Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ Daftar Akulaku Gagal Terus? Ini 9 Penyebab & Solusinya !

4 min read

Daftar Akulaku Gagal Terus

Mahirtransaksi.com – Mengapa daftar Akulaku gagal terus? Ada beberapa faktor yang menyebabkan verifikasi pendaftaran Akulaku gagal atau ditolak. Agar pendaftaran Akulaku kamu cepat di ACC, yuk simak dulu ulasan berikut ini !

Daftar Akulaku gagal terus seringkali dialami oleh pengguna yang baru pertama kali mendaftar aplikasi pinjaman tanpa kartu kredit yang satu ini. Penyebabnya pun beragam, mayoritas karena kegagalan saat validasi data.

Karena proses pendaftaran 100% dilakukan secara online, kebenaran data yang kamu kirimkan menjadi sangat penting bagi sistem verifikasi Akulaku.

Keabsahan data yang diberikan pengguna saat pertama kali mendaftar akun Akulaku sangat menentukan apakah pendaftaran akun diterima atau ditolak. Semakin akurat data yang kamu berikan, maka semakin besar kemungkinan pendaftaran akun kamu akan di ACC.

9 Penyebab Daftar Akulaku Gagal Terus

Data valid yang di input pengguna saat pendaftaran sangat penting bagi penyedia pinjaman untuk menjamin data pengguna sebagai “jaminan” tetap aman.

Sehingga jika terjadi penyalahgunaan aplikasi atau pinjaman, pihak aplikasi dapat menghubungi pengguna lebih cepat dan mudah.

Oleh karena itu, saat pendaftaran akun Akulaku, kebenaran data yang di input merupakan faktor utama yang menentukan apakah proses pendaftaran akun kamu akan di setujui atau bahkan ditolak.

Jika kamu mengalami penolakan pendaftaran Akulaku, mungkin beberapa faktor penyebab dibawah ini adalah alasannya. Berikut beberapa penyebab daftar Akulaku gagal terus :

1. Data Diri Kurang Lengkap

Faktor paling penting yang menjadi pertimbangan Akulaku adalah kelengkapan data. Saat proses pendaftaran, kamu akan menemui banyak kolom identitas. Ada yang wajib diisi, ada juga yang opsional (boleh diisi atau tidak).

Daftar Akulaku Gagal Terus
Data Diri Tidak Lengkap

Inilah penilaian dasar Akulaku untuk memutuskan apakah pendaftaranmu layak disetujui. Oleh karena itu, saat proses pendaftaran isi semua kolom identitas seperti alamat, Nomor HP, nomor kontak darurat hingga detail penghasilan dengan teliti agar pendaftaran Akulaku disetujui.

2. Data Tidak Valid

Data diri yang kamu daftarkan ke Akulaku akan diverifikasi ke lembaga-lembaga terkait. Kalau ada data yang tidak cocok, verifikasi dianggap gagal dan pendaftaran otomatis ditolak.

Misalnya dalam memasukan idenditas Nama dan NIK sesuai KTP yang akan diverifikasi langsuk ke Dukcapil sesuai domisili KTP kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu menginput data sebenarnya agar proses verifikasi data diri berhasil disetujui.

3. Foto Dokumen Kurang Jelas

Akulaku akan meminta beberapa foto dokumen untuk mencocokkan data seperti KTP, NPWP atau SIM. Pada proses ini, foto yang kamu ambil harus terang dan jelas agar data yang tertulis di dalamnya bisa terbaca.

Daftar Akulaku Gagal Terus
Foto Tidak Jelas

Foto dokumen yang gelap atau buram adalah salah satu penyebab verifikasi Akulaku ditolak. Kamu mendapatkan foto dokumen dengan menggunakan kamera dan pencahayaan yang baik serta latar foto yang netral (putih).

4. Verifikasi Wajah Tidak Dikenali

Selain melampirkan foto dokumen, kamu juga wajib melakukan verifikasi wajah dengan cara selfie sambil memegang KTP. Tahap ini diperlukan untuk menyesuaikan wajah dengan foto KTP atau SIM.

Daftar Akulaku Gagal Terus
Verifikasi Wajah Gagal

Tidak sedikit pengguna yang gagal mendaftar akun pada tahapan verifikasi wajah ini. Verifikasi wajah Akulaku gagal terus disebabkan karena ketidaksesuaian wajah dengan identitas yang dilampirkan.

Oleh karena itu, kamu dapat mengatur posisi atau merias wajah agar sesuai dengan foto yang terdapat pada dokumen idenditas seperti KTP, NPWP atau SIM.

5. Verifikasi Suara Tidak Jelas

Selain verifikasi wajah dan identitas, Akulaku juga akan melakukan verifikasi suara untuk mencocokkan data. Kamu akan diminta untuk membaca angka yang muncul di aplikasi.

Jika suaramu kurang keras, kurang jelas, atau terganggu suara lain, sistem tidak akan mampu melakukan verifikasi. Saat verifikasi suara, pastikan suara kamu jelas saat membaca angka yang terdapat di layar ponsel.

6. Belum Cukup Umur

Akulaku juga menetapkan syarat minimal umur bagi pengguna. Saat ini, kriteria minimum untuk mendaftar akun di Akulaku adalah berusia 23 tahun. Kalau usiamu masih di bawah 23 tahun, kamu tidak akan bisa mendaftar atau mengambil fasilitas kredit di Akulaku.

Baca Juga : 14 Cara Menaikkan Limit Akulaku Dijamin Berhasil

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba daftar ulang Akulaku saat sudah memenuhi syarat umur. Atau dengan opsi lain mengajak teman atau keluarga mendaftar akun Akulaku agar cepat di setujui karena sudah memenuhi syarat umur.

7. Belum Punya Pekerjaan

Sama seperti layanan kredit dan perbankan pada umumnya, Akulaku juga menilai pekerjaan dan penghasilan pengguna. Kalau kamu belum memiliki pekerjaan, kecil kemungkinan untuk bisa mendapatkan kredit dari Akulaku.

Hal ini sangat penting untuk menjamin pengguna tetap dapat membayar tagihan cicilan Akulaku tepat waktu. Hal ini juga berkaitan dengan pengurusan pajak sesuai dengan data NPWP saat proses pendaftaran Akulaku.

8. Nomor HP Atau Email Tidak Aktif

Nomor HP dan Alamat Email adalah 2 jalur komunikasi yang sangat penting bagi Akulaku untuk proses verifikasi dan komunikasi serta terhubung dengan pengguna.

Daftar Akulaku Gagal Terus
Kode OTP Akulaku

Kalau nomor HP yang kamu daftarkan ke Akulaku sudah tidak aktif, kamu tidak akan bisa menerima SMS verifikasi dari Akulaku. Akibatnya, kamu tidak akan bisa melakukan verifikasi OTP sehingga gagal saat mendaftar akun.

9. Tidak Memenuhi Syarat Pendaftaran Akulaku

Akulaku menetapkan beberapa syarat saat mendaftar akun seperti :

  • Usia minimal 23 tahun maksimal 65 tahun.
  • Memiliki e-KTP.
  • Domisili Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.
  • Bagi yang sudah bekerja, menyertakan foto Kartu Identitas dan Slip Gaji.
  • Bagi perorangan menyertakan foto NPWP atau Rekening koran.
  • Email dan nomor telephone aktif.

Jika pendaftaran Akulaku gagal terus, tentunya kamu harus mengevaluasi pendaftaran dengan melihat syarat – syarat pendaftaran akun yang belum terpenuhi.

Cara memenuhi syarat verifikasi Akulaku yaitu dengan melampirkan seluruh data diri (identitas) seperti KTP, NPWP dan SIM serta memastikan data kontak valid.

Cara Daftar Akulaku Agar Di ACC

Sekarang Anda sudah mengerti apa saja yang menyebabkan Anda gagal mendaftar ke Akulaku. Sekarang kamu dapat melakukan evaluasi pendaftaran akun. Selanjutnya simak cara daftar Akulaku agar di ACC berikut ini :

1. Lengkapi Data Diri

Solusi pertama adalah melengkapi data diri. Coba ulangi langkah pendaftaran dari awal dan periksa lagi data – data yang kamu input seperti Nama, Tempat tanggal lahir hingga Kontak seperti Nomor Telepon serta Email.

Agar skor kredit lebih tinggi, kamu perlu mengisi data – data non – mandatory (tidak wajib). Walaupun sifatnya tidak wajib, mengisinya akan membantumu lolos pendaftaran dan bisa mengakses kredit yang lebih tinggi.

2. Jangan Gunakan Data Orang Lain

Walaupun kamu tidak pernah bertatap muka secara langsung dengan pihak Akulaku, bukan berarti kamu bisa memalsukan data. Akulaku memiliki sistem pencocokan data yang sangat canggih, termasuk verifikasi gambar dan suara.

Baca Juga : 12 Cara Daftar Akulaku Biar Di ACC [99% Berhasil]

Jika Akulaku mengindikasi pemalsuan data, pendaftaran akan langsung ditolak. Bahkan lebih buruk, kamu bisa masuk dalam daftar blacklist. Selain daftar Akulaku gagal terus, pengguna yang masuk blacklist juga akan dipersulit saat hendak mengakses layanan kredit dari aplikasi pinjaman sejenis.

3. Pastikan Foto Terang Dan Jernih

Saat mengambil foto KTP dan selfie bersama KTP, pilihlah tempat dengan pencahayaan yang cukup. Ambil posisi terbaik agar wajah dan KTP tidak terhalangi bayangan handphone. Pastikan hasil foto yang kamu ambil cukup terang dan jernih agar terbaca oleh sistem.

4. Verifikasi Suara Di Tempat Hening

Agar kamu lolos verifikasi suara, kamu perlu memastikan mikrofon dalam keadaan baik. Coba tes mikrofon dengan merekam suara singkat dan dengarkan hasilnya. Kemudian, cari tempat tenang agar tidak terganggu suara lain di sekitarmu.

Baca Juga : Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 10 Penyebab & Solusinya !

Saat membaca angka, dekatkan mikrofon ke bibir agar suaramu terdengar keras dan jelas. Baca dengan perlahan agar sistem tidak kesulitan menganalisa suaramu. Kalau kamu melewati verifikasi ini sesuai saran di atas, kamu tidak akan mengalami daftar Akulaku gagal terus.

5. Isi Data Pekerjaan

Akulaku mengutamakan pengguna yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menyertakan foto slip gaji terakhir. Tapi bagaimana jika kamu belum memiliki pekerjaan?

Daftar Akulaku Gagal Terus
Isi Data Pekerjaan

Alternatifnya, kamu bisa mencoba cara mendaftar Akulaku tanpa NPWP. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa mencoba bekerja freelance atau berjualan online. Dengan begitu, kamu bisa mengulangi pendaftaran tanpa mengosongi kolom pekerjaan dan penghasilan.

Kesimpulan

Daftar Akulaku gagal terus disebabkan pengguna yang belum memenuhi syarat pendaftaran, data diri tidak valid, usia pengguna belum cukup serta gagal verifikasi dokumen, wajah dan verifikasi suara.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Kredit Poin Akulaku Dijamin Berhasil

Sistem Akulaku memang cukup ketat menyeleksi pendaftaran berdasarkan skor syarat dan skor kredit pengguna. Terutama yang mengalami kendala di data diri dan data pekerjaan.

Baca Juga : 7 Cara Melihat Kredit Poin Akulaku : Skor & Nilai Kredit

Sekian dulu ulasan penyebab daftar Akulaku gagal terus lengkap dengan solusi yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

5/5 - (19 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *