Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 9 Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku : Tenor & Bunga

4 min read

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku

Mahirtransaksi.com – Cara mengajukan Dana Cicil di Akulaku sangatlah mudah dan praktis. Hanya dengan beberapa langkah mudah, Dana pinjaman akan cair tanpa syarat yang berbelit – belit, tidak seperti layanan finansial konvensional.

Kecepatan dan kemudahan memang menjadi prioritas utama para penyedia layanan keuangan digital saat ini. Nah, kecepatan dan kemudahan pinjaman Dana ini terdapat pada fitur Akulaku yaitu Dana Cicil dan KTA Kilat.

Walaupun begitu, masih ada pengguna yang belum mengerti tahapan pengajuan kredit di Dana Cicil. Apalagi dengan semakin maraknya pemberitaan negatif tentang layanan pinjaman online.

Apa Itu Dana Cicil Di Akulaku?

Akulaku menyediakan banyak layanan kredit / pinjaman tunai secara online. Dua layanan Akulaku yang paling populer adalah KTA Asetku dan Dana Cicil. Secara umum, cara mengajukan Dana Cicil di Akulaku memang lebih sulit daripada KTA Asetku.

Perbedaan antara keduanya terletak pada 3 hal, yaitu :

  • Nilai Pinjaman – Nilai pinjaman di Dana Cicil jauh lebih besar dibandingkan KTA Asetku. Jika KTA Asetku maksimum hanya 3 juta, limit Dana Cicil Akulaku dapat dicairkan hingga 15 juta rupiah.
  • Pilihan Tenor – Tenor Dana Cicil juga jauh lebih panjang. KTA Asetku hanya menyediakan 2 opsi tenor, yaitu 15 atau 22 hari. Sedangkan rentang tenor di Dana Cicil jauh lebih panjang, antara 1 bulan hingga 12 bulan.
  • Syarat Pengajuan Pinjaman – Persyaratan untuk mengajukan kredit di Dana Cicil pun lebih sulit. Poin dan skor kredit kamu harus positif. Kamu harus sering menggunakan layanan Akulaku dan selalu membayar tagihan tepat waktu. Berbeda dari KTA Kilat yang bisa diakses bahkan oleh pengguna yang baru saja mendaftar.

Perbedaan antara KTA Asetku dan Dana Cicil di Akulaku dapat kamu lihat lebih jelas pada tabel dibawah ini :

KeteranganKTA KilatDana Cicil
Minimal PinjamanRp 500.000Rp 500.000
Maksimal PinjamanRp 500.000Hingga Rp 15.000.000
Tenor12 hari dan 22 hari2, 3, 6, 9 dan 12 bulan
Bunga3-5% per periode1-3% per periode
Biaya Administrasi9-13% per periode1% dari pinjaman

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku

Kalau skor kredit kamu mencukupi maka kamu wajib mencoba fitur Dana Cicil di Akulaku. Berikut langkah – langkah mengajukan Dana Cicil di Akulaku :

1. Install Aplikasi Akulaku

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan untuk dapat menggunakan fitur Dana Cicil adalah menginstall aplikasi Akulaku. Aplikasi Akulaku tersedia untuk Android dan iOS.

Kamu bisa menginstall aplikasi Akulaku secara gratis di Google Playstore untuk Android maupun di AppStore untuk iOS.

2. Login Atau Daftar Akun Akulaku

Setelah aplikasi berhasil terinstall selanjutnya Login ke Akulaku jika kamu sudah memiliki akun sebelumnya. Jika kamu belum memiliki akun di Akulaku, kamu harus mendaftar akun baru terlebih dahulu.

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku
Masuk / Daftar Akulaku

Kamu bisa membaca panduan lengkap cara mendaftar Akulaku serta verifikasi agar cepat di ACC Disini.

3. Klik Menu Keuangan

Setelah memiliki akun Akulaku terverifikasi, selanjutnya pilih Menu Keuangan pada halaman Beranda Akulaku. Menu ini akan membawamu ke daftar sub- menu berisi layanan – layanan yang ada di Akulaku, termasuk Dana Cicil.

4. Ajukan Dana Cicil

Di dalam menu Keungan, kamu bisa melihat layanan pinjaman yang tersedia di Akulaku seperti KTA Kilat dan Dana Cicil. Jika kamu tertarik menggunakan KTA Asetku / KTA Kilat, kamu bisa membaca panduan cara pengajuannya Disini.

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku
Pilih Dana Cicil

Jika memilih Dana dan Tenor yang lebih besar, maka pilih fitur pinjaman Dana Cicil. Fyi, Dana Cicil hanya tersedia untuk pengguna dengan skor kredit diatas 750 poin.

5. Tentukan Nominal Pinjaman

Dana Cicil sendiri menawarkan opsi kredit yang cukup besar yaitu mulai dari Rp500.000 hingga Rp12.000.000 rupiah. Besarnya pinjaman yang bisa kamu ambil disesuaikan berdasarkan skor dan riwayat kredit.

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku
Pilih Limit Pinjaman Dan Tenor

Berkaitan dengan limit pinjaman, ada 3 tips penting yang perlu kamu perhatikan :

  • Perhatikan persentase bunga yang dikenakan.
  • Ambil pinjaman sesuai yang kamu butuhkan.
  • Ambil pinjaman yang sanggup kamu bayar tepat waktu.

Berlebihan dalam menggunakan fasilitas kredit online seperti Akulaku bisa berakibat fatal, apalagi jika kamu tidak mampu membayar tagihan tepat waktu.

6. Tentukan Tenor Pembayaran

Setelah memilih limit pinjaman, selanjutnya pilih tenor pembayaran. Tenor adalah jangka waktu pengembalian dana pinjaman (tagihan). Dana Cicil menawarkan tenor antara 1 sampai 12 bulan.

Berkaitan dengan tenor, kamu bisa memilih jangka waktu berdasarkan kesanggupanmu. Tenor juga berhubungan dengan nominal. Semakin besar jumlah pinjaman yang kamu ambil, semakin panjang juga opsi tenor yang kamu punya.

7. Masukkan Data Rekening Bank

Karena pinjaman akan ditransfer lewat rekening, kamu perlu mengisi data rekening dengan lengkap dan valid. Ada 3 Data informasi rekening bank yang harus kamu isi :

  • Nama Bank.
  • Nomor Rekening.
  • Nama pemilik rekening sesuai buku tabungan.
  • Pastikan rekening dalam status aktif agar bisa menerima transfer dari pihak Akulaku.

Kamu perlu mengecek ulang semua informasi yang sudah kamu masukkan khususnya . Periksa dengan teliti, jangan sampai ada kesalahan data agar pengajuan tidak ditolak.

8. Lakukan Verifikasi Suara & OTP

Akulaku akan melakukan verifikasi suara dan OTP untuk memastikan pinjaman diajukan langsung oleh pengguna asli Akulaku. Pada proses ini, kamu harus membaca deretan angka yang tertera di aplikasi.

Cara Mengajukan Dana Cicil Di Akulaku
Kode OTP Akulaku

Selanjutnya lakukan verifikasi SMS berupa kode OTP (One Time Password). Pastikan nomor HP yang kamu input di Profil sudah benar dan dalam kondisi aktif. Kamu akan menerima SMS dari Akulaku berisi serangkaian kode OTP.

Masukkan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia di aplikasi. Kalau kode OTP sudah sesuai, sistem Akulaku akan otomatis memproses pengajuan.

9. Pengajuan Dana Cicil Berhasil Dikirim

Selama proses pengajuan, tunggu sampai Akulaku mengirimkan notifikasi lewat SMS / Email terkait kelanjutan pencairan Dana Cicil yang telah kamu ajukan.

Baca Juga : Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 10 Penyebab Dan Cara Mengatasinya !

Jika Akulaku menyetujui pengajuan kredit, Dana Cicil Akulaku akan dicairkan ke Rekening Bank yang kamu input sebelumnya. Pastikan nominal transfer dari Akulaku sesuai dengan rincian yang tertera di aplikasi.

Simulasi Bunga Dana Cicil

Bunga Dana Cicil Akulaku adalah 5,08% per periode pinjaman. Jika sedang diskon, bunga akan diturunkan menjadi 3.08% per periode. Namun, pihak Akulaku juga akan mengenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000 per bulan sampai batas maksimal tenor pinjaman.

Fyi, Dana pinjaman akan di transfer ke Rekening Bank yang telah kamu input 100% tanpa potongan biaya tambahan.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Skor Kredit Akulaku Dijamin Berhasil

Misalnya, kamu akan mengajukan Dana Cicil Akulaku dengan Limit Rp2.000.000 dan tenor pinjaman 3 bulan, maka perhitungan bunga Dana Cicil yang harus kamu bayarkan dapat kamu lihat pada tabel berikut ini :

ItemDetail
Jumlah PinjamanRp 2.000.000
Jangka Waktu (Tenor)3 bulan
Cicilan Per BulanRp 748.000
Bunga Pinjaman3,08% per periode
Biaya AdministrasiRp 20.000
Jumlah Pinjaman DiterimaRp 2.000.000
Total harus DibayarRp 2.244.000
Total BungaRp 244.000

Kesimpulan

Cara mengajukan Dana Cicil di Akulaku dengan mendaftar dan melengkapi data diri akun Akulaku, kemudian memilih menu Keuangan > Dana Cicil lalu memilih Limit pinjaman hingga Tenor pembayaran yang tersedia.

Baca Juga : 7 Cara Melihat Kredit Poin Akulaku : Skor & Nilai Kredit

Dana Cicil Akulaku tidak bisa digunakan disebabkan oleh kurangnya skor kredit minimal akun Akulaku untuk mengajukan pinjaman. Kamu dapat meningkatkan skor kredit Akulaku agar dapat mengajukan pinjaman Dana Cicil dan KTA Kilat di aplikasi Akulaku.

5/5 - (19 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *