Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

15 Cara Kredit HP Di Shopee 2021 : Syarat, Biaya & Keuntungan

7 min read

Cara Kredit HP Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Cara kredit HP di Shopee bisa dilakukan lewat Akulaku, Shopee PayLater, Alfamart, Indomaret tanpa uang muka (DP). Yuk cicil HP di Shopee lewat beberapa cara berikut ini !

Sekarang ini cara cicil HP di Shopee sangat mudah, sehingga kamu bisa memiliki HP sesuai keinginan tanpa terbebani dengan biaya mahal. Seperti diketahui, Shopee menjadi Marketplace favorit yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Selain itu, Shopee juga terus berinovasi agar pengguna lebih nyaman dan puas. Salah satu inovasinya yaitu adanya layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Terdapat 4 layanan cicilan yang tersedia di Shopee. Semua metode cicilan tanpa kartu kredit di Shopee dapat kamu baca secara lengkap Disini.

Adanya layanan cicilan tanpa kartu kredit ini tentu memudahkan kamu membeli barang dengan sistem cicilan. Salah satu produk yang paling banyak di cicil di Shopee adalah produk Elektronik khususnya Smartphone.

Cicil HP Di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Sistem cicilan atau kredit adalah sistem pembayaran yang dilakukan secara berangsung atau beberapa kali setelah barang diserahkan. Jangka waktu pembayaran ditetapkan sebelumnya oleh penjual sesuai dengan waktu cicilan (tenor).

Kredit HP di Shopee dapat dilakukan dengan beragam metode cicilan yang tersedia seperti Shopee PayLater, Kredivo, Akulaku, hingga kartu kredit dengan jangka waktu pembayaran (tenor) yang berbeda – beda.

Itu artinya, proses pembayaran pesanan dilakukan pembeli setelah pesanan di terima. Meski begitu, pembayaran tagihan kredit harus tetap dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk menghindari denda cicilan.

Cara Kredit HP Di Shopee Lewat Aplikasi

Meski banyak orang bertransaksi di Shopee, namun tidak semua orang mengetahui cara menggunakan sistem kredit di Shopee.

Faktanya, kamu bisa membeli produk elektronik khususnya Smartphone di Shopee dengan sistem kredit dengan tenor pembayaran hingga 6 bulan.

Berikut panduan cara kredit HP di Shopee tanpa DP yang mudah & praktis.

1. Buat Akun Shopee         

Sebelum menggunakan layanan kredit di Shopee, cara pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun Shopee.

Jika menggunakan PC atau Laptop, kamu bisa membuka situs Shopee Seller Centre. Sedangkan jika menggunakan Smartphone, maka bisa membuka aplikasi Shopee.  

Setelah itu, buat akun dengan memilih tombol “Daftar”. Terdapat berbagai pilihan metode daftar di akun Shopee, salah satunya menggunakan nomor telepon. Setelah itu, masukkan nomor telepon, kemudian pilih “lanjut”.

Cara Kredit HP Di Shopee
Daftar Akun Shopee

Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS di nomor Telepon yang didaftarkan. Kemudian masukkan kode verifikasi ke akun Shopee.

Lalu kamu akan diminta memasukkan Username dan Password. Terakhir, pilih opsi “Daftar” dan secara otomatis kamu telah terdaftar di Shopee.

2. Cari HP Yang Ingin Dikredit

Setelah memiliki akun Shopee, kamu bisa mencari dan memilih produk HP yang ingin kamu beli dengan sistem cicilan / kredit dengan cara :

Cara Kredit HP Di Shopee
Cari Produk HP Di Shopee
  • Buka Aplikasi Shopee.
  • Klik fitur Pencarian di bagian atas halaman Beranda.
  • Ketikan Merk HP atau Nama Toko yang menjual Jenis HP yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan Filter Pencarian untuk mencari produk lebih cepat dan akurat.

Setelah klik Cari, maka akan muncul daftar semua produk HP. Scroll ke bawah untuk menemukan produk Smartphone yang kamu inginkan.

3. Pilih Penjual Star Seller Atau Shopee Mall

Sebelum melakukan pembelian, pastikan kamu memperhatikan status penjual (seller). Sebaiknya pilih penjual yang memiliki lambang Star Seller, Star+ Seller atau Shopee Mall.

Cara Kredit HP Di Shopee
Star Seller Shopee

Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan penjual karena pembayaran menggunakan sistem cicilan riskan terhadap penipuan. Penjual dengan ketiga status diatas sudah terbukti aman karena telah terverifikasi langsung dari sistem Shopee.

4. Baca Deskripsi Produk

Setelah menemukan penjual tepat, selanjutnya baca deskripsi produk HP yang ditawarkan penjual. Pastikan kamu membaca deskripsi produk secara cermat, mulai dari spesifikasi, fitur, dan lain sebagainya.

Cara Kredit HP Di Shopee
Baca Deskripsi Produk

Jangan hanya tergiur dengan harga murah namun barangnya tidak sesuai keinginan. Jika masih ragu, kamu bisa bertanya langsung kepada penjual melalui fitur Live chat yang tersedia.

5. Lihat Ulasan Produk

Sebelum melakukan kredit HP di aplikasi Shopee, pastikan kamu telah membaca ulasan produk Smartphone yang ingin kamu beli dari konsumen lain.

Cara Kredit HP Di Shopee
Lihat Ulasan Produk

Hal ini bertujuan agar mengetahui kualitas pelayanan penjual kepada konsumen. Jika kamu melihat banyak ulasan positif, maka kamu bisa melanjutkan transaksi pembelian HP dengan sistem cicilan di Shopee.

6. Lakukan Pembelian Produk      

Setelah mendapatkan produk HP sesuai keinginan, lanjutkan dengan membeli produk dengan memilih menu Beli Sekarang. Pastikan kamu memilih varian berupa warna, RAM serta Merk yang sesuai.

Selanjutnya atur Alamat Pengiriman yang sesuai serta No. HP penerima pesanan. Pilih metode pengiriman Regular atau Hemat. Jangan lupa masukkan voucher gratis ongkir / cashback di bagian Voucher.

Note : Kamu bisa membaca cara mendapatkan voucher gratis ongkir di Shopee dengan beberapa cara Disini. Atau gunakan voucher gratis ongkir Rp0 untuk pengguna baru Disini.

 7. Pilih Metode Pembayaran

Selanjutnya yaitu memilih metode pembayaran. Jika kamu ingin membayar secara kredit, ada banyak pilihan yang bisa dipilih, seperti Shopee PayLater, Kredivo, Akulaku atau Kartu Kredit.

Cara Kredit HP Di Shopee
Pilih Metode Pembayaran

Berikut cara cicil HP di Shopee tanpa kartu kredit lewat beberapa metode cicilan yang tersedia di aplikasi Shopee :

Cara Kredit HP Di Shopee Dengan Shopee PayLater

Shopee menyediakan fitur Shopee PayLater buat kamu yang ingin membeli barang dengan sistem kredit. Namun sebelum mendaftar Shopee PayLater, ada 4 syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Akun telah terdaftar dan terverifikasi Shopee.
  • Akun sudah berusia 3 bulan.
  • Sering menggunakan akun Shopee untuk bertransaksi.
  • Sudah memperbarui aplikasi Shopee terbaru.

Jika memenuhi persyaratan di atas, maka kamu bisa menggunakan fitur kredit yang disediakan oleh Shopee.

Untuk aktivasi Shopee PayLater cukup mudah, pertama klik Aktifkan Shopee PayLater. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang dikirim pihak Shopee melalui SMS. Kemudian lanjutkan dengan mengunggah Foto KTP dan lakukan verifikasi wajah.

Tunggu hingga mendapatkan konfirmasi dari pihak Shopee. Setelah mendapatkan konfirmasi dan aktif, kamu bisa langsung menggunakannya untuk membayar HP secara kredit.

Cara kredit HP di Shopee dengan Shopee PayLater bisa dilakukan dengan memilih metode pembayaran Shopee PayLater saat Checkout di aplikasi Shopee.

Selanjutnya pilih jangka waktu pembayaran (tenor) yang tersedia lalu klik Konfirmasi. Terakhir klik Buat Pesanan lalu masukkan PIN Shopee PayLater.

Cara Kredit HP Di Shopee
Buat Pesanan Dengan Metode Pembayaran SPaylater

Jika pembayaran berhasil diverifikasi, kamu tinggal menunggu pesanan HP dikemas dan dikirim penjual ke alamat kamu.

Cara kredit HP di Shopee PayLater akan memberikan keuntungan seperti kemudahan cicilan, proses pinjaman mudah, tidak ada potongan biaya administrasi, dan pengguna bisa memilih tanggal jatuh tempo.

Pastikan limit Shopee PayLater kamu cukup saat membuat pesana di Shopee. Kamu bisa membaca cara menaikan Limit SPayLater hingga 15 juta rupiah dengan cepat Disini.

Cara Kredit HP Di Shopee Dengan Kredivo

Selain Shopee PayLater, Shopee juga menyediakan sistem kredit menggunakan Kredivo. Sama seperti Shopee PayLater, untuk menggunakan Kredivo, maka kamu harus memiliki akunnya terlebih dahulu.

Cara mendaftar di Kredivo cukup mudah, pertama Install aplikasi Kredivo melalui PlayStore atau AppStore. Setelah itu, pilih menu “Daftar Kredivo” dan pilih jenis akun sesuai kebutuhan. Ada 2 jenis akun di Kredivo, yaitu Akun Basic dan Akun Premium.

Setelah memilih akun, lanjutkan dengan mengisi semua informasi yang diperlukan. Jika semua data telah terisi, lanjutkan memilih opsi “Kirim”. Setelah itu kamu akan mendapatkan konfirmasi jika akun Kredivo sudah siap digunakan.

Setelah memiliki akun, selanjutnya kamu bisa langsung menggunakannya untuk cicil HP di Shopee dengan Kredivo.

Baca Juga : 10 Cara Bayar Shopee Pakai Kredivo Dijamin Berhasil

Cara cicil HP di Shopee dengan Kredivo yaitu dengan memilih metode pembayaran Kredivo saat checkout di aplikasi Shopee. Setelah itu lanjutkan dengan mengatur jangka waktu pembayaran dan nominal yang harus dibayar setiap bulannya.

Cara Kredit HP Di Shopee
Pilih Metode Pembayaran Kredivo

Setelah itu pilih Buat Pesanan dan masukkan nomor HP serta PIN Kredivo. Terakhir masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Setelah itu, pilih opsi OK, maka secara otomatis pembayaran telah diproses.

Cara Kredit HP Di Shopee Dengan Akulaku

Selain Shopee PayLater dan Kredivo, kamu juga bisa membayar HP di Shopee secara kredit dengan Akulaku. Tapi pertama kamu harus memiliki akun Akulaku terlebih dahulu. Kamu bisa membaca cara daftar Akun Akulaku agar cepat disetujui Disini.

Cara kredit HP di Shopee dengan Akulaku dilakukan dengan memilih jenis pembayaran Akulaku saat checkout di aplikasi Shopee. Selanjutnya pilih jangka waktu cicilan kemudian masukan No. HP yang terdaftar di aplikasi Shopee.

Cara Kredit HP Di Shopee
Pilih Metode Pembayaran Akulaku

Sistem Shopee akan mengirimkan Kode OTP ke nomor HP yang kamu input, masukan Kode OTP tersebut untuk melanjutkan proses pembayaran.

Baca Juga : 7 Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku Tanpa Uang Muka

Perlu kamu ketahui bahwa total pesanan HP di aplikasi tidak bisa melebihi limit saldo Akulaku. Jika total pesanan melebihi limit Akulaku, maka sistem pembayaran akan diubah menjadi sistem DP (pembayaran dengan uang muka).

Untuk kredit HP di Shopee tanpa DP kamu harus memastikan limit Akulaku melebihi total pesanan kamu di aplikasi Shopee agar limit Akulaku dapat digunakan sepenuhnya tanpa menggunakan pembayaran uang muka.

Cara Kredit HP Di Shopee Dengan ShopeePay

Walaupun metode pembayaran Shopeepay bukan termasuk salah satu metode pembayaran cicilan di Shopee. Tapi kamu juga bisa membeli HP di Shopee dengan Saldo ShopeePay.

Baca Juga : ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Ini 9 Solusinya [99% Berhasil]

Berikut langkah – langkah kredit HP di Shopee dengan ShopeePay :

Cara Kredit HP Di Shopee
Pilih Metode Pembayaran ShopeePay
  • Pada halaman chekout Shopee, pilih Metode Pembayaran.
  • Pilih metode Pembayaran ShopeePay lalu klik Konfirmasi.
  • Selanjutnya klik Buat Pesanan lalu masukkan PIN ShopeePay.
  • Terakhir tunggu pesanan di konfirmasi penjual.

Fyi, Metode pembayaran Shopeepay tidak bisa digunakan jika saldo Shopeepay kurang dari biaya pesanan + ongkir produk. Pastikan kamu memiliki saldo Shopeepay cukup ketika membuat pesanan.

Kamu bisa membaca beberapa metode Top Up saldo Shopeepay yang tersedia dibawah ini :

8. Buat Pesanan Di Shopee

Setelah memilih salah satu metode cicilan HP di Shopee diatas, selanjutnya adalah membuat pesanan di Aplikasi Shopee. Pada halaman checkout, klik Buat Pesanan.

Cara Kredit HP Di Shopee
Klik Buat Pesanan

Selanjutnya kamu akan diminta memasukan verifikasi berupa Nomor HP, OTP atau Verifikasi Wajah sesuai dengan metode kredit yang kamu pilih. Setelah pembayaran berhasil diverifikasi, maka kamu hanya perlu menunggu pesanan dikonfirmasi oleh penjual.

9. Cek Status Pesanan

Untuk memastikan status pembayaran, kamu bisa melihat status pesanan di aplikasi Shopee. Pastikan status pesanan sudah berubah dari “Belum Bayar” menjadi “Dikemas”.

FaQ Seputar Cara Kredit HP Di Aplikasi Shopee

Untuk melengkapi ulasan cara kredit HP di Shopee tanpa kartu kredit diatas, berikut FaQ yang perlu kamu ketahui :

Mana metode kredit HP Di Shopee yang paling direkomendasikan?

Setiap metode cicilan diatas memiliki keuntungan masing – masing. Untuk merasakan manfaat dan keuntungan dari masing  – masing cara kredit di Shopee diatas, kamu perlu membaca ulasan / review lengkap masing – masing metode pembayaran atau bahkan mencobanya satu persatu.

Apa yang terjadi jika tidak membayar tagihan cicilan?

Kamu akan dikenakan biaya tambahan berupa denda sekian % dari total tagihan yang sedang berjalan sesuai dengan ketentuan metode cicilan yang kamu pilih.

Selain itu, akun Shopee juga beresiko dibatasi / dimoderasi jika terjadi tunggakan pembayaran tagihan PayLater.

Bagaimana cara kredit HP di Shopee lewat Alfamart?

Cara kredit HP di Shopee lewat Alfamart tidak bisa dilakukan. Alfamart hanyalah salah satu Merchant yang bekerja sama dengan aplikasi Shopee untuk pembayaran Tagihan & Top Up saldo.

Selain itu, Alfamart juga tidak menyediakan jasa cicilan atau kredit untuk pembelian produk di aplikasi Shopee. Namun, kamu tetap bisa belanja di Shopee bayar lewat Alfamart.

Bagaimana cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret?

Sama halnya dengan Alfamart, cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret tidak dapat dilakukan karena Indomaret tidak menyediakan layanan pembayaran cicilan atau kredit untuk pembelian produk di aplikasi Shopee.

Penutup

Terdapat berbagai cara kredit HP di Shopee yang bisa diterapkan, mulai dari membuat akun Shopee terlebih dahulu hingga membayar tanpa menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : 11 Cara Mencairkan Shopee PayLater Ke Rekening Bank [99% Berhasil]

Cara cicil HP di Shopee adalah dengan memilih produk Smartphone lewat aplikasi Shopee lalu memilih metode pembayaran cicilan yang tersedia seperti Shopee PayLater, Kredivo, Akulaku dan Kartu Kredit lalu membuat pesanan di aplikasi Shopee.

Baca Juga : 12 Cara Bayar Shopee Lewat Kasir [Worth It 100%]

Sekian dulu ulasan cara kredit HP di Shopee yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar cara cicilan di Shopee, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *