kamu harus memastikan bahwa kamu telah menyiapkan uang tunai yang nantinya akan diberikan ke kasir indomaret.

Berikut cara membayar tagihan Shopee PayLater lewat Indomaret :

  • Buka Aplikasi Shopee, klik menu “Saya” di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu “Shopee PayLater” untuk mendapatkan informasi mengenai tagihan dan cicilan yang belum dibayar.
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayarkan beserta tanggal batas pembayaran terakhir. Selanjutnya klik “Bayar Sekarang”.
  • Klik menu “Tagihan Yang Harus Dibayar” lalu klik “Bayar Sekarang”.
  • Pilih metode pembayaran “Indomaret / iSaku” lalu klik “Konfirmasi”.
  • Kamu akan mendapatkan “Kode Pembayaran”. Salin dan simpan kode pembayaran tersebut lalu klik “OK”.
  • Kunjungi gerai Indomaret terdekat ke lokasi-mu. Sampaikan ke kasir bahwa kamu ingin melakukan pembayaran tagihan Shopee PayLater. Lalu tunjukkan Kode Pembayaran yang telah kamu salin tadi.
  • Kasir indomaret akan melakukan pembayaran tagihan kamu. Terakhir bayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera di aplikasi Shopee ke kasir indomaret.
  • Ambil struk pembayaran sebagai bukti pembayaran tagihan SPayLater kamu.

Oh ya, pembayaran tagihan Shopee PayLater juga bisa dilakukan melalui iSaku Indomaret. Panduan pembayaran lewat iSaku dapat kamu baca secara lengkap Disini.

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Lewat Transfer Bank

Cara membayar tagihan Shopee PayLater beli sekarang bayar nanti juga dapat dilakukan lewat Transfer Bank di cek otomatis dan manual. Perbedaan pembayaran Transfer Bank manual dan otomatis dapat kamu lihat Disini.

Saya menyarankan kamu memilih metode pembayaran Transfer Bank (Dicek Otomatis) sesuai dengan akun Bank yang kamu miliki. Berikut cara bayar tagihan Shopee PayLater lewat Transfer bank (Virtual Account) :

  • Buka Aplikasi Shopee, klik menu “Saya” di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu “Shopee PayLater” untuk mendapatkan informasi mengenai tagihan dan cicilan yang belum dibayar.
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayarkan beserta tanggal batas pembayaran terakhir. Selanjutnya klik “Bayar Sekarang”.
  • Klik menu “Tagihan Yang Harus Dibayar” lalu klik “Bayar Sekarang”.
  • Pilih “Transfer Bank” kemudian pilih jenis Bank lalu klik “Konfirmasi”.
  • Kode Virtual Account akan muncul di layar. Salin kode pembayaran tersebut lalu klik “OK”.
  • Terakhir, lakukan Transfer Bank lewat Virtual Account di ATM atau Mobile Banking milik-mu.

Proses verifikasi pembayaran lewat Transfer Bank diverifikasi dalam waktu 10 menit. Jika sudah berhasil, maka nominal tagihan Shopee PayLater kamu akan menjadi 0 dan limit Shopee PayLater akan kembali.

Kapan Batas Akhir Pembayaran Tagihan Shopee PayLater?

Walaupun sudah tertulis dengan jelas, mungkin kamu akan bingung mengenai batas akhir pembayaran Shopee PayLater.

Perlu diketahui, batas akhir pembayaran Shopee PayLater berbeda-beda antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain. Hal ini biasanya bergantung pada waktu pembelian dan penggunaan Shopee PayLater.

Sebagai contoh, jika kamu melakukan pembelian barang sebesar 500.000 pada tanggal 10, maka kemungkinan besar batas akhir pembayaran kamu juga jatuh pada tanggal 10 bulan berikutnya.

Akan tetapi, kalau kamu memilih tenor dua atau tiga bulan, maka batas akhir pembayaran cicilan biasanya di tanggal 5 bulan berikutnya. Jadi, pastikan untuk membayar tagihan dan cicilan Shopee PayLater sebelum batas akhir pembayaran.

Mengapa Harus Melakukan Pembayaran Tepat Waktu?

Setiap kamu menggunakan Shopee PayLater untuk membeli sesuatu di Shopee, tentu akan ada pemberitahuan kapan batas akhir pembayaran.

Jadi, jangan pernah lupakan batas akhir pembayaran atau cicilan Shopee PayLater. Hal ini karena akan ada beberapa konsekuensi yang kamu terima kalau kamu telat melakukan pembayaran atau cicilan.

Konsekuensi kamu harus membayar denda sebesar 5% dari total tagihan yang sedang berjalan. Kamu juga dapat membaca beberapa ulasan pengalaman telat bayar Shopee PayLater di beberapa forum atau media sosial.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Di Shopee Terbaru 2021

Selain itu, telat melakukan pembayaran akan mengurangi nilai kredit Shopee PayLater kamu. Bahkan, kalau kamu sering telat melakukan pembayaran, bisa jadi fitur Shopee PayLater kamu akan dicabut.

Kalau sudah dicabut, maka kamu tidak akan bisa menggunakan Shopee PayLater lagi. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pembayaran dan cicilan tepat waktu untuk Shopee PayLater kamu.

Bisakah Pembayaran Tagihan Shopee PayLater Dilakukan Lebih Awal?

Karena ada risiko pencabutan fitur Shopee PayLater ketika telat melakukan pembayaran dan cicilan, banyak pengguna setia Shopee PayLater menjadi ‘buru – buru’ membayar tagihan SPayLater.

Cara bayar tagihan Shopee PayLater lebih awal tentu dapat dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran. Jadi, kalau tagihan bisa dilunasi lebih cepat, maka akan lebih baik.

Selain itu, melunasi tagihan Shopee PayLater sebelum batas akhir pembayaran tentu akan berpengaruh terhadap nilai kredit kamu sebagai pengguna.

Kamu akan dianggap sebagai pengguna Shopee PayLater yang bertanggung jawab. Jadi kalau kamu mau mengajukan kenaikan limit, hal ini tentu menjadi pertimbangan untuk menerima pengajuan kamu.

Untuk pengguna baru Shopee PayLater, limit awal yang diberikan mungkin sedikit kecil.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam [99% Berhasil]

Biasanya, pengguna baru Shopee PayLater hanya mendapatkan limit sebesar 750,000 atau 1 juta rupiah. Tapi, kalau kamu rutin menggunakan Shopee PayLater dan membayar tagihan tepat waktu, maka nilai kredit kamu akan bertambah.

Ketika nilai kredit kamu bertambah, maka secara perlahan limit Shopee PayLater yang kamu miliki akan bertambah dengan sendirinya. Atau, kamu juga bisa mengajukan penambahan limit. Lihat caranya Disini.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan Shopee PayLater dengan limit yang lebih tinggi. Jadi, gunakan Shopee PayLater secara bijak supaya kamu bisa memaksimalkan fitur Shopee PayLater dari Shopee dengan sebaik mungkin.

Bagaimana Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus?

Setiap tagihan Shopee PayLater terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir pengguna harus membayar tagihan sebelum dikenakan denda.

Jika kamu memilih membayar tagihan lebih awal, tentu akan lebih baik. Untuk melakukan pembayaran tagihan lebih awal kamu bisa klik “Tagihan Saya” pada beranda Shopee PayLater.

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Klik Tagihan Saya
Selanjutnya “Klik Bayar Lebih Awal” lalu klik “Lunasi Cicilan Sekarng”. Terakhir pilih metode pembayaran sesuai langkah – langkah diatas.

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Bayar Tagihan Lebih Awal
Pembayaran cicilan Shopee PayLater lebih awal akan meningkatkan potensi kenaikan limit kredit Shopee PayLater di akun Shopee kamu.

Bagaimana Cara Mencicil Tagihan Shopee PayLater?

Cicilan Shopee PayLater hanya tersedia untuk metode pembayaran lewat ShopeePay. Metode cicilan yang bisa kamu pilih bervariasi mulai dari dua hingga tiga kali cicilan yang nominalnya disesuaikan dengan jumlah tagihan yang harus kamu bayar.

Kamu dapat melihat cara bayar cicilan Shopee Paylater lewat gambar dibawah ini :

11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater Terlengkap [Worth It 2021]
Cara Membayar Cicilan Shopee PayLater
Dengan metode pembayaran cicilan ini, kamu tentu bisa menghemat pengeluaran sehingga dapat mengatur budget agar tidak membayar tagihan yang cukup besar saat tanggal jatuh tempo.

Penutup

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak ada keringanan pembayaran Shopee PayLater jika sudah lewat tanggal jatuh tempo pembayaran. Kamu akan dikenakan denda dan kemungkinan akun kamu akan dibekukan oleh tim Shopee.

Baca Juga : 8 Penyebab Shopee PayLater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman !

Kamu juga tidak bisa mengubah tanggal jatuh tempo Shopee PayLater karena tanggal pembayaran ditetapkan berdasarkan tanggal penggunaan limit kredit Shopee PayLater di akun Shopee kamu.

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater [Terlengkap 2021]

Sekian dulu ulasan cara bayar tagihan Shopee PayLater lewat Transfer Bank, Indomaret dan ShopeePay yang dapat kamu lakukan hanya melalui ponsel kamu.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *